25 Klub Otomotif Mendukung Program Tertib Yellow Box

25 Klub Otomotif Mendukung Program Tertib Yellow Box
JAKARTA, 16 April 2016 – Sebanyak 25 klub otomotif di Indonesia menandatangani pertisi mendukung keselamatan dengan melakukan aksi tertib lalu lintas di Yellow Box, melalui program Tertib Yellow Box. Penandatanganan komitmen dilakukan di booth Ikatan Motor Indonesia (IMI) di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016, Sabtu, 16 April 2016.

Klub-klub otomotif ini akan meramaikan bulan Puasa dengan kegiatan sosial dengan turun ke jalan, ikut mengatur lalu lintas bersama polisi di Yellow Box yang ada di persimpangan jalan.

Edukasi dengan turun ke jalan di persimpangan yang ditandai dengan marka Yellow Box memiliki arti strategis. Kecelakaan terjadi bukan karena pengguna jalan raya tidak mengetahui arti rambu dan marka, melainkan karena tidak taat dan tidak tertib, gemar menyerobot dan ingin menang sendiri.

Kondisi mengemudi yang buruk ini dengan mudah bisa dilihat di persimpangan jalan. Pengguna jalan yang bisa melaju dihadang oleh kendaraan dari arah lain yang sebetulnya tidak bisa jalan karena kemacetan pada arus yang dilalui, tetapi memaksakan diri untuk masuk ke persimpangan jalan.

Hal ini yang menyebabkan persimpangan jalan sangat rawan kemacetan, padahal di persimpangan tersebut ada marka yellow box, yang berarti tidak boleh memasuki area kotak kuning itu apabila arus di depannya sedang mengalami kebuntuan.

“Kami sangat berbesar hati bahwa keselamatan di jalan raya juga telah menjadi perhatian teman-teman dari klub-klub otomotif. Dengan keperdulian bersama dan dengan keinginan yang kuat untuk bersama-sama meningkatkan keselamatan di jalan raya, kami percaya tingkat kecelakaan di Indonesia secara bersangsur-angsur dapat ditekan,” ujar Jeffrey JP, Sekjen PP IMI.

Tertib Yellow Box adalah progam edukasi tertib di jalan raya, yang digagas Ikatan Motor Indonesia sebagai program keselamatan yang dijalankan pada tahun ini. Tertib Yellow Box merupakan bagian dari agenda besar Federation Internationale De L’Automobile (FIA), yang sejak tahun 2011 telah mendeklarasikan keselamatan global melalui kampanye FIA Action for Road Safety.

RAJU FEBRIAN

Featured Articles

Read All

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Tips
  • Review
  • Artikel Feature