MINI Klasik Bisa Pakai Motor Listrik, Begini Caranya

MINI Recharged

OXFORD, Carvaganza – Jika Anda memiliki sebuah MINI tua dengan mesin yang sudah tidak maksimal lagi mungkin bisa cari alternatif lain. Salah satunya ialah ikut program MINI Recharged yang baru saja diumumkan oleh sub-brand BMW tersebut. Program MINI Recharged ini ditujukan bagi pemilik MINI lama yang ingin mengganti mesin konvensionalnya dengan motor listrik.

Ide tersebut lahir dari MINI elektrifikasi yang diluncurkan pada New York Auto Show 2018 dan kemudian disempurnakan pada tahun ini. Tidak hanya mengubah MINI lama menjadi lebih modern tetapi Anda juga dapat mendukung program pemerintah memerangi emisi gas buang namun tetap bergaya dari balik kemudi MINI tua. Setelah mendapatkan respons yang positif pada 2018 lalu, kemudian pabrikan melanjutkan proyek tersebut ke pasar yang lebih luas.

Ubahan yang dilakukan oleh pabrikan pada model kendaraan lama terdapat pada beberapa aspek namun tetap mempertahankan nilai orisinal pada mobil tersebut. Mesin konvensionalnya akan digantikan dengan motor listrik yang mampu menghasilkan tenaga 120 hp dan mampu berakselerasi 0 -100 km/jam dalam 9 detik saja. Sementara mesin lamanya nanti bisa tetap Anda disimpan di rumah untuk digunakan lagi di waktu yang lain.

MINI Recharged

Meski demikian, MINI belum mengungkapkan secara detail kapasitas baterai yang ditanamkan pada tiap kendaraan tua ini. Namun menurut pabrikan baterai tersebut dapat diisi ulang dengan tegangan 6.6kW dan memiliki daya jelajah maksimal hingga 160 km. Rasanya kemampuan tersebut cukup untuk membawa Anda mengelilingi sebuah kota besar nonstop seharian. Selain itu, MINI juga akan melakukan beberapa penyesuaian di bagian dalamnya agar dapat memaksimalkan performa motor listriknya.

Baca Juga: Muncul Penampakan All New Honda HR-V RS di Jalanan Jakarta, Rilis Dalam Waktu Dekat?

Salah satu yang tengah dikembangkan adalah penyesuaian layar cluster meter MINI yang menampilkan informasi kendaraan seperti suhu mesin, gigi yang dipilih, jarak tempuh hingga speedometer. MINI juga menjanjikan pengalaman yang berbeda pada program MINI Recharged ini.

“Apa yang sedang dikembangkan tim proyek mempertahankan karakter MINI klasik dan memungkinkan para penggemarnya menikmati performa serba elektrik. Dengan MINI Recharged, kami menghubungkan masa lalu dengan masa depan merek,” kata Head of MINI, Bernd Körber.

MINI Recharged

Proses pengerjaan MINI Recharged ini akan dilakukan di Inggris dan akan mendapatkan benefit yang sama dengan kendaraan ramah lingkungan pada umumnya, salah satunya ialah semua pekerjaan diselesaikan di Inggris, dan perusahaan ingin menunjukkan manfaat seperti Congestion Charge atau pembebasan biaya kemacetan.

"Hal yang tidak kalah penting dari MINI Recharged adalah individualitas pada kendaraan. MINI klasik adalah sebuah karya seni sejati di atas roda yang selalu unik untuk dikembangkan. Itu sebabnya MINI juga akan berkolaborasi dengan seniman terkenal untuk mengekspresikan kreativitas mereka dengan model Mini klasik yang dirancang khusus dalam program MINI Recharged,” tambah Sebastian Beuche, Head of Mini Global Brand Managemen.

Belum ada informasi harga dalam program MINI Recharged ini, namun kabarnya biayanya jauh lebih murah daripada Anda membeli sebuah MINI elektrik terbaru.
ALVANDO NOYA / WH

Baca Juga: Viral! Ini Dia Mobil-Mobil Mewah yang Diberhentikan Polisi di Tol Andara, Harganya Milyaran

Sumber: Top Gear

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil MINI Pilihan

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza