Siap-siap, SUV Maserati Levante Segera Punya Adik

BOLOGNA, Carvaganza – Maserati saat ini tengah sibuk untuk mempersiapkan kelahiran model terbarunya yakni Maserati Grecale, sebuah SUV kompak yang akan berada di bawah Levante. Grecale sendiri diambil dari nama daerah di timur laut Mediterania yang dikenal memiliki iklim yang eksotis. Meski belum resmi diperkenalkan secara utuh pada publik, namun Maserati mulai memberikan beberapa gambar tentang sosok SUV ringkasnya tersebut. Rencananya Maserati akan segera merilis produk terbarunya tersebut pada akhir 2021 dan dijual secara global. 

Jika dilihat sekilas dari gambar tersebut Maserati Grecale tampaknya mengadopsi gaya desain dari model Maserati lainnya. Salah satunya adalah desain kap panjang yang khas, intake yang besar, grille shark-nose di fascia depan yang berpadu dengan dash-to-axle ratio yang menonjol. 

Pada bagian sampingnya terlihat menarik berkat desain fender di setiap lingkar rodanya dengan sentuhan chrome dan pilihan warna hitam yang juga terdapat pada gagang pintu dan trim jendelanya. Sedangkan di bagian belakang terlihat lebih lebar dengan lampu belakang LED yang ramping dan Maserati Grecale menggunakan dua pasang lubang knalpot di bawah bumper belakangnya.

Maserati Grecale Teaser

Melihat sedikit ke dalam interiornya, Maserati Grecale menggabungkan material berkualitas, nuansa elegan dan menyematkan fitur terbaik di dalamnya. Penghuni kabin akan disuguhkan dengan berbagai teknologi dan layanan nirkabel di dalamnya, seperti layar hiburan dengan kualitas HD, pengisian baterai nirkabel, serta sambungan Apple CarPlay dan Android Auto.

Selain itu untuk pengendara akan disajikan dengan berbagai fitur berkendara yang berorientasi pada keselamatan dan kemudahan. Di antaranya adalah forward collision alert, autonomous emergency braking with pedestrian-detection, cross-traffic alert, dan dynamic cruise control. Secara detail fitur tersebut akan segera dirilis bersamaan dengan peluncuran SUV tersebut di akhir tahun. 

Untuk menyokong kemampuan performanya di jalan, pabrikan akan mengadopsi mesin dari kendaraan Maserati lainnya. Menariknya Grecale tidak hanya ditawarkan dengan pilihan mesin bensin saja tetapi juga akan tersedia hybrid hingga pada pilihan bertenaga listrik. Salah satunya adalah untuk varian terendahnya dikabarkan menggendong mesin 4-silinder 2,0-liter yang menghasilkan tenaga maksimal 272 hp.

Sementara varian di atasnya akan menggunakan mesin yang dikembangkan oleh Ferrari, yakni V6 2,9 liter yang menghasilkan tenaga 503 hp dan menggunakan sistem penggerak roda belakang yang diambil dari MC20. Seluruh pilihan mesin tersebut akan dikawinkan dengan transmisi otomatis 8-percepatan yang juga terdapat pada Levante.

Maserati Levante Hybrid

Maserati Grecale dibangun di atas platform Giorgio yang juga bisa digunakan sebagai mobil listrik Maserati di 2025. Sumber tenaganya akan disokong oleh motor berasitektur 800 volt dengan kemampuan daya pengisian 300 kW yang cepat.

Setelah diproduksi nantinya Maserati Grecale akan bersaing dengan Porsche Macan, BMW X3, Audi Q5, Mercedes-Benz GLC, Volvo XC60 dan Alfa Romeo Stelvio. Sedangkan untuk varian listrik akan bersaing dengan Mercedes-Benz EQC, Audi Q4 E-Tron, Tesla Model Y, dan Jaguar i-Pace.

Rencananya Grecale akan diproduksi bersama Alfa Romeo Stelvio di Cassino, Italia, dan setelah diluncurkan pabrikan akan segera melakukan penjualan pada awal 2022. Jadi kita tunggu saja kehadiran “adik” dari Maserati Levante ini siapa tau masuk ke pasar Indonesia juga.
ALVANDO NOYA / WH

Sumber: Carscoops

Artikel yang direkomendasikan untuk anda