New Honda Civic Type R Dirilis di Indonesia, Tampangnya Lebih Agresif

JAKARTA, Carvaganza – Setelah melakukan perkenalan perdana Agustus 2017 lalu, PT Honda Prospect Motor akhirnya meremajakan Honda Civic Type R dengan tampilan dan paket yang baru. Mmobil yang mengusung nilai sportif di setiap sudutnya ini, mendapat ubahan pada eksterior maupun interior yang membuatnya diklaim lebih agresif dibandingkan model sebelumnya.

Sentuhan baru pada eksterior New Honda Civic Type R terdapat di desain bumper depan dan belakang dengan ornamen diffuser serta penggunaan rear wing spoiler. Pada sisi lain juga tampak sentuhan khas balap seperti side skirt, carbon effect fiber serta underbody spoiler kit dengan aksen striping berwarna merah. Sedangkan untuk sektor pencahayaannya, New Honda Civic Type R mempercayakan sistem full LED Headlight dengan LED Daytime Running Lights (DRL). Selain itu, di bagian rodanya Civic Type R dibekali dengan velg berukuran 20 inci yang sudah dilengkapi fitur New Tire Pressure Monitoring (TPMS).

Honda Civic Type R 2021

Type R dikenal sebagai varian sport yang mengedepankan tingkat aerodinamika yang maksimal pada kendaraan. Type R yang berorientasi pada kendaraan balap juga sangat fokus dalam mengembangkan performa mesin  andalan Honda ini. New Honda Civic Type R yang baru dirilis ini merupakan pengembangan dari generasi ke-10 Honda Civic yang pernah mencatatkan rekor untuk mobil berpenggerak roda depan tercepat di sirkuit Suzuka. Saat itu, Honda Civic Type R memiliki catatan waktu 2 menit 23,993 detik.

Kemampuannya tersebut dihasilkan oleh mesin 4-silinder 2,0-liter VTEC Turbo yang dikawinkan dengan transmisi manual 6-percepatan. Paket tersebut menghasilkan tenaga maksimal hingga 308 hp dan letupan torsi yang mencapai 400 Nm pada putaran 2.500-4.500 rpm. Kabarnya pada model terbarunya ini, sistem transmisinya telah disempurnakan oleh Rev Match System yang memungkinkan mobil dapat mempertahankan momentum saat perpindahan gigi.

Honda Civic Type R 2021

“Honda merupakan brand yang terlahir di lintasan balapan dan Type R merupakan mobil Honda yang terinspirasi dari mobil balap, sehingga ini menjadi salah satu mobil istimewa bagi kami yang memiliki DNA balap yang kental dan sekaligus menjadi mobil sport satu-satunya yang kami jual di Indonesia. Semoga mobil ini dapat menjawab keinginan konsumen akan mobil sport yang memiliki performa maksimal, kenyamanan dan juga dapat menciptakan kesenangan berkendara dengan berbagai fitur dan pembaruan yang telah ditambahkan, “ kata Yusak Billy sebagai Business Innovation and Sales & Marketing Director, PT Honda Prospect Motor (HPM).

Interior New Honda Civic Type R menggusung tata letak yang kental akan aura mobil sport. Misalnya penggunaan sport seat yang dibalut material suede berkualitas berkelir merah dan lingkar kemudi yang dibungkus dengan kulit Alcantara dengan aksen merah.

Honda Civic Type R 2021

Pada model terbarunya ini, terdapat fitur New Wireless Charging di kabin depan pada konsol tengah yang berdampingan dengan Shift Knob berdesain baru. Selain itu, tersedia pula berbagai fitur pengendaraan salah satunya i-MID yang menyajikan pilihan mode pengendaraan, +R, Sport dan Comfort. Untuk menyokong kebutuhan hiburan di dalam kabin, New Honda Civic Type R dibekali dengan layar sentuh berukuran 7 inci yang bisa disambungkan ke smartphone.

New Honda Civic Type R telah dilengkapi dengan 6 airbag, Vehicle Stability Assist (VSA), Hill Start Assist (HSA ), dan Anti-Lock Braking System (ABS) dengan Electronic Brakeforce Distribution (EBD). Terdapat pula fitur kenyamanan dan keamanan lainnya seperti Rain Sensing Front Wipers, Walk Away Auto Door Lock, Auto Door Lock by Speed, dan Smart Entry System dengan Push Start Stop Button. Fitur Lane WatchTM yang dapat meminimalkan blind spot area juga telah terpasang.

New Honda Civic Type R tersedia dalam pilihan warna yaitu Rallye Red, Brilliant Sporty Blue Metallic, dan Championship White. Mobil ini dibanderol dengan harga Rp 1,177 miliar.

Aksesoris Mugen New Honda Civic Type R

Honda Civic Type R 2021

Kalau Anda merasa tampilannya masih kurang agresif, HPM juga menyediakan aksesoris Mugen untuk New Honda Civic Type R. Aksesoris yang ditawarkan antara lain, Front Under Spoiler, Side garnish, Rear Under Spoiler, Tailgate Spoiler, Carbon Door Mirror Cover, LED Tail Light, serta Metal logo Emblem Mugen yang tersedia dalam 2 warna, hitam dan putih.

Tidak hanya untuk mempermanis bagian eksterior, tersedia pula beberapa aksesoris untuk interior seperti Sports Steering Wheel, Engine Start/Stop Switch serta Sports Mat, Sports Luggage Mat, Carbon Shift Knob, Scuff plate. Selain itu terdapat juga beraga aksesoris pelengkap dari Mugen, seperti Ventilated Door Visor, Door Handle Protector, serta Door Inner Protector.
ALVANDO NOYA / RS

Artikel yang direkomendasikan untuk anda