Rolls-Royce Ghost Terbaru Hadir di Indonesia, Super Mewah Tapi Lebih Sporty

JAKARTA, Carvaganza – September tahun lalu, Rolls-Royce Motor Cars meluncurkan perdana Rolls-Royce Ghost terbaru kepada dunia. Hari ini (8/3), hanya enam bulan berselang, Ghost generasi terbaru sudah tiba di Indonesia. Generasi ketiga Rolls-Royce Ghost mendapat sejumlah inovasi sebagai menu yang disajikan kepada para miliarder Tanah Air.

Ghost terkini dirancang sebagai model Rolls-Royce dengan karakter paling sporty dan cocok untuk dikendarai sendiri dari seluruh line-up sedan. Baik dari sisi desain, bahkan sampai teknologi pendukung pengemudi dihadirkan dengan fokus pada area tersebut. Telah banyak ubahan dan peningkatan yang diterapkan pada sedan super mewah ini ke level yang lebih tinggi.

Mengadopsi platform yang sama seperti Cullinan dan Phantom terkini, Ghost edisi 2021 menerapkan permainan desain eksterior yang berani. Mulai dari grille depan yang sepenuhnya chrome, kini dihiasi oleh 20 unit LED mengiluminasi. Lalu area antara grille dan kap mesin kini tidak ada lagi panel pemisah dengan ornamen Spirit of Ecstasy yang menjadi simbol pabrikan asal Goodwood, Inggris ini. Melengkapi fascia depan, lampu utama tampil dengan grafis LED DRL baru yang semakin dominan, menyertai lampu berteknologi laser.

Rolls -Royce Ghost 2021

Overhang lebih pendek disajikan pada roda depan, yang akan membuat nilai approach angle dan radius putar semakin praktis. Untuk profil samping, shoulder line kini punya pahatan garis lebih tegas untuk sesuaikan arah gaya sporty dari Ghost. Sementara lis chrome pada frame jendela, dibuat menyatu dengan pilar-A, mengitari sisi atas, sampai ke sisi bawah pilar-D di belakang.

Ubahan eksterior paling jelas untuk menunjukkan karakter sporty, namun perlu jeli untuk menemukannya adalah garis atap ke pilar-D yang lebih landai. Tidak lagi mematah seperti sedan konvensional, garis atap Ghost terbaru di sisi belakang lebih mengalir seperti coupe. Lalu dilanjutkan ke fascia belakang yang pamerkan cluster lampu belakang baru, serta ujung knalpot chrome yang tebal.

Di balik bonnet masih mengandalkan mesin V12 6,75 liter twin-turbo, yang menyimpan output 563 hp dan torsi 850 Nm. Untuk pertama kalinya pada Ghost, Rolls-Royce memberikan drivetrain all-wheel drive (AWD) dengan transmisi ZF 8-percepatan. Selain terintegrasi dengan Satellite Aided Transmission, penggerak pada Ghost juga sudah punya 4-wheel steering yang akan memberikan handling lebih kompak dan nyaman.

Lalu bicara soal interior, pintu tetap dengan konfigurasi khas yaitu suicide, alias pintu depan dan belakang membuka ke arah yang berbeda/berlawanan. Baik pintu depan dan belakang sudah mengoperasikan soft-closing alias vakum. Kini pintu depan juga bisa ditutup secara elektris dari dalam, melalui tombol di konsol tengah.

Rolls -Royce Ghost 2021

Elemen baru pada desain interior adalah Illuminated Fascia pada dashboard sisi penumpang depan. Kini bisa dikustomisasi untuk menampilkan gugusan bintang di langit malam, diteranngi oleh 125 LED di baliknya. Tampilan ini mengikuti Starlight Headliner yang selalu menjadi opsi personalisasi untuk menghiasi langit-langit selain sunroof.

Sistem infotainment dilengkapi oleh audio yang terpusat pada layar sentuh infotainment di tengah kabin. Dashboard ditampilkan dengan perpaduan material panel kayu, lapisan kulit, serta alumunium brush. Selain jam analog khas yang selalu terpasang di dashboard, layar infotainment dengan sisten iDrive dari BMW sudah mendukung konektivitas Apple CarPlay.

Untuk penumpang belakang, tersedia dua opsi kursi yaitu untuk tiga penumpang dan dua penumpang. Untuk format tiga penumpang, bagian tengah bisa dilipat untuk diduduki atau menjadi center console yang menyediakan cup holder dan pengontrol infotainment. Sementara untuk format dua penumpang alias 2+2, bagian tengah menjadi center console permanen.

Untuk harga, Eurokars sebagai distributor resmi Rolls-Royce di Indonesia tidak memberi banderol pasti pada Ghost. Karena harga akan bergentung pada range personalisasi yang dipesan oleh konsumen, yang bisa berbeda masing-masing variabelnya. Namun sebagai acuan, harga globalnya disebut mulai US$ 332.500 sebagai dasarnya. WAHYU HARIANTONO / RS

Artikel yang direkomendasikan untuk anda