Polestar Ingin Keluar Dari Bayang-Bayang Volvo, akan Jegal Porsche Di Segmen EV

Polestar 1

GOTHENBURG, Carvaganza – Perang di pasar kendaraan listrik memang sudah dimulai sejak beberapa tahun belakangan. Berbagai pabrikan otomotif global mulai memproduksi kendaraan listrik yang dibekali dengan teknologi terkini demi memikat konsumen agar berpindah ke mobil bertenaga alternatif. Salah satu pabrikan yang ikut dalam kontestasi Polestar, pabrikan Swedia yang juga merupakan bagian dari perusahaan otomotif kawakan, Volvo Cars. 

Sejak awal, Polestar memang menempatkan diri sebagai pabrikan otomotif khusus kendaraan listrik. Pada beberapa tahun lalu pabrikan sudah menghadirkan dua mobil dengan tenaga alternatif di antaranya Polestar 1 Hybrid dan sedan listrik Polestar 2. Dan tahun ini Polestar dikabarkan tengah menyiapkan beberapa model terbarunya dan didedikasikan sebagai saingan Porsche di segmen kendaraan listrik premium. 

Hal tersebut secara terang-terangan dilontarkan oleh Kepala Eksekutif Polestar, Thomas Ingenlath yang menyatakan untuk memantapkan Polestar sebagai saingan Porsche saat ini. Dirinya optimis dapat memperluas modelnya saat ini untuk beradu langsung dengan line up Porsche seperti Cayenne, Macan All-Electric hingga pada Tesla Model S dan Porsche Taycan EV.

Polestar 2

Model yang saat ini tengah menjalani proses pengembangan dan direncanakan diproduksi pada tahun depan adalah Polestar 3 yang memiliki dimensi mirip dengan Porsche Cayenne. Belum ada rilisan detail mengenai spesifikasi dari Polestar 3 namun jika ingin bersaing dengan Cayenne, ia harus menjadi SUV dengan performa yang maksimal dan memiliki kemampuan untuk di segala medan.

Baca Juga: Mazda6 Generasi Baru Pakai Mesin 6 Silinder dan RWD, Debut Tahun Depan

Porsche Cayenne EV sendiri dikabarkan menggunakan sumber tenaga yang juga digunakan oleh Porsche Taycan, yakni baterai lithium dengan kapasitas 71 kWh yang mampu menghasilkan tenaga maksimal 750 hp. Selain itu, Porsche Cayenne juga akan menghadirkan varian lain dengan mesin konvensional dan plug-in hybrid. 

Sementara itu, pada 2023 mendatang akan hadir pula Polestar 4 yang menjadi saingan untuk Porsche Macan Electric. Memang Porsche belum secara resmi merilis Macan versi listrik ke pasar, namun paling tidak langkahnya sudah mulai dihadang salah satunya oleh Polestar. Di samping model-model SUV, Polestar juga dikabarkan akan menjegal penjualan Tesla Model S dan Porsche Taycan dengan menghadirkan Polestar 5 di 2025. 

Saat ini, Porsche Taycan merupakan satu-satunya sedan listrik murni yang dijual oleh Porsche dengan menawarkan performa tinggi dan kenyamanan setara sedan saloon di dalamnya. Porsche Taycan sendiri dibekali dengan motor listrik dari baterai lithium berkapasitas 71 kWh yang mampu menghasilkan tenaga 750 hp dan torsi puncak mencapai 1.000 Nm. Di dalamnya ia menawarkan beragam fitur kenyamanan ekstra seperti layar hiburan yang membentang di sepanjang dashboard, kursi pemanas, dan peranti pengendaraan seperti cruise control dan lain-lain.

Porsche Taycan Turbo S

Dalam wawancaranya dengan Auto Motor und Sport, Ingenlath juga mengatakan bahwa pabrikan mobil tersebut akan keluar dari bayang-bayang Volvo.

"Portofolio produk kami akan tumbuh selama beberapa tahun ke depan - dan ini akan memungkinkan merek untuk tampil dalam cahaya yang sama sekali berbeda. Kami kemudian melangkah lebih jauh dari bayang-bayang Volvo dan dianggap lebih mandiri,” tutup Ingenlath.
ALVANDO NOYA / WH

Baca Juga: VIDEO: Test Drive Lexus UX 300e, Mobil Listrik Mewah Tanpa Lawan

Sumber: Carscoops

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya