TEST DRIVE: Chery Tiggo 8 Pro Gabungkan Performa Buas dan Teknologi Canggih

  • 2022/10/Chery-Tiggo-8-Pro-2022-1.jpg
  • 2022/11/Chery-Tiggo-8-Pro-Test-Drive-1.jpg
  • 2022/11/Chery-Tiggo-8-Pro-Test-Drive-6.jpg
  • 2022/10/DSC07549.jpg
  • 2022/11/Chery-Tiggo-8-Pro-Test-Drive-2.jpg
  • 2022/11/Chery-Tiggo-8-Pro-Test-Drive-3.jpg
  • 2022/11/Chery-Tiggo-8-Pro-Test-Drive-4.jpg
  • 2022/11/Chery-Tiggo-8-Pro-Test-Drive-5.jpg

JAKARTA, Carvaganza - Chery Tiggo 8 Pro, SUV teranyar berwujud garang diklaim bermain di level Honda Honda CR-V. Mobil ini tentunya harus memiliki spesifikasi mumpuni agar dapat bersaing kuat. Mengingat persaingan yang cukup ketat di segmennya. Apalagi ia merupakan brand baru, meskipun dulu pernah hadir di Indonesia. Kami pun berkesempatan mencoba langsung, tidak cuma di trek pendek tapi bertualang cukup jauh. Rute yang kami ambil yakni Jakarta - Bogor - Bandung.

Tiggo 8 Pro disuguhkan dalam dua varian : Luxury dan Premium. Kami kedapatan opsi tertinggi, Premium. Secara rupa ia punya aura mengintimidasi. Selain karena tubuhnya bongsor, ia dipenuhi garis bodi kekar dan banyak sektornya mengotak. Tampang misalnya, dibuat dominan berkat berbagai komponen masif. Grille segi delapan terkombinasi tepat dengan headlamp besar. Begitu pula under lips kontras bodi dan intake. Kemudian belakangnya tak kalah. Lampu kombinasi segi enam dipadukan diffuser yang terlihat jelas sekaligus menjadi rumah muffler ganda mengotak.

Sayangnya harus diakui gaya diterapkan tak memiliki efek kejut, lantaran umum. Padahal Chery bisa bereksperimen dengan mengaplikasikan desain inovatif atau bahkan nyeleneh. Ambil contoh Omoda 5 yang membawa nuansa futuristis dengan penggunaan komponen berbentuk unik. Tapi tak apa, toh pabrikan sukses mendapatkan wujud yang solid, ditambah konsep mewah yang menjadi modal untuk bersaing di segmen high SUV.

Chery Tiggo 8 Pro

Guna semakin menguatkan eksterior, berbagai komponen terkini dibenamkan. Penerangan sepenuhnya sudah LED. Dalam rumah lampu terdapat tatanan apik. Daytime Running Light membentuk huruf C ganda melingkupi headlamp dan sein. Pencahayaan utama model proyektor yang ditemani lampu sinyal berkisi-kisi atau biasa disebut matrix. Membuat matanya tajam dan elegan. Teknologi serupa diterapkan di belakang, mengizinkan bentuk stoplamp dimanipulasi dengan mudah. Hasilnya kekinian dan menegaskan kesan premium.

Baca Juga: Deretan SUV Ini Memiliki Catatan Aneh Sepanjang Eksistensinya (Bagian 1)

Perawakan Tiggo 8 Pro memang besar. Berdasarkan data dimensinya memiliki panjang 4.722 mm, lebar 1.860 mm dan tinggi 1.745 mm. Ukuran segini pas, sekalipun dihadapkan jalan sempit. Toh ada fitur yang bakal membantu (nanti kami ungkapkan). Kemudian jarak sumbu rodanya 2.710 mm, ini sangat mempengaruhi pengendalian. Karena proporsinya terasa tepat, membuat mobil lebih stabil saat diajak bermanuver. Terlebih lagi setingan itu bikin kabin terasa lapang. Ditambah lagi ground clearance yang tinggi, kemampuan menjelajah di berbagai kondisi jalan tentu mumpuni. Ini didukung velg 18 inci berbalut ban berprofil tebal 235/55. Komponen tersebut sekaligus menyempurnakan desain mobil, palangnya two tone tebal. Kontras sekali dengan bodi.

Masuk ke kabin, nuansa tak berbeda eksterior menyambut. Bisa dikatakan premium. Desainnya tak dipenuhi garis kompleks, kebanyakan tegas dan sederhana. Namun, secara bersamaan kesan ramai juga terpancar, karena penggunaan kombinasi warna. Meski tone-nya senada, tapi tetap saja jadi berlebihan. Ada hitam, black piano, perak, abu-abu, chrome dan coklat. Tapi tetap balik lagi ke selera.

Chery Tiggo 8 Pro

Sebelum menjelaskan kelengkapan interior, ada baiknya kita bahas dulu performanya. Unit yang kami coba nyatanya menggendong mesin bensin berkubikasi 2.0 liter dengan konfigurasi 4 silinder tersokong turbo. Bukan 1.6 liter seperti saat dikenalkan pertama kali. Setelan itu mampu menghasilkan tenaga sebesar 250 hp dan torsi 390 Nm. Angka yang tak main-main. Apalagi ia disandingkan dengan sistem transmisi otomatis dual-clutch 7-speed yang dikenal cepat memindahkan gigi.

Pembuktian pertama kami lakukan di sirkuit langsung. Tes jalan lurus dengan menginjak pedal gas dalam-dalam dari start. Jarum putaran mesin melejit cepat, tenaga dan torsi tertinggi pun tercapai. Saking besarnya, ban kami sampai berputar di tempat sebelum akhirnya melesat kencang. Lajunya bertambah kencang dan konstan, tak terasa speedometer telah menunjukkan 120 kilometer per jam. Performanya lebih dari cukup untuk menggerakkan badan besarnya. Namun, yang jadi perhatian adalah kestabilannya. Ada beberapa kemungkinan, antara kondisi jalan yang memang kurang baik atau spesifikasi bannya kurang mengakomodasi performa sebesar itu. Ini masih perlu pengujian lebih jauh.

Puas di sirkuit, jalan utama kami jajal. Performanya harus diakui sangat memuaskan. Akselerasinya responsif, sehingga memudahkan ketika menyalip kendaraan di depan. Berada di tol kami pun bergerak di batas kecepatan, nyatanya mobil tetap terasa stabil. Berpindah jalur pun tak perlu kerja keras. Setir yang menjadi berat turut membantu pengendalian. Ditambah suspensinya yang dibuat sedikit kaku. Walau memang harus diakui akan mengorbankan sedikit kenyamanan ketika bergerak pelan. Tapi komposisi ini membuat nyaman perjalanan di tol.

Keseruan berkendara diperkuat adanya sistem transmisi otomatis yang dapat dikontrol manual. Sayangnya, Chery tak menyematkan paddle-shift. Padahal keberadaannya bakal lebih praktis, ketimbang mengganti gigi lewat tuas persneling di konsol tengah. Tapi ini hal minor, soalnya terbayarkan dengan performanya. Apalagi Tiggo 8 Pro mempunyai pengaturan mode berkendara. Sport menjadi pilihan menarik bagi yang ingin merasakan seluruh kemampuan mobil. Kemudian ada Eco yang membuat mobil seperti tertahan lajunya. Wajar karena tujuannya menghemat bahan bakar.

Chery Tiggo 8 Pro

Bicara jalan bebas hambatan, fitur Cruise Control tentu jadi perhatian. Mobil yang kabarnya dibanderol setara Honda CR-V ini sudah punya, bahkan bersifat adaptif. Ia merupakan bagian dari advanced driving assist system (ADAS) yang dimiliki Tiggo 8 Pro. Fitur tersebut tentunya sangat membantu agar kaki tak terasa lelah. Kami pun merasa percaya diri, soalnya dibantu perangkat pencegah kecelakaan yang mengaplikasikan pengereman secara otomatis. Jarak antar kendaraan pun bisa diatur. Bahkan Chery cukup detail dengan menambahkan indikator rentang dalam meter.

Namun, ADAS Tiggo 8 Pro nyatanya tak begitu lengkap. Meski punya Blind Spot Detection dan Lane Departure Warning, ia tak memiliki koreksi arah ketika melewati garis lajur. Hanya ada peringatan. Padahal mobil turut dipasangkan pengenal rambu lalu lintas, harusnya perangkat Lane Keeping Assist ikut tertanam karena dapat meningkatkan keselamatan dan keamanan.

Baca Juga: Sama-Sama SUV Hybrid, Begini Perbandingan Wuling Almaz dan Toyota Corolla Cross

Seperti disebutkan sebelumnya, mobil memang terasa besar. Tapi tak persoalan karena mobil dipasangkan kamera di seluruh sisi. Ia adalah fitur kamera 360 yang menampilkan proyeksi sekitar mobil. Perangkat ini sangat membantu saat bermacet-macetan, kami jadi bisa melihat jarak dengan mobil lain di samping. Selain itu, ia sangat berfungsi saat melewati jalan sempit. Gambar tersaji di head unit pun begitu jelas, bahkan memiliki mode third person atau tiga dimensi.

Chery Tiggo 8 Pro

Bicara komponen itu, tak lepas dari dukungan head unit masif. Ukurannya 10,25 inci bergaya floating. Meski besar dan sedikit timbul dari dashboard, tapi tidak mengganggu pandangan pengemudi. Layar touchscreen itu punya respons sentuh yang sangat baik. Begitu juga suara yang dihasilkan dari speaker Sony, kualitasnya mumpuni. Makin nikmat lantaran mobil ini terasa sangat kedap. Di lain sisi, pengemudi dibantu panel instrumen yang juga menganut digital. Ia bahkan lebih besar lagi yakni 12,5 inci. Segala informasi soal kendaraan terpampang jelas. Bahkan displaynya bisa berubah mengikuti mode berkendara terpilih.

Jok bisa diatur baik dudukan maupun sandaran secara elektrik. Jadinya praktis, walau memang pergerakannya tak bakal secepat manual. Kemudi juga memiliki pengaturan teleskopik dan tilt. Sehingga bisa mengakomodasi berbagai macam karakter tubuh pengemudi. Lantaran mobil ini punya posisi yang tinggi, visibilitas tak jadi masalah. Titik buta yang biasanya disebabkan oleh pilar A juga minim.

Berbagai kemudahan ditawarkan Tiggo 8 Pro untuk mendapatkan kenyamanan terbaik. AC misalnya, kontrolnya menggunakan tuas kecil yang mudah dijangkau. Informasi pendingin kabin terlihat jelas melalui layar 8 inci di konsol tengah. Hal ini sukses membuat kabin terasa sangat mewah. Ditambah adanya wireless charger, fitur kekinian yang semakin umum belakangan ini. Sehingga gadget bisa terisi dayanya tanpa perlu ribet masalah mengurus kabel.

Makin menarik karena Chery mengaplikasikan Intelligent Voice Assistant. Fitur yang tanpa disadari belakangan sangat dipopulerkan para brand asal China. Bukan hanya untuk mengontrol multimedia, tapi juga fitur kendaraan yaitu jendela pintu bagasi, sunroof dan ambient light. Meski memang Anda harus menggunakan bahasa Inggris untuk memerintah. Pemahaman sistem pintarnya terhadap suara yang diterima cukup baik, bahkan penumpang di belakang juga bisa ikut memerintahkan. Tapi dengan syarat suaranya harus kencang. Keberadaannya sangat membantu pengguna Tiggo 8 Pro, bukan sekadar gimmick.

Chery Tiggo 8 Pro

Geser ke belakang, baris ini terasa lega baik ruang kaki maupun kepala. Jok juga bisa diatur posisinya untuk memberikan space bagi penumpang di baris ketiga. Ya, sebagai SUV 7 seater, akomodasi Tiggo 8 Pro terbilang baik. Rasa lapang terbantu pula oleh adanya panoramic sunroof. Begitu pula bagasi. Terdapat ruang yang cukup besar saat sandaran jok baris paling belakang ditegakkan. Bila ingin dimaksimalkan, pengguna bisa melipatnya hingga rata.

Bahkan jika ingin ekstra luas cukup lipat tempat duduk baris kedua. Proses melipatnya juga tak sulit. Untuk mengakses area ini juga mudah. Pintu bagasi bisa dibuka elektris lewat tombol di dashboard atau pintu atau memanfaatkan Automatic Sensing Tail Door. Fitur yang mengizinkan tailgate membuka secara otomatis ketika pengguna mendekati mobil dalam radius satu meter sambil mengantungi kunci. Sebuah kombinasi yang meningkatkan daya saing Chery Tiggo 8 Pro.

Secara keseluruhan Chery Tiggo 8 Pro layak menjadi pilihan. Kelengkapan fitur, performa andal dan visual menawan menjadi formula yang apik. Walau memang Chery masih memiliki tantangan berupa pembuktian durabilitas. Hanya waktu yang bisa menjawab ini. Tapi setidaknya bagi Anda yang bosan dengan mobil yang itu-itu saja, atau mencari alternatif berkemampuan mumpuni, Tiggo 8 Pro bisa jadi opsi tepat.
(MUHAMMAD HAFID / WH)

Baca Juga: Bridgestone Bongkar Teknologi Ban Resmi Bawaan Honda WR-V

Pelajari lebih lanjut tentang Chery Tiggo 8 Pro

  • Tampak Depan Bawah Chery Tiggo 8 Pro
  • Tampak samping Tiggo 8 Pro
  • Tampak belakang serong Tiggo 8 Pro
  • Tampak Depan Chery Tiggo 8 Pro
  • Tampak belakang Tiggo 8 Pro
  • Lampu depan Tiggo 8 Pro
  • handle pintu Tiggo 8 Pro
  • Pelek Tiggo 8 Pro
  • Tampak belakang Tiggo 8 Pro
  • Tampak belakang sisi tengah Tiggo 8 Pro
  • Tampak kanan Chery Tiggo 8 Pro
Chery Tiggo 8 Pro
Rp 518,5 - 548.5 Juta Cicilan mulai dari : Rp 11,83 Juta

Mobil Chery Lainnya

  • Chery Tiggo 7 Pro
    Chery Tiggo 7 Pro
  • Chery Tiggo 8 Pro
    Chery Tiggo 8 Pro
  • Chery Tiggo 4 Pro
    Chery Tiggo 4 Pro

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Chery Pilihan

  • Upcoming

Pilihan mobil untuk Anda

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Road Test

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza