Beranda Updates KTB: Truk Mitsubishi Fuso Siap Konsumsi B30

KTB: Truk Mitsubishi Fuso Siap Konsumsi B30

JAKARTA, Carvaganza.com – PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), pemegang merek Mitsubishi Fuso di Indonesia, mengatakan produk-produk Fuso siap mengkonsumsi B30. Pernyataan ini disampaikan menyusul implemenrasi penggunaan bahan bakar B30 yang dilakukkan pemerintah sejak awal Januari lalu.

Jenis bahan bakar ini sendiri merupakan campuran antara minyak sawit mentah sebanyak 30 persen, dengan 70 persen solar. Ia menjadi perluasaan dari kebijakan terdahulu, yakni B20. Melihat hal ini, KTB sudah melakukan pengujian terhadapnya. Pengetesan dilakukan bersama pemerintah. Waktu itu, produknya yakni Canter melibas jalur sejauh 40 ribu kilometer. Hasilnya, tak ditemukan kerusakan pada bagian mesin.

“Sebagai regulasi pemerintah, Fuso akan mendukung kebijakan tersebut. Secara internal kami juga sudah melakukan road test internal B30 terhadap beberapa produk kami,” kata Head of PR & CSR Department KTB Dony Hermawan di Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

Namun, penggunaannya dikhawatirkan mempengaruhi saringan bahan bakar. Komponen ini diyakini akan lebih cepat diganti dari anjuran rutin yang diberikan pabrikan. Penyebabnya adalah sifat pencuci yang dimiliki B30. Ia membuat kandungan logam yang terkandung menyumbat filter bahan bakar.

Penyesuaian Produk

Menanggapi kondisi ini, KTB telah mengantisipasinya dengan melakukan penyesuaian produknya yang baru. Sementara untuk kendaraan yang sudah beredar di jalan, konsumen diminta tak perlu khawatir. Mereka siap membantu apabila terjadi permasalahan. KTB pun telah mensosialisasikannya kepada konsumen terkait pemakaian B30, lewat jaringan dilernya dan social media.

“Kalau secara produk kan kemarin, kita kan tidak harus banyak perubahan spesifikasi ya. Cuma ada penambahan suku cadang, terutama di saringan bahan bakar. Perubahan secara khusus kita tidak ada,” terang Deputy Group Head of Branding Ground KTB Toto Sudaryanto.

Walau begitu, KTB belum mempersiapkan program khusus yang berhubungan dengan permasalahan B30. Lantaran pihaknya masih melihat kondisi di lapangan dan terus mempelajarinya. Tapi, bagi konsumen yang merasa takut, bisa segera mendatangi bengkel resmi terdekat untuk melakukan penggantian. KTB pun telah menyiapkan komponennya.

“Secara after sales servis, kita akan lihat hasilnya. Saat pengujian kan tidak ada kendala, jadi masih bisa berjalan normal. Untuk saat ini sih kita belum ke sana, tapi kita sedang siapkan. Kalau memang tidak ada masalah, ya tidak perlu penggantian kan. Untuk promonya sih kita belum siapkan,” tutup pria yang akrab disapa Toto ini.

Baca juga: Semua Truk Fuso Aman Tenggak B30
Baca juga: Mitsubishi Fuso Siapkan Truk Baru dan Elektrik di GIICOMVEC 2020

MUHAMMAD HAFID | RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Ada Investasi Rp 295 Triliun, Indonesia akan Punya Pabrik Baterai EV

JAKARTA, Carvaganza.com – Semakin gencar tren industri otomotif global bergeser ke arah elektrifikasi belakangan ini, turut terjadi di Indonesia. Walaupun pasar belum sepenuhnya terbentuk,...

Perjalanan Honda Accord, Dari Hatchback Sampai Mesin V6 (Bagian 1)

JAKARTA, carvaganza.com – Pada 12 Oktober kemarin, pabrikan Honda telah meluncurkan Accord terbaru model tahun 2021. Ragam penyempurnaan dan perubahan dilakukan pabrikan sebagai langkah...

9 Keuntungan Membeli MG ZS Selama Oktober 2020

JAKARTA, Carvaganza -- MG ZS, crossover compact buatan brand yang berkantor pusat di London, Inggris, ini memang punya harga yang relatif lebih murah dibanding...

Status di F1 Belum Jelas, Grosjean Lirik Proyek Peugeot di Le Mans

PARIS, Carvaganza.com – Sebagai seorang pembalap kelas dunia, berlaga membela tim atau pabrikan dari negara sendiri tentu menjadi kebanggaan tersendiri. Hal tersebut baru-baru ini...

Edisi Khusus BMW M3 E30 dan M4, Kolaborasi Otomotif dan Fashion Premium

MUNICH, Carvaganza.com – Menyambut lahirnya sport coupe terbaru generasi kedua BMW M4, BMW merilis model eksklusif yang disandingkan dengan satu model ikoniknya. Dengan pendekatan...