Porsche 962 Le Mans Versi Jalan Raya Dijual di Amerika Dengan Harga Rp 29 Miliar Lebih

  • 2021/09/Porsche-962-Koenig-Special-5.jpg
  • 2021/09/Porsche-962-Koenig-Special-1.jpg
  • 2021/09/Porsche-962-Koenig-Special-4.jpg
  • 2021/09/Porsche-962-Koenig-Special-3.jpg
  • 2021/09/Porsche-962-Koenig-Special-2.jpg

CALIFORNIA, Carvaganza – Salah satu supercar paling ikonik, Koenig Specials C62 kedapatan masuk dalam daftar jual beli di California, Amerika Serikat. Koenig Specials C62 yang dijual ini merupakan satu dari tiga supercar yang legal di jalan raya dan merupakan prototipe dari versi balap Le Mans. 

California memang dikenal sebagai salah satu daerah di Amerika yang memiliki pengendara dengan mobil-mobil yang ikonik. Bagi orang-orang yang baru pertama kali ke sini akan menemukan mobil yang belum pernah dilihat dimana-mana. Salah satunya adalah Koenig Special C62 ini yang merupakan hasil modifikasi Willy Koenig dengan mengambil DNA dari Porsche 962. 

Nama Willy Koenig dikenal sebagai modifikator yang cukup sering bersentuhan dengan supercar seperti Porsche 911 hingga Ferrari Testarossa di bawah naungan perusahaannya Koenig Specials. Setiap kendaraan yang ia modifikasi tidak hanya mendapatkan sentuhan di balik mesinnya tetapi juga memiliki tampilan yang diambil dari supercar yang pernah juara di masanya. 

Porsche 962

Salah satunya adalah Porsche 962 yang menjadi inspirasi dari Koenig Specials C62, ini merupakan salah satu kendaraan yang berhasil menjuarai beberapa balapan internasional dunia termasuk 24 hours of Le mans era 1980. Porsche 962 dibekali dengan mesin 6 silinder 3.0 liter twin-turbocharged yang dikawinkan dengan transmisi otomatis 5-percepatan. Mesin yang diambil dari Porsche 993 GT2 ini mampu menghasilkan tenaga maksimal hingga 580 hp.

Baca Juga: BMW Studio AML Hadir di Sentul City, Tawarkan Kopi Gratis

Sementara itu Koenig Special C62 menggunakan mesin boxer 6 silinder 3.4 liter twin turbo yang  diambil dari Porsche 911 dan sudah disetel performanya yang menghasilkan tenaga maksimal hingga 550hp. 

Dalam pengembangannya, Koenig Special C62 mengambil chassis asli dari Porsche 962 dengan bodi yang sudah disesuaikan dengan material serat karbon. Tujuannya, agar kendaraan tersebut bisa disesuaikan untuk kendaraan yang legal di jalan raya. Memang sekilas, bodinya terlihat serupa dengan model aslinya, namun pabrikan membuat beberapa perubahan di beberapa bagiannya. Ground Clearance pada Koenig Special C62 dibuat lebih tinggi dari Porsche 962 serta menggunakan lampu utama yang sesuai dengan peraturan mobil jalan raya. 

Porsche 962

Meski sebuah kendaraan yang didesain untuk penggunaan jalan raya, Koenig Special tetap menghadirkan aura sport sejati di dalam kabinnya. Tidak ada karpet dan ornamen mewah di dalamnya hanya tersedia kokpit yang minimalis dengan seatbelt dan jok bucket dengan posisi duduk low slung. 

Kopling dan seluruh pintu kendaraan dioperasikan secara hidrolik serta sajian kenyamanan standar seperti pengoperasian jendela secara elektrik dan tersedianya pengaturan AC. Secara keseluruhan sebenarnya kendaraan ini bukanlah hasil restorasi tetapi hanya mengambil karakter yang terdapat pada Porsche 962 ke dalam Koenig Special C62. 

Koenig Special berencana memproduksi kendaraan ini dalam jumlah yang terbatas yakni 30 unit dengan banderol tertinggi mencapai US$ 2.093.000 alias sekitar Rp 29,8 miliar lebih.
ALVANDO NOYA / WH

Baca Juga: Siapa Rival Yang Cocok Untuk Audi RS4 Avant?

Sumber: Jalopnik

Featured Articles

Read All

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Porsche Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Artikel Feature