Merasakan Hot Lap Bersama Safety Car Hyundai i30 N di Mandalika, Performanya Sadis!

Hyundai i30 N WSBK 2022

LOMBOK, Carvaganza - Di sela menghadiri seri World Superbike Championship (WSBK) 2022 yang digelar di Sirkuit Mandalika, Lombok, Indonesia, kami berkesempatan untuk merasakan performa safety car Hyundai i30 N. Hyundai memberikan kesempatan langka ini, mengajak media merasakan buasnya performa i30 N.

KEY TAKEAWAYS

  • Merasakan hot lap di Sirkuit Mandalika bersama Hyundai i30 N

    Mobil yang dipercaya menjadi safety car terbaru untuk WSBK 2022
  • Hot lap dikemudikan oleh official driver Nick Cursy

    Kami merasakan sensasi performanya dari kursi penumpang sambil digeber kencang
  • Awak redaksi kami di OTO.com berkesempatan untuk berkeliling Sirkuit Mandalika dengan panjang lintasan 4,31 kilometer menggunakan Official Safety Car WSBK yakni Hyundai i30 N Hatchback. 

    Pengalaman yang langka, sebab pada WSBK akhir tahun lalu kesempatan itu batal dilakukan karena pertimbangan kondisi sirkuit yang becek akibat guyuran hujan deras. Momen berada di balik interior i30 N dilakukan pada sesi sebelum Race 2 berlangsung di hari Minggu (13/11/2022).

    Hyundai i30 N WSBK 2022

    Sebagai informasi, Hyundai Motor Company telah menjalin kerja sama terkait penyediaan safety car WSBK sejak 2019 lalu. Nah di seri Mandalika tahun ini, jenama asal Korea Selatan itu menerjunkan versi terbaru i30 N facelift dan berbeda dengan model yang dipakai pada pengamanan WSBK 2021 lalu di mana varian Fastback yang dibawa.

    Baca Juga: Jadi Safety Car WSBK 2022 di Mandalika, Begini Ganasnya Hyundai i30 N Hatchback

    Kami hanya mendapat kesempatan 1 lap berkeliling Sirkuit Mandalika dengan Hyundai i30 N Hatchback. Seluruh kendali setir dipegang sepenuhnya oleh instruktur atau driver khusus safety car. Jadi dalam 1 mobil ini berisikan 4 orang, 2 di depan sebagai penumpang dan driver, serta 2 lagi merasakan duduk di belakang.

    Saya kedapatan duduk di baris ke-2, tepatnya kursi di sebelah kanan. Mobil sengaja dipacu agak cepat saat akselerasi awal. Yang saya rasakan adalah jambakan akselerasi yang luar biasa, seakan tubuh langsung tertarik ke belakang. 

    Dalam kondisi kecepatan tinggi dan di trek lurus, menjadi penumpang di belakang tak masalah. Namun ketika driver melakukan hard braking saat kecepatan di atas 190 km/jam lalu turun mendadak ke 85 km/jam dan langsung menikung, tubuh terasa terlempar meski sudah menggunakan sabuk pengaman.

    Mungkin penumpang depan tak akan merasakan hal itu, sebab 2 kursi di baris pertama menggunakan model bucket seat yang lebih proporsional untuk balapan. Model jok tersebut memang punya fungsi menopang tubuh ketika bermanuver atau berakselerasi.

    Hyundai i30 N Safety Car

    Raungan mesin gahar dan letupan knalpot ketika pergantian gigi terdengar jelas di balik kabin Hyundai i30 N. Ini menunjukkan bila hatchback 4 pintu tersebut bukanlah mobil sembarangan. Kami sudah membuktikannya dengan melahap Sirkuit Mandalika, meski hanya menjadi penumpang namun experience racing dari mobil ini sangat nampak.

    Kendali setir cukup mudah dijinakan oleh sang driver. Sementara bantingan suspensinya juga andal, sektor ini yang kami berikan 2 jempol. Sistem pengereman pada ke-4 rodanya baik, bisa melakukan deselerasi dengan tepat dan cepat ketika masuk atau keluar tikungan Sirkuit Mandalika.

    Di beberapa tikungan terakhir sebelum masuk garis finish, saya merasakan sedikit gejala oversteer. Ini sepertinya hal yang disengaja oleh driver, menginjak tuas gas secara dalam ketika masuk tikungan. Sensasi yang luar biasa, racikan sasis dan kaki-kaki dari safety car i30 N WSBK sukses menjaga mobil tersebut tetap dalam posisi yang aman.

    Hyundai i30 N Safety Car

    "Bagi saya sektor paling baik adalah chassis. Chassis i30 N menggunakan chassis racing dan dibenamkan ke dalam mobil yang dijual untuk massal. Dan mobil ini memenangkan TCR Championship kemudian chassisnya menang saat dipakai WRC. Jadi, ini adalah mobil balap yang dikemas dalam sebuah mobil harian," kata Driver Safety Car Hyundai i30 N di WSBK 2022 Mandalika, Nick Cursy dilansir oleh OTO.com.

    Baca Juga: Deretan SUV Ini Memiliki Catatan Aneh Sepanjang Eksistensinya (Bagian 1)

    Sangat singkat pengalaman duduk dan dipacu dalam kecepatan tinggi di Sirkuit Mandalika kemarin. Namun secara garis besar, i30 N memang mobil yang diciptakan dengan DNA balap, kriteria dan unsur fun to drive melekat kental pada mobil ini.

    Hyundai i30 N yang mengamankan jalannya balap WSBK 2022 Mandalika menggunakan mesin spek paling tinggi. Sejatinya mobil ini hadir dengan 2 versi mesin berbeda yakni Theta 2.0T GDI P PKG dan Theta 2.0T GDI STD. 

    Di balik kapnya bersemayam mesin dengan kubikasi tepat 1.998 cc, 4-silinder turbo yang mana untuk versi PKG mampu melontarkan tenaga maksimal hingga 285 hp dan torsi 392 Nm. Output itu kemudian disalurkan lewat transmisi kopling ganda wet-type 8-speed yang dilengkapi dengan paddle shifter dan tambahan new N performance untuk sensasi berkendara yang lebih agresif.

    Hyundai i30 N WSBK 2022

    Untuk meningkatkan performa di balap WSBK 2022, i30 N menggunakan beberapa peranti racing yang lebih advanced. Misalnya memakai velg aftermarket dari Braid dengan ban Pirelli P Zero berukuran 255/35 R19. Kemudian ubahan knalpot untuk memaksimalkan keluaraan tenaga dan membuat suara gemuruh mesin hothatch ini makin liar. 

    Ada beberapa fitur yang ditanam pada i30 N seperti N Power Sense Axle, N Corner Driving Differential, Rack Mounted Power Steering, Launch Control, Downforce Enhancements, Lap Timer, G-Force Meter, Shift Indicator, hingga peranti aerodinamika adaptif. Beberapa paket peranti tersebut sudah pasti untuk meningkatkan keasyikan dan kenyamanan ketika mobil digeber di lintasan sirkuit.
    (BANGKIT JAYA / WH)

    Baca Juga: TEST DRIVE: Chery Tiggo 8 Pro Gabungkan Performa Buas dan Teknologi Canggih

    Featured Articles

    Read All

    Mobil Hyundai Pilihan

    • Upcoming

    Updates

    Artikel lainnya

    New cars

    Artikel lainnya

    Drives

    Artikel lainnya

    Review

    Artikel lainnya

    Video

    Artikel lainnya

    Hot Topics

    Artikel lainnya

    Interview

    Artikel lainnya

    Modification

    Artikel lainnya

    Features

    Artikel lainnya

    Community

    Artikel lainnya

    Gear Up

    Artikel lainnya

    Artikel Mobil dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Road Test

    Artikel Mobil dari Zigwheels

    • Motovaganza
    • Review
    • Artikel Feature