Bangkitkan Kembali Ralliart, Mitsubishi Siap Taklukan World Rally Championship

MINATO, Carvaganza – Fans sejati Mitsubishi pasti masih ingat dengan nama Ralliart, yaitu merek yang kental dengan aktivitas motorsport Mitsubishi khususnya di ajang reli. Merek tersebut telah padam namanya sejak Mitsubishi tidak lagi aktif secara langsung di ajang motorsport manapun. Tapi, Ralliart siap bangkit kembali dari tidur panjangnya.

Setidaknya selama 11 tahun sudah Ralliart vakum dari segala aktivitas motorsport Mitsubishi, termasuk menyediakan produk aftermarket resmi. Dalam kegiatan mengumumkan performa finansial perusahaan di Tokyo, Mitsubishi mengumumkan bahwa Ralliart akan dibangkitkan demi memperkuat karakter Mitsubishi sebagai kendaraan yang asik dikendarai.

Meski tidak ada secara pasti disebutkan, pengumuman ini seolah mengisyaratkan bahwa Mitsubishi akan kembali aktif di dunia motorsport. Kolaborasi dua nama ini telah terbukti keperkasaannya dalam menaklukkan dua reli paling bergengsi, yaitu World Rally Championhsip (WRC) dan Paris-Dakar Rally. Masing-masing, Mitsubishi Ralliart telah empat kali menjadi juara WRC dan 12 kali menang Dakar.

Dua model kendaraan Mitsubishi yang juga selama ini kental dengan nama Ralliart adalah Lancer Evolution dan Pajero (bukan Pajero Sport). Berkat dua mode juara itu, Mitsubishi dikenal sebagai pabrikan yang menawarkan teknologi 4WD andal. Dan terbukti produk berteknologi 4WD dari Mitsubishi kemudian sempat menjadi idola banyak kalangan.

Pada tahun 2005, Mitsubishi dan Ralliart menarik diri dari aktivitas Reli Dakar, menyusul serangkaian kesalahan pengambilan keputusan manajemen dan turunnya penjualan mobil mereka. Dan pada tahun 2010, Ralliart menghentikan sepenuhnya aktivitas motorsport mereka sebagai perwakilan langsung dari Mitsubishi, yang juga efek dari lesunya permintaan akan komponen aftermarket mereka.

Mitsubishi Ralliart

“Bagi para konsumen yang berharap untuk merasakan pengalaman ke-Mitsubsihi-an kami, kami akan meluncurkan aksesori yang dibuat custom untuk line up model kami begitu juga bergabung kembali ke ajang motorsport di dunia,” kata CEO Mitsubishi, Takao Kato dilansir Forbes.

Tertariknya Mitsubishi kembali ke motorsport salah satunya dipicu oleh comecback Toyota ke WRC dan langsung berjaya meraih gelar di 2017. Mitsubishi dan rival kuatnya Subaru adalah dua merek Jepang lain yang punya sejarah kuat di WRC. Pabrikan berlogo Tiga Berlian seakan gatal ingin buktikan diri juga masih bisa tunjukkan kebolehannya di ajang motorsport.

Mitsubishi mengumumkan soal Ralliart sekaligus merilis gambar teaser soal kendaraan apa yang akan diandalkan di kembalinya tersebut. Sosok sebuah SUV atau crossover ditunjuk untuk menjadi ujung tombak mereka, dengan jadwal kembali pada tahun 2023. Mengingat komitmen dan investasi kuat Mitsubishi saat ini di sektor elektrifikasi, besar kemungkinan juga mobil balap mereka akan membawa teknologi hybrid atau bahkan full electric. Jangan lupakan juga dengan teknologi 4WD yang menjadi signature.

Nama Ralliart sudah dipastikan akan kembali, begitu juga dengan aktivitas Mitsubishi di ajang motorsport. Apakah langkah selanjutnya menciptakan lagi mobil-mobil yang punya nafas motorsport kuat seperti Lancer Evolution dan GTO? Kita tunggu saja.
WAHYU HARIANTONO / RS

Sumber: Forbes

Artikel yang direkomendasikan untuk anda