Mengenal G-Vectoring Control, Teknologi Terbaru Mazda

Mengenal G-Vectoring Control, Teknologi Terbaru Mazda
HIROSHIMA, 22 Februari 2017 – Mazda Motor Corporation mengundang wartawan dari negara-negara ASEAN ke markas mereka di Hiroshima, Jepang untuk memperkenalkan teknologi terbaru mereka, G-Vectoring Control (GVC). Teknologi ini merupakan bagian dari program SkyActiv mereka.

GVC merupakan terobosan terbaru Mazda dalam meminimalisir G-force yang dirasakan penumpang dan pengemudi. Dengan begitu, pengemudi tak mudah lelah karena mobil lebih mudah dikendalikan dan koreksi setir lebih sedikit. Penumpang pun merasa lebih nyaman.

Konsep GVC sebenarnya sederhana, yaitu mensinkronkan antara mesin dengan powertrain. Sebelumnya, keduanya bekerja secara terpisah. GVC mengkoordinasikan antara mesin dengan input setir agar transisi energi lateral dan longitudinal akibat akselerasi bisa berjalan lebih mulus.

Mazda mengajak para wartawan merasakannya sendiri di Mine proving ground mereka. Dengan mobil demo Mazda3, kami diminta untuk ganti jalur secara mendadak. Dan benar saja. Tanpa GVC, body roll lebih terasa.

Tak berhenti di situ, kami disediakan trek berliku untuk merasakan responsivitas setir dan akselerasi. Dengan menggunakan new Mazda CX-5, mudah saja melaju dengan kecepatan konstan. Akselerasinya terasa berisi. Kecepatannya tunduk pada tekanan pedal gas. Menikung pun tak perlu banyak input setir. Saya bagaikan memegang kendali penuh atas mobil itu. Hal ini sesuai dengan slogan mereka, Jinba ittai (menyatu dengan kendaraannya).

Mazda juga cukup bernyali dengan menyediakan kompetitor CX-5, Nissan X-Trail, sebagai pembanding. Mau tak mau harus saya akui, perbedaannya begitu terasa.

Saat ini, GVC diaplikasikan pada mobil-mobil terbaru mereka, yaitu new CX-5, CX-3, Mazda3, Mazda2 dan Mazda6. Mereka berencana akan mengaplikasikannya untuk MX-5 dalam waktu dekat.

Ini dia video penjelasannya...

https://www.youtube.com/watch?v=WgKVPBx6RvE

MIRAH PERTIWI

Mobil Mazda Pilihan

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya