Sebelum Nissan 400Z Meluncur, Ternyata 370Z Masih Laku Terjual

YOKOHAMA, Carvaganza – Tahun ini, rencananya Nissan akan meluncurkan generasi baru dari Fairlady Z yang akan dinamakan 400Z. Tapi ternyata, untuk model generasi saat ini melalui 370Z, Nissan masih menuai penjualan dengan jumlah yang cukup baik tahun ini.

Angka penjualan 370Z ternyata masih muncul saat Nissan mengumumkan hasil penjualan kuartal pertama tahun ini. Sebanyak 28 unit Nissan 370Z tercatat laku terjual selama kuartal pertama (Q1) tahun 2021, alias periode Januari – Maret. Data ini diluncurkan untuk hasil penjualan Nissan di pasar Amerika Serikat.

Meski masih ada penjualan, hasil yang dicatat oleh 370Z ini mengalami penurunan dibandingkan periode sama pada tahun lalu. Dilansir Carscoops, pada Q1 tahun 2020, 370Z terjual lebih banyak 95%. Bahkan Nissan GT-R yang dibanderol lebih mahal terjual lebih banyak daripada 370Z yang segera diskontinyu. Wajar kalau penjualan 370Z turun, karena memang 400Z sudah diumumkan rencana peluncurannya tahun ini.

Nissan 370Z

Penerus dari 350Z ini memang sudah dipasarkan sejak 2008, lebih dari satu dekade, namun performa yang disimpannya masih cukup menyenangkan untuk standar mobil sport saat ini. Dari mesin V6 3,7 liternya, terkandung tenaga 332 hp dan torsi sampai 365 Nm. Angka output tersebut dihasilkan dari mesin naturally aspirated, alias tanpa turbo. Transmisinya juga punya opsi manual 6-percepatan atau otomatis 7-percepatan.

Di kalangan penggemar, 370Z alias Fairlady generasi keenam masih cukup populer dijadikan basis modifikasi. Begitu juga untuk para penggemar drifting, 370Z masih dipercaya menjadi basis yang bisa diandalkan, terlebih dengan sistem penggerak roda belakangnya.

Formula yang sama akan Nissan pertahankan untuk diterapkan juga pada 400Z, yang sekaligus membawa kembali elemen desain klasik generasi awal. Versi awal 400Z sempat Nissan tampilkan lewat konsep Z Proto di pertengahan tahun lalu. Dan belakangan, sempat beredar juga sejumlah spyshot yang mengungkap wujud 400Z versi produksi.

Z Proto menjadi bagian dari strategi Nissan Next, di mana Nissan akan meningkatkan efisiensi bisnis, termasuk pemangkasan anggaran. Salah satu pabrik Nissan di Barcelona akan ditutup, diikuti reduksi kapasitas produksi 20% selama tiga tahun ke depan. Model-model yang sudah menua akan diseleksi untuk diteruskan atau distop produksinya.

Nissan 400Z

Bos Nissan bagian product planning, Ivan Espinosa sempat mengatakan bahwa mobil sport terus berada di dalam hati Nissan. Pernyataan tersebut tidak terkecuali untuk GT-R juga. Disampaikan saat Tokyo Motor Show 2019 lalu, Espinosa bahkan mengaku suksesor sedang digarap oleh Nissan.

Nama 400Z diyakini akan dipakai, dengan dasar besaran tenaga yang dihasilkan mesin, 400 hp. Rumornya angka tersebut akan datang dari mesin V6 3,0 liter turbo ganda. Bukan dari unit yang benar-benar baru, Nissan konon akan adopsi mesin ini dari Infiniti Q50 dan Q60. Selain itu, Nissan juga telah mendaftarkan paten logo Z terbaru, yang tampil dengan sentuhan gaya retro.
WAHYU HARIANTONO

Sumber: Carscoops

Artikel yang direkomendasikan untuk anda