Sedan Ini akan Awali Masa Depan Volvo Tanpa Mesin Diesel

GOTHENBURG, 18 Mei 2018 – Era tanpa mesin diesel akan diawali oleh Volvo lewat generasi terbaru dari model S60. Masa depan yang lebih ramah lingkungan ini akan berlangsung mulai tahun 2019.

Volvo Cars akan mulai menghentikan produksinya untuk mesin berbahan bakar diesel pada tahun depan, dengan S60 menjadi produk pertamanya. Lantaran, S60 hanya akan diproduksi bermesin bensin dan hybrid.

Selain untuk beralih ke era elektrifikasi yang dilihat lebih nyata dalam keramahan lingkungan, keputusan Volvo meninggalkan diesel juga disebabkan turunnya tren penjualan mobil diesel sejak terungkapnya skandal Dieselgate.

“Masa depan kami adalah elektrik dan kami tidak akan lagi mengembangkan generasi baru mesin diesel. Kami akan menyudahi mobil dengan hanya mesin pembakaran internal, dengan versi bensin hybrid sebagai opsi transisi saat kami bergerak menuju elektrifikasi penuh,” jelas Håkan Samuelsson, CEO Volvo.

S60 sebagai sedan kompetitor bagi Mercedes C-Class, BMW Seri 3 dan Audi A4, tidak akan mendapatkan mesin dengan kapasitas lebih dari 2.000cc. Nantinya, secara bertahap Volvo akan sepenuhnya berhenti memproduksi mesin pembakaran internal.

Saat diluncurkan dalam waktu dekat ini sendiri, S60 akan tersedia dengan opsi empat varian mesin bensin empat silinder dan dua varian plug-in hybrid. Sementara pada tahun 2019, akan menyusul varian mild-hybrid untuk mobil ini.

Tahun lalu, pabrikan Swedia ini mengumumkan rencananya untuk serius beralih menjadi produsen mobil listrik mulai 2019. Selama tujuh tahun ke depan, Volvo menargetkan bahwa 50% dari penjualannya di seluruh dunia adalah mobil listrik.

WAHYU HARIANTONO

Artikel yang direkomendasikan untuk anda