Kia Niro Terbaru Debut Pekan Ini, Tampangnya Bakal Sangat Mirip Habaniro Concept

  • Kia Niro Teaser
  • Kia Niro Teaser
  • Kia Niro Teaser

SEOUL, Carvaganza – Peluncuran generasi terbaru dari Kia Niro dijadwalkan dalam beberapa hari ke depan dan sekaligus menjadi model yang didesain sebagai penyedia solusi mobilitas berkelanjutan. Kia belakangan cukup masif dalam meluncurkan model listrik, sebelum kehadiran Kia Niro pabrikan ini juga sempat mengenalkan KIA EV9 pada minggu lalu. 

Kia EV9 sendiri merupakan kendaraan konsep yang memiliki desain cukup agresif dan merupakan salah satu jajaran kendaraan listrik yang akan diproduksi dalam waktu dekat. Wujud siap produksinya sendiri juga akan kembali diperkenalkan pada Seoul Mobility Show 2021. 

Kembali lagi ke Kia Niro yang menjadi salah satu model paling penting bagi pabrikan sejak diluncurkan pada 2016 lalu. Kendaraan yang didesain oleh Peter Schreyer ini kabarnya menjadi salah satu model paling laris di Inggris dan berhasil mencatatkan penjualan hingga 61.000 unit. Awalnya pabrikan membuatnya sangat eksklusif bahkan untuk mendapatkannya konsumen harus melakukan pemesanan terlebih dahulu.

Kia Niro Teaser

Berbeda dengan model listrik lainnya, Niro versi produksi sendiri merupakan kendaraan listrik yang berdiri di atas platform pembakaran internal yang sudah disesuaikan. Sementara pada generasi keduanya ini Kia Niro juga dikabarkan akan menawarkan varian yang lebih lengkap mulai dari hybrid, plug-in hybrid (PHEV) dan listrik murni.

Baca Juga: Untuk Kolektor Sejati, Ferrari Daytona SP3 Lahir Bergaya Mobil Balap Retro

Sedangkan desain yang ditawarkan pada generasi keduanya ini, Niro tampil lebih maskulin dengan guratan SUV sejati di eksteriornya. DNA tersebut kabarnya juga diambil dari konsep HabaNiro yang dikenalkan pada 2019 silam yang menonjolkan elemen “kasar” sekaligus modern dalam satu paket. 

Sama seperti yang ditawarkan oleh mobil konsep Kia EV, dalam pengembangannya Niro juga merupakan bagian dari upaya keberlanjutan pabrikan di masa depan. Disebutkan bahwa desainnya berorientasi pada kenikmatan berkendara yang maksimal namun tetap fokus pada kendaraan yang ramah lingkungan.

Kia Niro Teaser

Salah satu ubahan yang bisa kita lihat adalah tema two tone pada bodi eksteriornya dan desain fascia depan yang disempurnakan termasuk menggunakan grille Tiger Nose dengan desain terbaru. Beralih ke interiornya, Kia Niro akan menggunakan tema yang sama yang terdapat pada EV6 terbaru. Salah satunya ialah desain konsol tengah yang dibuat asimetris dengan lingkar kemudi berpalang tunggal serta dashboard yang menampilkan tata letak yang lebih segar. Di samping itu, layanan hiburannya akan berpusat pada layar ganda berukuran besar yang menyambung dengan layar cluster meter di balik kemudi. 

Sayangnya belum ada informasi detail mengenai spesifikasi performa yang akan digunakan oleh Kia Niro. Namun jika masih menggunakan mesin lama maka SUV listrik ini punya baterai berkapasitas 64 kWh yang menghasilkan tenaga 200 hp. Sementara itu pada varian hybrid, Kia membekali dengan mesin 4 silinder 1.6 liter dan baterai berkapasitas 8,9 kWh yang dikawinkan dengan transmisi otomatis 6-percepatan. (ALVANDO NOYA / WH)

Baca Juga: AkzoNobel Lanjutkan Kemitraan dengan Mercedes-Benz, Tawarkan Inovasi Perawatan Cat Mobil

Sumber: Autocar

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil KIA Pilihan

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya