Subaru Forester Akhirnya Hadir di Indonesia, Siapa Saja Rivalnya?

all new Subaru Forester 2022

JAKARTA, Carvaganza – Semakin masifnya pasar SUV Tanah Air membuat sejumlah pabrikan meremajakan kendaraannya di segmen ini. Salah satunya ialah Subaru Forester generasi kelima yang baru saja diluncurkan oleh PT Plaza Auto Mega dan Subaru Corporation Japan untuk konsumen di Indonesia. Subaru Forester sendiri mengisi segmen SUV berkonfigurasi 5-7 penumpang dengan bekal mesin boxer 4-silinder 2.0 liter yang dipadukan ke sistem transmisi otomatis CVT 7-percepatan.

Mesin yang ditanamkan memiliki kode FB20 Boxer dengan tata letak poros simetris 180 derajat dan mampu menghasilkan tenaga 154 hp dengan torsi puncak yang mencapai 196 Nm. Tenaga dan torsi tersebut dihantarkan ke sistem penggerak Symmetrical All-Wheel Drive yang diklaim memiliki performa maksimal saat di jalan raya.

PT Plaza Auto Mega menghadirkan dua pilihan varian yakni Subaru Forester 2.0i-L yang dipasarkan dengan harga Rp 579,5 Juta dan Subaru Forester 2.0i-S EyeSight yang dibanderol dengan harga Rp 659,5 Juta. Sementara itu generasi terbaru ini juga sudah dibekali dengan sejumlah fitur Subaru All Round Safety yang terdiri dari auto vehicle hold, vehicle dynamic control system, hazard avoidance, steering responsive headlight, 6 SRS airbag, high beam assist, dan rear vehicle detection.

Subaru Forester

Subaru Forester juga membenamkan sejumlah fitur Advanced Driving Assistance System (ADAS) yang berisikan beberapa menu keselamatan berkendara seperti pre collision braking system, lane keep assist, adaptive cruise control, pre collision throttle management, dan lane departure prevention. Tidak lupa juga di dalam kabin, tersedia fitur kenyamanan seperti layar sentuh berukuran 8-inci dengan sambungan nirkabel ke smartphone serta electric sunroof yang memberikan kesan mewah dari dalam kabin.

Baca Juga: 11 Hal Penting Yang Perlu Diketahui Dari All-New Subaru Forester 2022

Menariknya lagi, PT Plaza Auto Mega memberikan program aftersales untuk seluruh varian Subaru Forester seperti garansi 3 tahun / 100.000 km, servis gratis 3 tahun / 50.000km (tergantung mana yang tercapai lebih dahulu), dan juga Subaru Roadside Assistance 3 tahun, layanan bantuan darurat 24/7 oleh Atlas Indonesia. 

Hadirnya Subaru Forester ini tentu saja semakin meramaikan pasar SUV Tanah Air pada tahun ini. Namun kira-kira siapa saja yang bakal menjadi pesaing dari Subaru Forester di Indonesia ? Berikut ini kami hadirkan deretan SUV dapat disejajarkan dengan Subaru Forester baik di segi harga, performa maupun fitur yang ditanamkan di dalamnya.

Honda CR-V 2021

1. Honda CR-V

Melihat spesifikasi mesin yang ditawarkan oleh Subaru Forester sepertinya Honda CR-V juga cocok untuk ditempatkan sebagai kompetitor. Pasalnya New Honda CR-V yang dipasarkan di Indonesia juga memiliki pilihan mesin 2.0 liter yang dikawinkan dengan transmisi otomatis CVT. Meskipun mesin 4-silinder 1.5 liter VTEC Turbo jauh lebih populer karena memiliki tenaga yang besar yakni 188 hp dengan torsi puncak yang mencapai 240 Nm.

Sementara dari segi harga pun New Honda CR-V terbilang mirip-mirip dengan Subaru Forester terbaru. PT Honda Prospect Motor memasarkan varian mesin 2.0 liter i-Vtec dengan harga Rp 515,9 jutaan dan varian 1.5-liter Turbo dengan harga Rp 651,4 Jutaan. Harga tersebut sudah termasuk dengan paket hemat untuk aftersales yang terdiri dari perawatan berkala 4 tahun / 50.000 km, 8 tahun / 100.000 km serta gratis biaya jasa perawatan berkala selama 4 tahun / 50.000 km.

Fitur yang ditawarkan juga terbilang cukup lengkap mulai dari Remote Engine Start untuk menyalakan mesin dari luar kabin hingga paket Honda Sensing. Pada fitur terakhir Anda juga akan dihadirkan sejumlah beragam menu menarik seperti Collision Mitigation Braking System, adaptive cruise control with low speed follow, lane keeping assist system, road departure mitigation dan auto high beam. Untuk fitur hiburan pada Honda CR-V terpusat di layar sentuh berukuran 7-inci dengan koneksi nirkabel ke smartphone.

Salah satu yang tidak dimiliki oleh New Honda CR-V adalah sistem penggerak all-wheel drive, meskipun SUV tersebut dikenal memiliki perawakan yang tangguh dan jangkung. Pada CR-V yang dipasarkan di Indonesia hanya dibekali dengan sistem penggerak dua roda atau 2WD. Sementara Subaru Forester memiliki sistem penggerak AWD yang diklaim cukup kompetitif di kelasnya.

New Mazda CX-5 2022

2. New Mazda CX-5

Sama seperti New Honda CR-V, apa yang ditawarkan oleh New Mazda CX-5 sebenarnya juga memiliki kemiripan dengan Subaru Forester terbaru. Meskipun dua varian CX-5 yang dipasarkan di Indonesia tidak dibekali oleh sistem penggerak all-wheel drive. Sementara jika melihat spesifikasi mesin, New Mazda CX-5 juga memiliki bekal lebih besar yakni 4-silinder 2.5 liter SKYACTIV-G dan mampu menghasil tenaga 188 hp dengan torsi puncak yang mencapai 252 Nm.

Untuk urusan fitur, New Mazda CX-5 juga memiliki perbekalan yang cukup lengkap. Sebut saja fitur i-Activsense yang terdiri dari blind spot monitoring, rear cross traffic alert, smart city brake support, smart brake support dan forward obstruction warning, radar cruise control, cruising & traffic suppor, lane departure warning system, lane keep assist system, serta pedestian brake forward.

Baca Juga: SUV Asal Cina Ini Gabungkan Desain Jeep dan Land Cruiser 300

Tidak hanya itu, CX-5 terbaru juga menambahkan sejumlah fitur keselamatan seperti pengereman ABS EBD dan BA, dynamic stability control, traction control system, hill launch assist, G-vectoring Control Plus, 6 titik airbag dan sensor di depan dan belakang. Sementara PT Eurokars Motor Indonesia menghadirkan dua varian yakni Elite dengan harga Rp 597,7 juta dan Kuro dengan harga Rp 607,7 jutaan.  Mazda juga menyediakan fasilitas garansi 5 tahun / 150.000 km dengan tambahan 2 tahun / 50.000 km diberikan sebagai tambahan garansi standar.

Toyota Corolla Cross

3. Toyota Corolla Cross

Pada segmen SUV menengah, Subaru Forester juga harus berhadapan dengan Toyota Corolla Cross. Meskipun dua varian yang ditawarkan oleh PT Toyota Astra Motor terbilang “jauh” dari perbandingan. Pertama varian mesin bensinnya dibanderol dengan harga Rp 463,5 Juta dan model hybrid dijual dengan harga Rp 506,1 Juta degan garansi baterai 5 tahun / 150.000 km.

Sementara untuk urusan performa, Corolla Cross menawarkan mesin 4-silinder 1.8 liter DOHC dual VVT-i yang menghasilkan tenaga 138 hp dan torsi 171 Nm. Model Hybrid mengusung mesin yang sama yang memproduksi tenaga 96 hp dan tenaga dari motor listriknya 70 hp sehingga total tenaganya mencapai 168 hp. Pada Corolla Cross dengan varian hybrid tersedia pilihan mode berkendara yang terdiri dari ECO, Sport dan EV.

Beralih ke bagian kabin yang juga menawarkan tema premium, Toyota Corolla Cross menyajikan layanan hiburan yang berpusat pada layar sentuh berukuran 9–inci dengan sambungan nirkabel untuk smartphone. Tersedia pula fitur keselamatan seperti airbag 6 titik dan kamera parkir serta peranti pendukung berkendara seperti hill start assist, fitur pengereman ABS, EBD, BA, vehicle stability control, serta back and corner sonar.

Peugeot 3008

4. Peugeot 3008

Rival yang tidak kalah menarik untuk disandingkan oleh Subaru Forester tidak selalu dari sesama pabrikan Jepang, pasalnya pasar SUV Indonesia juga diisi oleh brand Eropa seperti Peugeot 3008. Meskipun sudah dirilis pada tahun lalu, namun Peugeot 3008 memiliki paket yang cukup menarik untuk menjegal langkah Subaru Forester salah satunya ialah fitur Advanced Grip Control yang berfungsi mengontrol traksi dan terdiri dari Normal, Sand, Mud, Snow dan ESP off.

Baca Juga: Jajaran SUV Supermewah Ini Statusnya Lebih Dipandang Daripada Performa

Mode berkendara tersebut hampir mirip dengan apa yang ditawarkan oleh Subaru Forester yakni Snow/Dirt dan Deep Snow/Mud. Meskipun kubikasi mesin yang ditawarkan oleh Pug 3008 lebih kecil yakni 4-silinder 1.6 liter namun terdapat suntikan twin-scroll turbo di dalamnya. Sehingga tenaga yang dihasilkan bisa mencapai 165 hp dengan torsi puncak yang mencapai 240 Nm dan alirkan ke roda depan melalui transmisi otomatis 6-percepatan.

Fitur yang tidak kalah menarik dari Peugeot 3008 adalah tersedianya layar sentuh berukuran 10,1 inci pada varian Allure dan 8-inci pada varian Active. Peranti keselamatannya pun terbilang cukup lengkap berkat tersedianya hill assist descent control, electronic stability program, ABS EBD dan BA sebagai standar, anti skid regulation, dynamic stability control. speed limit recognition, dan tyre pressure sensor. Terdapat juga fitur seperti driver attention alert, active lane keeping assist, dan blind spot information system.

Model SUV di atas yang diperkirakan dapat menjadi rival Subaru Forester dilihat dari berbagai aspek dan keunggulan. Meskipun tidak satupun di antaranya yang dibekali sistem penggerak all wheel drive namun keempatnya memiliki fitur keselamatan yang serupa. Bahkan rentang harganya pun terbilang mirip-mirip mulai dari Rp 500-600 jutaan dan mengisi segmen SUV berkonfigurasi 5-penumpang. 
(ALVANDO NOYA / WH)

Baca Juga: Mengenal Lebih Dekat Subaru Forester, Pembuka Jalan Masuk Lagi Ke Indonesia

Pelajari lebih lanjut tentang Subaru Forester

  • Tampak Depan Bawah Subaru Forester
  • Tampak belakang serong Forester
  • Fog lamp depan Forester
  • lampu belakang Forester
  • Pelek Forester
Subaru Forester
Rp 579,5 - 659.5 Juta Cicilan mulai dari : Rp 13,22 Juta

Mobil Subaru Lainnya

  • Subaru Forester
    Subaru Forester

Don't Miss

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Subaru Pilihan

Pilihan mobil untuk Anda

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza