BMW M4 GT3 Siap Digeber 24 Jam di Nurburgring, Setirnya Bisa Dipasang ke Simulator

NURBURG, Carvaganza – BMW M Motorsport akan segera perkenalkan BMW M4 GT3 yang saat ini tengah menjalani uji coba trek 14.000 km selama 70 jam. Setelah BMW akan merilis mobil ‘buas’nya tersebut pada balapan 24 Hours of Nurburgring yang digelar 26 Juni 2021 mendatang. 

Julukan buas di atas memiliki alasan pasalnya BMW M4 GT3 ini memiliki catatan performa yang menakjubkan. Hadir sebagai penerus dari M6 GT3, BMW M4 GT3 dibekali dengan mesin 6 silinder 3.0 liter dengan kode P58 dan sokongan M TwinPower Turbo. Paket mesin tersebut menghasilkan tenaga maksimal 590 hp dan torsi yang mencapai 700 Nm.  

Sebelumnya pada BMW M6 pabrikan menggunakan mesin dengan konfigurasi V8 4.4 liter yang menghasilkan tenaga 580 hp. Namun dengan mesin yang lebih kecil dengan sudut kemiringan yang disesuaikan BMW M4 GT3 memiliki bobot lebih ringan 40 kg. Selain itu pabrikan juga melakukan beberapa penyesuaian seperti penggunaan sistem oli kering, crankcase baru, menyesuaikan cylinder head, crankshaft dan as roda.

BMW M4 GT3 2021

Pada bagian lain di ruang mesin juga sistem intake yang dibagi dua serta sistem pembuangan knalpot dengan jalur yang berbeda. Ditambah lagi dengan penggunaan sistem kopling eletctro-hydraulic terbaru.

Di samping menawarkan performa yang maksimal, BMW M Motorsport juga menyampaikan bahwa mesin P58 ini juga yang paling efisien untuk digunakan dalam jangka panjang. Salah satunya adalah jarak interval servis untuk mesin dan transmisi otomatis 6-percepatan Xtrac cukup lama sehingga bisa memangkas biaya penggantian onderdil. 

Bahkan BMW juga memudahkan penyetelan ulang saat lingkar kemudinya dipasangkan ke mobil, sama seperti mencolokkan sebuah laptop. Berbicara tentang lingkar kemudi atau setir, ini merupakan kerjasama BMW dan Fanatec yang tidak hanya bisa digunakan pada BMW M4 GT3 sungguhan juga bisa dipakai untuk mobil simulator tanpa seting ulang.

Selain Fanatec, BMW juga bermitra dengan Akrapovic untuk sistem knalpotnya, Endless untuk rem, H&R dan KW Automotive untuk komponen suspensi, serta Schaeffler dan Shell untuk supplier pelumas.

BMW M4 GT3 2021

Sementara itu berbicara tentang desain BMW M4 GT3 tentu saja sangat mencolok karena merupakan mobil balap enduro yang mengedepankan tingkat aerodinamika di setiap sudutnya. Menggunakan basis BMW 4-Series yang tampak dari desain grille terbarunya serta lampu LED berbentuk L serta atapnya disematkan dua sirip memanjang untuk memandu aliran udara saat berakselerasi. 

Di bagian belakang, Anda akan melihat guratan garis yang lebih tebal di setiap sisinya  melebar 75 mm dan sayap khas GT yang besar. Lampu belakang menggunakan LED dan desain bumper terbaru dengan menggunakan diffuser yang besar. Kabinnya sudah disesuaikan dengan standar FIA dan posisi kemudi, pedal, dan konsol tengah yang disesuaikan dengan pengemudi.

BMW M4 GT3 akan dijual secara umum dan untuk menebusnya Anda membutuhkan biaya 415.000 Euro lebih murah dari pendahulunya M6 GT3. Selain itu jika ingin mendapatkan Competition Package, Anda juga akan dikenakan biaya tambahan dengan fasilitas tambahan berupa latihan eksklusif dengan Simulator BMW M4 GT3.
ALVANDO NOYA / WH

Sumber: Paul Tan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda