Honda Step WGN Pernah Mampir Di Indonesia, Bakal Jadi Rival Toyota Voxy?

  • All-New Honda Step WGN

JAKARTA, Carvaganza - Pada tanggal 7 Januari mendatang, pabrikan Honda Motor Co. Ltd., bakal merilis sebuah produk baru All-New Honda Step WGN. Sebuah MPV berkapasitas 8 penumpang yang sekarang ini beredar di Jepang.

Menurut informasi, dulu MPV medium ini pernah didatangkan ke Indonesia untuk jadi bahan studi dan rencananya bakal dipasarkan di sini.  Kehadirannya jauh sebelum kedatangan Toyota NAV1 dan ToyotaVoxy. Waktu itu baru ada Nissan Serena  sebagai rivalnya. Namun, entah kenapa model tersebut tidak beredar, mungkin karena secara pasar tidak feasible

Model Step WGN teranyar tersebut akan dirilis secara virtual via Youtube Honda dan merupakan generasi keenam sejak generasi pertama dirilis ke pasar domestik Jepang tahun 1996 lalu. Nah waktu itu di Jepang lagi booming mobil MPV dengan layout cabover, Honda malah menganut layout yang berbeda untuk Step WGN. Mesinnya tetap di depan, tidak pas di bawah tempat duduk pengemudi.

Layout Cabover atau disebut juga Cab Over Engine (COE) adalah mobil dengan format kabin di atas mesin. Alias kendaraan tanpa hidung seperti yang banyak digunakan pada mobil jenis truk atau mobil komersial ringan seperti Mitsubishi L300, Suzuki Carry atau Daihatsu Gran Max. Di Amrik mobil seperti ini disebut cab forward, di Kanada disebut flat nose dan di Inggris disebut forward control. Perlu diketahui bahwa kata WGN dari mobil MPV Honda ini adalah singkatan dari wagon.

Honda Step WGN generasi pertama Honda Step WGN generasi pertama

 

Pintu bagian penumpang Step WGN waktu itu sudah sliding, seperti Honda Freed. Kendaraan dibangun dengan basis Honda Civic agar harganya bisa terjangkau. Pilihan mesin dan transmisinya cuma satu, hanya ada 4 silinder segaris 2.0 liter dengan transmisi CVT. Untuk mengurangi cost, desain mobil mengurangi pemakaian panel-panel dan komponen dari baja.

Sebagai kendaraan MPV, Honda Step WGN memiliki kabin yang lapang. Panjangnya nyaris 5 meter alias 4.705 mm, lebar 1.695 mm dan tinggi 1.815 mm. Wheelbase 1.855 mm sehingga untuk mengakomodasi 7 penumpang saat itu cukup lega. Yang lucunya di baris kedua terdapat bangku kecil layaknya mobil-mobil van jadul, khususnya van Jepangan. Untuk baris ketiga, tergolong lega karena bisa muat penumpang dewasa.

Generasi pertama sempat mendapatkan facelift di tahun 1997 di mana semua tipe sudah ABS dan dual SRS Airbag sebagai peranti standar. Tahun 1999 juga mendapatkan facelift berupa perubahan desain lampu depan dan posisi nomor polisi digeser sedikit lebih bawah.

Generasi kedua diluncurkan pada April 2001. Terdiri dari dua pilihan mesin yakni kode K20A 4 silinder segaris 2.0 liter dengan tenaga 157 hp dan opsi K24A 2.4 liter dengan hasilan tenaga 160 hp. Mendapat peningkatan dari segi kenyamanan dan interior dibuat lebih elegan serta mewah agar penumpang betah berlama-lama di dalamnya.

Generasi ketiga diluncurkan pada tahun 2005 dengan mendapatkan sedikit update pada tahun 2006 dengan penambahan fitur keselamatan dan kenyamanan. Generasi keempat dirilis pada 2009 dan generasi kelima dilahirkan pada tahun 2015.

Honda Step WGN Generasi Kelima Honda Step WGN generasi kelima

 

Waku Waku Gate

Model generasi kelima ini mendapatkan perubahan tampang besar-besaran. Sekilas tampilan fascia depan mirip dengan Toyota Voxy. Dimensinya pun mirip-mirip dan kapasitas penumpang sama, 7 penumpang. Generasi kelima dirilis pada April 2015 dengan menyediakan tiga pilihan mesin termasuk Hybrid.

Honda Step WGN generasi kelima juga sudah dilengkapi dengan Honda Sensing dan juga kelengkapan kenyamanan yang lebih canggih lagi. Yang menariknya, untuk pertama kalinya Honda memperkenalkan sistem pintu belakang (tailgate) yang cukup inovatif, pabrikan menyebutnya Waku Waku Gate (Waku-Waku dalam bahasa Jepang artinya ‘menarik’). Di mana pintu belakang bisa dibuka ke atas secara penuh dan bisa dibuka setengah ke samping.

Waku waku gate ini mengingatkan pada inovasi yang dilakukan oleh Honda pada CR-V generasi pertama dan generasi kedua dengan meja piknik dan kaca belakang model split.

Honda Step WGN tampak belakang Honda Step WGN generasi kelima tampak belakang dengan waku waku gate

Bagaimana dengan generasi keenam yang bakal meluncur di Jepang? Belum ada keterangan mendetail tentang mobil yang baru. Pabrikan baru merilis teaser berupa foto eksterior dan interior, namun kemungkinan Waku Waku Gate masih akan tetap dipertahankan, begitu juga dengan Honda Sensing. Tak lupa pula peningkatan dalam fitur infotainment.

Kalau melihat indikasinya, Honda kemungkinan besar bakal memasarkan Step WGN di Indonesia. Pasalnya mobil ini sudah dipasarkan di Thailand lewat varian Honda Step WGN Spada. Yang tanggal 7 Januari nanti dirilis di Jepang terdiri dari dua varian yakni Step WGN Air dan Step WGN Spada. Jika nantinya masuk di Indonesia, mobil MPV medium tersebut bisa menjadi kompetitor keras Toyota Voxy. (EKA ZULKARNAIN)

Sumber: ragam sumber

Baca juga:  Honda Rilis Mobil MPV Baru Step WGN 7 Januari Mendatang

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Honda Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya