Melihat Perbedaan BMW 520i M Sport dengan BMW 530i Opulence

JAKARTA, Carvaganza – BMW Indonesia secara resmi memperkenalkan keluarga baru dari 5-series lewat 520i M Sport dan 530i Opulence. Keduanya merupakan rakitan lokal dari pabrik BMW Astra yang berada di Sunter, Jakarta Utara dan merupakan versi facelift dengan kode bodi G30 atau BMW menyebutnya versi Life Cycle Impulse (LCI).

BMW 5-series menghantarkan karakter dinamis milik 3-series dan nuansa kemewahan yang didapat dari 7-series. BMW melabeli 5-series sebagai sedan bisnis dengan karakter yang atletis. Bahkan untuk memberikan karakter yang lebih menonjol lagi BMW menghadirkan 520i M Sport yang sangat fokus pada tampilan sport dan BMW 530i Opulence yang kental dengan nuansa elegan.

Eksterior

BMW 520i M Sport

 

BMW 520i M Sport menyajikan desain eskterior yang cukup mencolok dengan spoiler belakang beraksen BMW M dan Individual Exterior Line Alumunium santinated di bagian samping. Sedangkan BMW 530i Opulence hadir dengan sentuhan-sentuhan krom di beberapa sudut eksteriornya. Mengingat fokus 530i Opulence hanya pada nilai kemewahan yang lebih menonjol dibalik sosok atletisnya.

Keduanya baik 520i dan 530i sama-sama dibekali dengan Adaptive LED dengan BMW Laserlight yang mengapit kidney grille BMW dengan finisihing krom. Beralih ke bagian roda keduanya juga sama-sama menggunakan velg berukuran 19 inci dengan desaiin Y spoke untuk 520i berkelir gelap dan W spoke dengan kelir yang lebih terang untuk 530i.

BMW 520i M Sport

Sedangkan pada buritannya kini semuanya menggunakan finisher knalpot trapesium dan merupakan standar pada model BMW Seri 5. Hanya saja terdapat sentuhan pada inlay apron belakang yang membentang dengan kelir gelap untuk model M Sport dan aksen krom untuk model 530i Opulence.

Interior

BMW 5-Series

Sebelum membahas apa yang berbeda di dalam kabin BMW 520i M Sport dan BMW 530i Opulence ada baiknya melihat standarisasi pada keduanya. Salah satunya adalah Control Display berukuran 12,3 inci yang menghadirkan berbagai menu pengendaraan dan menu hiburan nirkabel di dalamnya. Selain itu BMW Operating System 7 juga sudah disediakan sebagai konektivitas wireless Apple CarPlay dan Android Auto.

Untuk mengatur berbagai fungsi menu di dalam kabin, BMW 5-series menyediakan iDrive Touch Controller dan tombol kontrol di roda kemudi. Selain itu tersedia pula pengaturan suara Hey BMW dan BMW Gesture Control yang dapat digunakan sesuai kebutuhannya.

BMW Seri-5

Interior BMW 530i Opulence dibalut material Leather 'Dakota' dengan jahitan kontras di seluruh joknya. Kemudian material kulit tersebut melebur secara apik dengan sentuhan aksen Sensatec dan Fine-wood di di beberapa sudut seperti door-trim dan dashboard. Selain itu, BMW 5-series LCI ini juga dilengkapi dengan Comfort Seats yang dapat diatur secara elektris.

Sedangkan pada BMW 520i M Sport menghadirkan konfigurasi jok sportif dengan material kulit khas M yang juga membungkus lingkar kemudinya. Kemudian 520i M Sport juga menyematkan glass roof pada bagian atapnya dengan Aluminium Rhombicle Smoke Grey dan finisher krom. Tampilan di dalamnya jauh lebih sporti dibandingkan model 530i Opulence.

Pada sudut yang lain BMW 5-series juga menyematkan Roller Sunblind untuk penumpang di baris kedua selain berfungsi untuk menepis sinar matahari, ini juga dapat menambah privasi penumpang di ruang belakang. Kedua varian baik 520i dan 530i memiliki konfigurasi pelipatan kursi belakang 40:20:40, through-loading yang sangat berguna untuk muatan yang cukup banyak seperti golf bag dan koper besar.

Mesin

BMW Seri-5

New BMW 520i M Sport dilengkapi dengan mesin 4-silinder 2,0-liter TwinPower Turbo yang menghasilkan tenaga maksimal 184 hp dengan torsi puncak 290 Nm. Mesin tersebut dikawinkan dengan transmisi otomatis Steptronic 8-percepatan. Bermodal tenaga dan torsi tersebut, BMW 520i M Sport mampu melesat dari 0 - 100 km/jam dalam 7,8 detik.

BMW Seri-5

Sedangkan BMW 530i Opulence dibekali dengan mesin 4-silinder 2,0-liter TwinPower Turbo yang menghasilkan output maksimum 252 hp dengan torsi puncak 350 Nm. Tenaga dan torsi tersebut dihantarkan melalui transmisi otomatis Steptronic 8-percepatan dan mampu berakselerasi dari 0 - 100 km/jam dalam hanya 6.1 detik.

Untuk memberikan pengalaman berkendara yang lebih maksimal New BMW 5-series juga menyediakan serangkaian sistem bantuan seperti Park Assistant untuk 520i M Sport dan Park Assistant Plus untuk 530i Opulence.

BMW 530i Opulence

Fitur ini memudahkan untuk melakukan manuver saat parkir paralel mencakup Reversing Assistant. Seri-5 bisa memarkir dirinya sendiri di tempat parkir. Jadi Anda cukup fokus memantau situasi di sekitar kendaraan lewat kamera Surround-View. Sebagai tambahan, saat berkendara pengemudi BMW 530i Opulence juga dibantu fitur Lane Departure Warning, Lane Change Warning dan masih banyak lagi fitur keselamatan lainnya. ALVANDO NOYA / RS

Artikel yang direkomendasikan untuk anda