Rolls-Royce Buat Phantom Bespoke Dengan Sentuhan Kayu Super Langka

GOODWOOD, Carvaganza - Lebih dari 90 persen mobil yang keluar dari pabrikan Rolls-Royce di Goodwood, Inggris adalah Bespoke. Alias mobil tersebut telah dipersonalisasi oleh pemiliknya sehingga tidak sama dengan pemilik Rolls-Royce lainnya yang modelnya sama.

Bespoke memperbolehkan konsumen memodifikasi mobil Rolls-Royce miliknya sesuai selera. Tapi tidak semua bisa dipersonalisasi seperti mesin mobil, bobot, dimensi dan fitur keamanan serta keselamatan kendaraan. Pembeli boleh memilih warna cat sendiri. Dalam hal ini Rolls-Royce memiliki lebih dari 40 ribu warna cat pilihan. Bahkan ada konsumen yang memilih warna bodi mobilnya sesuai warna kayu di pohon di halaman rumahnya. Ada juga yang sesuai warna sepatu kesayangan, atau sekedar memakai jahitan interior dengan warna unik.

Semuanya itu dikerjakan secara khusus oleh tim desainer, engineer dan para craftman di Home of Rolls-Royce sehingga tercipta kreasi individu yang menarik.

Roll-Royce Phantom Koa Bespoke

Salah satu Rolls-Royce Phantom Bespoke yang baru dirilis oleh Goodwood adalah Phantom Koa. Kendaraan super premium yang dipersonalisasi ini pesanan dari Jack Boyd Smith, Jr, yang memang kolektor brand RR dan mobil vintage. Phantom Extended Bespoke ini akan mengisi ruang garasi mewah milik keluarga Smith bersama dengan 60 mobil koleksi kesayangannya.

Kenapa disebut Phantom Koa? Karena pada bagian interior super luxury car ini menyematkan material dari Kayu Koa yaitu kayu yang langka dan mahal yang tumbuh di Hawaii. Smith Jr., sangat terpesona pada kayu tersebut sehingga memasukkan ornamen alamiah itu ke dalam bagian dari Rolls-Royce Bespoke miliknya.

“Merupakan kehormatan bagi kami dapat mempersembahkan Rolls-Royce Phantom terbaru kepada Jack Boyd Smith, Jr. Kreasi Bespoke ini merupakan kombinsi dari koleksi mobil yang terkenal dan bersejarah. Koa Phantom merupakan sebuah bentuk keahlian luar biasa dari Rolls-Toyce Bespoke Collective. Sebuah contoh yang sangat berharga dan langka dari bahan alami, Kayu Koa,” ujar Torsten Müller-Ötvös, Chief Executive, Rolls-Royce Motor Cars.

Waktu pembuatan 3 tahun

Inspirasi bespoke Phantom Koa ini datang dari Smith Jr., dan istrinya, Laura. Waktu yang dibutuhkan untuk mengembangkan Phantom tersebut adalah tiga tahun. Sejak awal Smith Jr., sudah menyadari bahwa Phantom Extended Bespoke yang ia inginkan tak bisa cepat-cepat diwujudkan. Para ahli di Roll-Royce membutuhkan waktu untuk menyempurnakan karya seni yang mereka ingin ciptakan. Apalagi kayu dari Pohon Koa adalah hasil alam yang sangat unik dan langka.

Pohon kayu ini hanya tumbuh di Hawai dan dilindungi oleh pemerintah setempat. Kayu tersebut hanya ada dan dapat dipanen di lahan pertanian pribadi dan pertumbuhannya pun sangat unik. Jadi populasi kayu sangat langka.

Dala hal eksterior, Phantom Koa memancarkan warna biru tua pada siang hari, tapi pada malam hari tersembunyi dalam kegelapan. Warna Bespoke yang menghias sekujur bodi adalah ‘Packard Blue’. Warn aini sama dengan warna mobil Packard Twelve Coupe tahun 1934 yang menjadi koleksi pribadi Smith Jr. Pabrikan mengakui tingkat kerumitan pembuatan Bespoke ini memang tinggi, misalnya memiripkan warna body Phantom Koa dengan Packard Twelve yang umurnya sudah 80 tahun.

Rolls-Royce Phantom Koa

Level kerumitan itu juga termasuk mengirimkan komponen-komponen dari mobil vintage ke House of Rolls-Royce di Goodwood. Setelah melakukan pengujian pada lebih dari 40 panel uji, akhirnya ditemukan cat yang cocok. Pada pintu mobil bagian pengemudi terpasang inisial ‘JBS’ yang merupakan singkatan dari Jack Boyd Smith, pada pintu passenger terdapat inisial ‘LAS’ yang merupakan singkatan dari nama istri Smith.

Ketika pintu coachnya dibuka, terdapat plat personalisasi bertuliskan “Hand-Built in Goodwood, England for Laura & Jack Boyd Smith, Jr.” Kayu Koanya sendiri terpasang di tempat yang paling highlight di Phantom Koa dan menjadi jantungnya mobil. Sentuhan kayu Koa itu memperlihatkan kecantikan alamiah dari kendaraan. (EKA ZULKARNAIN)

Sumber: Rolls-Royce Motor Cars

Artikel yang direkomendasikan untuk anda