Daihatsu Catat Peningkatan Penjualan Sepanjang 2022, Pasar Jawa Tengah Berkembang

Daihatsu All New Xenia

JAKARTA, Carvaganza - Peningkatan penjualan diraih oleh Daihatsu sepanjang tahun ini berlangsung, dibandingkan tahun lalu. Dari periode Januari sampai Oktober 2022, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengumumkan total penjualan sekitar 157.327 unit, yang diklaim meningkat 33 persen dibandingkan periode sama untuk tahun lalu.

KEY TAKEAWAYS

  • Daihatsu mengumumkan peningkatan penjualan sepanjang Januari - Oktober 2022

    Dibandingkan tahun lalu meningkat 33 persen, dengan total penjualan 157.327 unit
  • Tahun lalu, Daihatsu mencatat penjualan 118.089 unit dalam periode yang sama. Daihatsu juga menonjolkan peningkatan penjualan di kawasan Jawa Tengah. Sementara untuk pasar nasional sendiri, tahun ini telah mencatat retail sales sekitar 822 ribu unit untuk Januari-Oktober. Angka tersebut naik sekitar 21 persen dibanding tahun lalu, yang sebanyak 677 ribu unit.

    Kalau dilihat dari hasil persentase, raihan retail Daihatsu secara nasional selama 10 bulan ini lebih besar dibandingkan pasar otomotif nasional. Selain itu, market share ADM jua meningkat menjadi sebesar 19,1 persen, naik sebesar 1,7 persen dibanding YTD Oktober 2021 sebesar 17,4 persen.

    Pabrik Daihatsu

    Volume dan kontribusi model lingkup nasional tetap didominasi oleh top 3 model. Pertama, Sigra sebanyak 38.628 unit, atau berkontribusi sekitar 24,6 persen. Disusul Granmax PU (pick up) sejumlah 37.713 unit (24 persen) dan Xenia dengan raihan 20.660 unit (13,1 persen).

    Jawa Tengah

    Sedangkan pada periode berbeda hingga September 2022 khusus area Jawa Tengah, berdasarkan data Polreg (Police Register). Pasar otomotif berada di kisaran 54 ribu unit. Secara rata-rata bulanan, penjualan bulanan lebih dari 6 ribu unit, atau naik 4 persen dibandingkan periode yang sama 2021 sekitar 5.700 unit.

    Baca Juga: Nissan Serena Generasi Baru Lahir, Andalkan Fitur ADAS Dan Elektrifikasi

    Pada periode yang sama, hingga September 2022 penjualan Daihatsu di Jawa Tengah berdasarkan data Polreg, mencapai 11.171 unit. Dari capaian ini, secara rata-rata bulanan berada di sekitar lebih dari 1.200 unit, atau naik hingga 22 persen dibandingkan rata-rata penjualan bulanan periode 2021 sekitar 1.000 unit. Tahun lalu pangsa pasar 20,6 persen.

    Unit paling banyak diminati hingga September 2022 di Jawa Tengah didominasi oleh top 3 model. Model paling disukai sedikit berbeda dari penjualan nasional. Sebagai sahabat usaha, Granmax PU laku sebanyak 318 unit (25,6 persen). Di Jateng banyak bertumbuh UMKM dan sektor industri. Kemudian barulah kendaraan penumpang. Sigra laku 249 unit (20,1 persen) dan Xenia 173 unit (13,9 persen).

    Daihatsu Sigra

    “Kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan pelanggan. Khususnya di Jawa Tengah atas kesetiaannya memilih Daihatsu. Apalagi di booth Daihatsu di GIIAS 2022 Semarang kemarin menyediakan beragam paket penjualan, khusus selama pameran berlangsung,” terang Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) dalam laporan bulanan.
    (ANJAR LEKSANA / WH)

    Baca Juga: Dijual Rp419 Juta, Dapat Apa Saja Di Toyota Kijang Innova Zenix Varian G CVT?

    Featured Articles

    Read All

    Mobil Daihatsu Pilihan

    Updates

    Artikel lainnya

    New cars

    Artikel lainnya

    Drives

    Artikel lainnya

    Review

    Artikel lainnya

    Video

    Artikel lainnya

    Hot Topics

    Artikel lainnya

    Interview

    Artikel lainnya

    Modification

    Artikel lainnya

    Features

    Artikel lainnya

    Community

    Artikel lainnya

    Gear Up

    Artikel lainnya

    Artikel Mobil dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Road Test

    Artikel Mobil dari Zigwheels

    • Motovaganza
    • Review
    • Artikel Feature