Pasti Dijual di Indonesia, Apa Sih SUV Coupe Renault Arkana?

  • Renault Arkana
  • Renault Arkana
  • Renault Arkana

JAKARTA, Carvaganza – Tahun ini Renault memastikan peluncuran mobil baru. PT Maxindo Renault Indonesia, distributor resmi Renault pastikan Arkana meluncur tahun ini. SUV (Sport Utility Vehicle) berbentuk unik ini akan melengkapi jajaran model pabrikan asal Perancis tersebut untuk pasar Tanah Air.

Maxindo Renault mengungkap rencana peluncuran model baru ini saat mengumumkan pencapaian penjualannya di Indonesia untuk tahun 2021. Sepanjang tahun lalu, Triber menjadi model dengan penjualan terlaris di Indonesia, dari total 497 unit. Renault juga berambisi untuk menjadi pabrikan Eropa dengan penjualan terbanyak di pasar Indonesia.

Arkana akan menyusul line up model SUV Renault lainnya untuk konsumen indonesia, mulai dari Koleos, Climber, sampai yang terbaru Kiger. Kiger sendiri menjadi model terakhir Renault yang meluncur di Indonesia, tepatnya pada bulan Agustus 2021. Kiger masuk ke segmen Low SUV, yang diisi seperti Toyota Raize, Nissan Magnite, Kia Sonet, dan Daihatsu Rocky.

Renault Arkana

Nah, Arkana akan menawarkan paket yang lebih unik dan menarik lagi. Renault mengklaimnya sebagai SUV dengan gaya hybrid. Maksudnya adalah gaya desain Arkana menggabungkan platform SUV dengan gaya sporty dan seksi seperti sedan coupe. Mobil ini meluncur Perdana pada tahun 2020, bulan Februari di Korea Selatan.

Baca Juga: Maxindo Renault Umumkan Pencapaian Selama 2021, Siap Luncurkan Model Baru Tahun Ini

Platform CMF-B menjadi basis dibangunnya Arkana yang juga telah lebih dulu dipakai untuk Renault/Dacia Duster B0. Gaya SUV beratap landai ala coupe ini, seperti yang telah dianut juga oleh BMW X6, Mercedes-Benz GLC/GLE Coupe, Porsche Cayenne Coupe, dan Audi Q4. Namun Arkana masuk ke segmen dengan dimensi lebih kompak dan banderol lebih terjangkau.

Lalu bukan hanya desainnya, konsep hybrid juga tersedia sebagai teknologi pendukung mesin pembakaran konvensional Arkana. Ada setidaknya dua opsi varian mesin yang Renault sediakan untuk Arkana. Mulai dari mesin bensin empat silinder 1,3 liter turbo mild-hybrid sebagai opsi dasarnya. Mesin ini menghasilkan tenaga 138 hp dengan torsi 260 Nm, untuk menggerakan roda depan. Unit mesin ini juga dibekali teknologi Bore Spray Coating System seperti dipakai pada Nissan GT-R. Kedua, mesin 1,6 liter hybrid disokong teknologi E-TECH Hybrid. Output yang dilontarkan varian ini lebih kecil, yaitu 142 hp dengan torsi 148 Nm. Kedua varian sangat memungkinkan untuk masuk ke pasar Indonesia, mengingat tren elektrifikasi yang semakin berkembang. Lalu untuk opsi transmisi tersedia manual 5 dan 6-percepatan, X-Tronic CVT (Continuous Variable Transmission), dan DCT 7-percepatan. Tebakan terdekat kami adalah X-Tronic CVT yang akan dibawa.

Renault Arkana

Interiornya, Arkana punya desain yang mirip bahkan identik dengan Renault Zoe dan Clio. Pada dashboard ditonjolkan layar sentuh besar 9,3 inci selain sistem multimedia standar 7,0 inci. Kemudian panel instrumen full digital juga punya beberapa pilihan, layar 10,2 inci, 4,2 inci dan 7,0 inci. Kabin punya sentuhan sporty lewat aksen garis ambient lighting pada trim dashboard dan pintunya. Konsol tengah tampil modern karena sudah mengadopsi electric parking brake.

Penumpang kursi belakang tentunya harus berkompromi dengan atap rendah yang mengurangi head room. Untungnya penumpang belakang tetap dimanjakan kenyamanan ventilasi AC yang terdapat di bagian belakang konsol tengah disertai dua slot USB charging dan power outlet.

Indonesia akan menjadi salah satu dari sedikit negara yang menjual Arkana. Renault sejauh ini telah memasarkan Arkana di Rusia, Korea Selatan, dan beberapa negara di Eropa Barat dan Tengah. Perkiraan rentang harga jika mengacu kurs saat ini, Arkana akan masuk di segmen harga mulai Rp 500 jutaan. Kapan waktu peluncurannya, sejauh ini belum disebutkan oleh Maxindo Renault. Kita tunggu saja.
WAHYU HARIANTONO

Baca Juga: MINI Klasik Bisa Pakai Motor Listrik, Begini Caranya

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Renault Pilihan

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Review
  • Artikel Feature