Rahasia Kehebatan Mitsubishi Xpander AP4

BANTEN, Carvaganza – Xpander Rally Team yang dipunggawai Rifat Sungkar dan M.Redwan berhasil meraih podium Fortuna Nusantara Tropical Sprint Rally 2021, di sirkuit Badak, Tj Lesung pada 10 – 11 April 2021 lalu. Keduanya membuktikan performa dari Mitsubishi Xpander AP4 yang tampil dominan sejak hari pertama. Keduanya mencatatkan waktu total 10 menit 8,2 detik di hari pertama. Pada hari kedua meski sempat mengalami masalah pada sistem suspensinya, keduanya masih unggul.

Dibalik kesuksesan Rifat Sungkar pada ajang Fortuna Nusantara Tropical Sprint Rally 2021 ini tak lepas dari andil Mitsubishi Xpander AP4 hasil kolaborasi Xpander Rally Team dengan Ralliart Australia dan New Zealand. Pada channel Youtubenya, Rifat Sungkar pernah menjelaskan secara rinci kendaraan yang digunakan olehnya untuk ajang rally nasional maupun internasional itu.

Mitsubishi AP4

Secara umum ubahan dan penyesuaian standar AP4 internasional salah satunya adalah penyesuaian bobot kendaraan, yakni sekitar 1.230 kg – 1.300 kg. Demi mendapatkan bobot yang diinginkan tentu saja panel-panel pada interior terpaksa dihilangkan dengan menyisakan dua pasang sport seat dan tambahan roll bar di dalamnya.

Awalnya Mitsubishi Xpander standar memiliki bobot kosong yang mencapai 1,780 kg. Setelah berdiet dan bisa masuk dalam kategori kendaraan AP4, barulah tim Ralliart Selandia Baru fokus memodifikasi weight distribution dan weight balance agar lebih ideal untuk dipakai berkompetisi di ajang rally AP4.

Selanjutnya kendaraan ini juga memiliki dimensi yang lebih lebar 10-20 cm dengan penambahan over fender di keempar lingkar rodanya. Selain itu pada bagian depannya desain grill nya terlihat mirip dengan Xpander Cross dengan bumper yang lebih lebar. Katanya sih ini berpengaruh pada unsur aerodinamika kendaraan saat dipacu pada kecepatan tinggi.

Mitsubishi AP4

Perubahan paling utama terdapat pada mesinnya. Inilah pekerjaan yang paling rumit bagi Xpander Rally Team. Untuk pengembangannya kendaraan ini sampai dibawa ke Australia dan mendapat tuningan yang sesuai dengan standar AP4. Mesin yang bertengger di balik kap mesin Xpander AP4 ini memiliki posisi yang cukup berbeda dibanding mobil standar.

Kemudian Xpander AP4 menggunakan mesin 4-silinder 1.600 cc dengan bantuan induksi turbo yang menghasilkan tenaga 300 hp – 340 hp dan torsi lebih dari 600 Nm yang dialirkan ke keempat rodanya melalui transmisi sequential.

Selain itu, Mitsubishi Xpander AP4 yang digunakan Rifat Sungkar ini juga memiliki travel suspension yang cukup panjang yakni 9-inci. Suspensi ini diklaim merupakan sistem suspensi terbaik yang untuk digunakan pada kejuaran rally.

“Mitsubishi Xpander sebuah kendaraan keluarga yang tidak hanya dapat digunakan sebagai sebuah mobilisiasi keluarga tetapi juga menjadi sebuah prestasi dengan handling dan performa yang luar biasa,” bangga Rifat Sungkar pada mobilnya itu. ALVANDO NOYA / RS

Artikel yang direkomendasikan untuk anda