Honda Memulai Pembangunan Pabrik Mobil Listrik di Cina

Pabrik mobil listrik Honda di Cina

BEIJING, Carvaganza – Dibandingkan dengan kompetitornya, PT Honda Prospect Motor (HPM) di Indonesia mungkin ‘lebih pendiam’ dalam hal kehadiran mobil listrik di pasar nasional. Bahkan tak ada mobil elektrifikasi Honda yang dipasarkan di domestik saat ini, meski dulu pernah punya lewat Honda CR-Z.

KEY TAKEAWAYS

  • Apa nama perusahaan Honda yang membangun pabrik mobil listrik di Cina?

    GAC Honda Automobile Co., Ltd (GAC Honda) dengan lokasi di Guangzhou Economic and Technological Development District, Propinsi Guangdong.
  • Berapa luas lahan pabrik mobil listrik Honda di Cina?

    Seluas 400.000 meter persegi dengan total investasi yang ditanamkan sebesar 3,49 milyar R.M.B
  • Tapi siapa bilang? Kemarin Honda Motor Co., Ltd. sudah menjalin aliansi dengan perusahaan elektronik raksasa Sony Group Corporation untuk membuat mobil listrik. Mereka mendirikan perusahaan bernama Sony Honda Mobility Inc. yang bakal memproduksi dan menjual mobil listrik mulai 2025 mendatang. Bahkan sampai 2030 mendatang, Honda bakal memproduksi 30 mobil berbasis listrik baru untuk pasar global.

    Kelanjutan dari langkah besar Honda untuk memproduksi mobil berbasis listrik juga diwujudkan dengan bukti baru. Honda Motor China Investment Co., Ltd. mengumumkan bahwa GAC Honda Automobile Co., Ltd (GAC Honda) sudah memulai pembangunan pabrik baru untuk memproduksi mobil listrik.

    Pabrik mobil listrik Honda Cina

    PT Honda Prospect Motor (HPM) selaku APM dalam siaran persnya menyatakan bahwa pabrik itu dibangun di Cina di atas lahan seluas 400.000 meter persegi di Guangzhou Economic and Technological Development District, Propinsi Guangdong. Nilai total investasi yang ditanamkan sebesar 3,49 milyar R.M.B.

    Pabrik ini ditargetkan selesai pada tahun 2024 mendatang dan juga dapat menghasilkan total produksi sebanyak 120.000 unit setiap tahunnya.

    Selain itu, Honda juga sudah menyampaikan bahwa akan meluncurkan sepuluh kendaraan berbasis listriknya yaitu e: N Series pada tahun 2027 mendatang. Model-model tersebut akan diproduksi di pabrik GAC Honda dan juga di Dongfeng Honda. Sehingga ketika kedua pabrik tersebut sudah dapat beroperasi di tahun 2024 mendatang, Honda memproyeksikan total kumulatif kapasitas produksi dari kedua pabrik tersebut dapat mencapai 1.73 juta unit per tahunnya.

    GAC Honda Automobile Co., Ltd sendiri sudah berdiri sejak bulan Juli 1998 dengan nilai total investasi sebesar 541 juta USD dengan kepemilikan sebesar 40% dari Honda Motor Co., Ltd, kemudian 10% Honda Motor (China) Investment Co., Ltd dan 50% Guangzhou Automobile Group Co., Ltd. (GAC Group).

    Kerjasama Honda dengan Sony Kerjasama Honda dengan Sony

     

    Kabar terbaru mengenai langkah Honda memproduksi mobil listrik ini menepis keraguan publik nasional terhadap kiprah pabrikan di area tersebut. Pasalnya, kalangan kompetitor Honda, bahkan yang dari Cina sudah memamerkan rangkaian mobil listriknya ke khalayak. Bahkan unjuk pamer itu dilakukan di pameran otomotif bergengsi untuk memperlihatkan kemampuan teknologi masing-masing.

    Misalnya, Wuling punya Wuling EV yang dilibatkan sebagai kendaraan resmi KTT G-20 di Bali Oktober mendatang. Toyota dengan serangkaian mobil elektrifikasinya dari mulai Toyota Coms dan C+pod sampai Lexus UX 300e, begitu juga dengan Nissan dengan Nissan Leaf-nya. (EKA ZULKARNAIN)

    Baca juga:  Honda Mulai Invasi Segmen Mobil Listrik, Diawali HR-V Versi Elektrik

    Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

    Mobil Honda Pilihan

    • Upcoming

    Updates

    Artikel lainnya

    New cars

    Artikel lainnya

    Drives

    Artikel lainnya

    Review

    Artikel lainnya

    Video

    Artikel lainnya

    Hot Topics

    Artikel lainnya

    Interview

    Artikel lainnya

    Modification

    Artikel lainnya

    Features

    Artikel lainnya

    Community

    Artikel lainnya

    Gear Up

    Artikel lainnya

    Artikel Mobil dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Road Test

    Artikel Mobil dari Zigwheels

    • Motovaganza
    • Review
    • Artikel Feature