Inilah SUV Listrik Bertenaga Panel Surya Pertama di Dunia!

JAKARTA, Carvaganza – Perusahaan start-up asal California, Amerika Serikat, Humble Motors, baru saja merilis gambar mobil konsep bertenaga listrik pertamanya. Bila saja terwujud menjadi versi produksinya nanti, besar harapan mobil ini akan menjadi salah satu penantang serius Tesla.

Dilabeli sebagai SUV (Sport Utility Vehicle) bertenaga panel surya pertama di dunia, Humble One didesain agar dapat menangkap energi yang dipancarkan sinar matahari dan mengubahnya menjadi energi listrik yang dikonsumsi untuk menggerakkan kendaraan secara efisien dan ramah lingkungan.

Kalau dilihat sekilas, wujudnya tak jauh berbeda dari crossover bertema futuristis lain yang saat ini mulai jamak ditemukan. Membedakan dirinya dari yang lain, terdapat panel berisi sel-sel photovoltaic di atap dan jendela seluas 7,4 meter persegi. Komponen ini bertugas menjadi suplemen energi yang mengisi baterai listriknya sehingga memungkinkan Humble One dapat berjalan sambil mengisi daya baterainya untuk menambah jarak tempuh.

Humble One EV

Alasan atau ide awal hadirnya mobil ini sederhana. Menurut Humble Motors banyak kasus yang diderita pemilik mobil listrik saat ini, yakni ‘range anxiety’ atau kekhawatiran kendaraannya tak memiliki jarak tempuh yang cukup untuk dipakai bepergian lantaran energi baterainya tidak penuh.

Penyebabnya, tidak semua pemilik mobil listrik punya akses ke stasiun pengisian listrik umum. Bahkan charging station yang tersedia saat ini jumlahnya sangat sedikit dan hampir setiap pemilik mobil listrik sangat bergantung kepada penyedia stasiun pengisian listrik yang dibuat oleh produsen mobil listrik tertentu, seperti Tesla misalnya. Berbeda dengan mobil bermesin pembakaran yang bisa mengisi bahan bakarnya di banyak stasiun pengisian bahan bakar umum yang tersebar di seluruh dunia.

Masuk akal juga alasan mereka. Sebab karena akses yang terbatas, setiap pemilik mobil listrik harus disibukkan dengan kalkulasi jarak tempuh dan sisa energi baterai kendaraannya setiap sebelum memulai perjalanan. Nah SUV bertenaga panel surya ini bisa menjdi solusi paling brilian untuk mengatasi kekhawatiran tersebut.

Humble Motors mengklaim kalau Humbe One dapat menambah jarak tembuh kendaraan sejauh 96,5 km saat sedang dikendarai di siang hari. Jarak sejuh itu cukup untuk Anda menemukan stasiun pengisian listrik umum dan mengisi energi baterai kendaraan hingga penuh lewat jaringan listrik AC maupun DC. Kalau sudah penuh, baterainya dapat mengajak Humble One berkendara sejauh 804 km.

Humble One EV

Tak hanya dibekali dengan panel surya, SUV empat pintu ini juga dirancang memiliki bobot yang sangat ringan dan punya desain yang sangat aerodinamis untuk meningkatkan efisiensi energi listriknya. Bayangkan saja, mobil dengan panjang lebih dari 5 meter ini punya bobot sekitar 1,8 ton saja. Bobotnya ni sekitar 500 kg lebih ringan dari kompetitornya seperti Tesla Model X.

Lantas bagaimana dengan performanya? Humble One diekspektasikan memiliki tenaga puncak 1.020 hp dengan kecepatan maksimum 250 km/jam. Performanya itu cukup untuk melesatkan Humble One dari posisi diam sampai 100 km/jam dalam waktu 4,9 detik saja. Performa ini dibantu oleh desain aerodinamis Humble One yang diklaim memiliki angka koefisien drag 0,25.

Apakah performa ini cukup kencang? Tentu saja. Tetapi bagaimana kalau dibandingkan dengan kendaraan sejenis? Sebagai perbandingan kita pilih Tesla Model X yang punya tenaga puncak sama namun punya kecepatan maksimum 262 km/jam. Ternyata Tesla Model X sanggup menuntaskan akselerasi 0-100 km/jam dalam 2,5 detik saja.

Humble One rencananya mulai diproduksi pada 2024 dan dijual dengan harga US$ 109.000 atau sekitar Rp 1,6 miliar. Uniknya, Humble Motors sudah membuka pemesanan mobil ini dan bila Anda berminat cukup membayar biaya reservasi seharga US$ 300 atau sekitar Rp 4,3 juta saja. Humble One diharapkan sudah dapat diterima konsumen pada 2025.
RIZKI SATRIA

Sumber: HumbleMotors.com

Artikel yang direkomendasikan untuk anda