Mobil Balap Jalan Raya, Porsche 911 GT3 2022 Lahir Pecahkan Rekor

WEISSACH, Carvaganza – Setelah diawali rangkaian teaser dan spyshot yang beredar, Porsche akhirnya resmi meluncurkan 911 GT3 generasi terbaru. Varian terkencang 911 generasi 992 saat ini tersebut akan meningkatkan daya saing 911 setelah kehebatan Turbo S taklukkan sederetan supercar. Namun, performa 911 GT3 lebih difokuskan pada kecepatan di atas lintasan.

Seperti tradisinya sejak lama, 911 GT3 adalah varian dengan spesifikasi seperti mobil balap kategori GT3 yang masih memenuhi regulasi legal jalan raya. Ibaratnya, 911 GT3 adalah versi jalan raya dari mobil balap GT3 Carrera Cup yang digelar sebagai one make race oleh Porsche. Peningkatan performa tentunya dilakukan oleh Porsche pada optimalisasi chassis, aerodinamika dan mesin.

Mesin bawaan GT3 adalah versi enam silinder 4,0 liter naturally aspirated (NA) yang bisa teriak sampai 9.000 rpm dan meluapkan tenaga 502 hp dengan torsi 469 Nm. Menggerakkan roda belakang, mesin dihubungkan oleh transmisi otomatis PDK alias dual-clutch, 7-percepatan, dengan opsi manual 6-percepatan juga tersedia.

Porsche 911 GT3

Dengan spesifikasi drivetrain ini, 911 GT3 bisa berakselerasi 0-100 km/jam dalam 3,4 detik saja untuk versi PDK. Sementara untuk versi bertransmisi manual, akselerasi serupa tidak terpaut jauh, dicapai dalam 3,7 detik alias 0,3 detik lebih lambat. Top speed yang bisa dicapai GT3 sendiri diklaim bisa menyentuh 320 km/jam.

Klaim Porsche lainnya, mesin pada mobil ini secara virtual sama alias identik dengan mesin yang dipakai oleh mobil balap 911 GT3 Cup yang baru. Terlebih dengan pengembangan untuk memberikan respons gas yang lebih tajam, spesifik berkat enam buah throttle body yang independen. Begitu juga dengan piston baru dan sistem lubrikasi dry-sump yang sebelumnya hanya ada pada model eksklusif 911 Speedster 2019. Bahkan transmisi PDK juga dikembangkan spesifik untuk 911 GT3.

Chassis generasi baru ini disebut mengalami perubahan pada sumbu roda depan yang lebih lebar 1,9-inci yang ditopang oleh suspensi double-wishbone untuk pertama kalinya. Tentunya suspensi baru di roda depan ini demi meningkatkan kestabilan saat menikung, termasuk pengendalian saat di tengah tikungan dengan permukaan bumpy. Selain itu, setir juga menjadi lebih direct dan presisi.

Sedangkan untuk roda belakang, as roda ditopang oleh suspensi multilink, disertai ball joint lebih banyak dari 911 standar. Secara keseluruhan, 911 GT3 tidak memiliki kesamaan komponen dengan varian 911 Carrera pada bagian suspensinya.

Porsche 911 GT3

Secara bobot, dibandingkan model  911 GT3 punya angka 1.418 kilogram saat kondisi kosong untuk varian manual. Sementara untuk versi transmisi PDK sedikit lebih berat, yaitu 1.435 kilogram. Diet berat badan diraih berkat material ringan yang dipakai pada kap depan, sayap belakang, serta spoiler di bawah sayap belakang. Komponen tersebut dibuat dari material CFRP alias carbon fiber reinforced plastic.

Bicara soal aerodinamika, salah satu faktor performa terpenting dari 911 GT3, terdiri dari lip spoiler depan adjustable dan adanya diffuser depan. Bagian side skirt bahkan dirancang khusus untuk memaksimalkan downforce dari bagian samping. Lalu di belakang, terdapat diffuser sangat besar dan sayap besar dengan penyangga berdesain swan-neck yang baru, tetap adjustable.

Klaim Porsche lagi, dalam posisi atau kondisi pengaturan normal, rangkaian aerodinamika 911 GT3 bisa hasilkan downforce 50 persen lebih baik dari pendahulunya. Sementara saat diatur untuk kebutuhan performa di trek, produksi downforce mobil ini mencapai sekitar 150 persen.

Porsche 911 GT3

Di dalam interior, upgrade yang diterapkan melalui setir multifungsi dengan fitur spesifik GT3, berdiameter 360 mm. Tombol fitur drive mode untuk pertama kalinya terpasang di setir untuk GT3 dengan tampilan Race-Tex. Ada opsi jok dengan versi Sports Seats Plus dan full carbon bucket yang bisa lebih ringan 11,8 kilogram. Sedangkan tuas transmisi versi PDK punya desain baru, yang mirip versi manual, dan tentunya lebih besar daripada standar 992.

Mobil ini akan dipasarkan oleh pabrikan asal Stuttgart ini pada pertengahan tahun ini. Harganya sendiri akan menyusul diumumkan oleh Porsche. Dengan 911 GT3 terbaru ini, Porsche bahkan sudah bisa mencatat rekor baru di Nubrugring Nordschleife, 17 detik lebih cepat dari generasi sebelumnya. 911 GT3 bisa menembus lap time di bawah 7 menit, yaitu tepatnya 6:59,927 menit. WAHYU HARIANTONO

Sumber: Carscoops

Artikel yang direkomendasikan untuk anda