Porsche Taklukkan Rekor Lap F1 di Spa-Francorchamps

FRANCORCHAMPS, 12 April 2018 – Porsche resmi menjadi pemegang rekor lap tercepat di sirkuit Spa-Francorchamps, Belgia, dan menaklukkan rekor yang sebelumnya dipegang oleh mobil balap Formula 1 yang selama ini diklaim sebagai mobil balap terkencang di dunia.

Rekor ini diraih Porsche melalui protoripe Porsche 919 Hybrid Evo, pengembangan dari mantan mobil balap ketahanan di ajang WEC yang telah pensiun sejak akhir tahun lalu, di mana Porsche meninggalkan ajang tersebut setelah hanya berpartisipasi 4 tahun.

Atas kepiawaian pembalap Neel Jani, 919 Hybrid Evo menorehkan rekor lap 1 menit 41.770 detik. Rekor tersebut lebih cepat 0,783 detik dari rekor yang tahun lalu dicetak Lewis Hamilton dengan Mercedes-AMG W08 Hybrid, saat kualifikasi F1 Grand Prix Belgia.

Semakin luar biasa karena pencapaian tersebut 12 detik lebih kencang dari lap tercepat yang dicetak oleh 919 Hybrid reguler saat mencetak pole position pada seri World Endurance Championship (WEC) di sirkuit tersebut, tahun lalu.

Jani, pembalap kawakan asal Swiss tersebut juga mencetak kecepatan rata-rata 245,61 km/jam di Spa, serta kecepatan puncak 359 km/jam. Porsche sendiri masih mengincar laptime lebih kencang di Spa, yakni menggeber 919 Hybrid Evo untuk meraih 1:36 menit.

“Ini adalah lap fantastis yang mutlak – performa pembalap luar biasa Neel Jani dan hasil dari engineering hebat. Rekor hari ini secara mengesankan membuktikan performa terbaik dari mobil balap paling inovatif pada masanya,” ujar Fritz Enzinger, Vice President of Porsche LMP1 Program.

919 Hybrid Evo telah mengalami sejumlah peningkatan dari mobil balap LMP1 Porsche, yang tidak lagi dibatasi oleh regulasi balap. Mesin V4 turbocharged kini memiliki tenaga 720 hp dan tambahan 440 hp dari sistem hybrid.



WAHYU HARIANTONO

Artikel yang direkomendasikan untuk anda