Bidik Langsung Avanza dan Xpander, Ini Senjata Andalan Hyundai Stargazer

Hyundai Stargazer

JAKARTA, Carvaganza – Setelah resmi diluncurkan beberapa hari lalu, Hyundai Stargazer langsung mendapatkan respon positif  dari  konsumen  pasar Low MPV. Sekaligus menandakan tanda-tanda awal positif bagi MPV murah pertama yang diproduksi PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) sejak hadir di Indonesia tahun  2020.  

KEY TAKEAWAYS

  • Siapa saja kompetitor Hyundai Stargazer di pasar Low MPV Indonesia?

    Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Mitsubishi Xpander, Suzuki Ertiga dan Nissan Livina.
  • Berapa rentang harga Hyundai Stargazer di Indonesia?

    Mulai dijual dari harga Rp 243,3 juta sampai Rp 307,1 juta.
  • Bahkan pada awal 2022 lalu, mantan Presiden Director PT HMID, SungJong Ha pernah mengungkapkan bahwa akan menghadirkan model terbaru yang mengisi segmen MPV yang dirakit di Indonesia dengan dukungan fitur canggih SmartSense. Hyundai Stargazer akhirnya meluncur dengan menawarkan desain yang modern serta disokong oleh fitur canggih salah satunya ialah SmartSense dan Hyundai Bluelink. Terdapat sejumlah faktor yang melatarbelakangi mengapa HMID menghadirkan Hyundai Stargazer untuk pasar Indonesia.

    1.  Hyundai Stargazer LMPV Pertama Yang Diproduksi Oleh HMID

    Pasar MPV Tanah Air memiliki daya tarik tersendiri berkat kapasitas dan kapabilitas yang ditawarkan oleh tiap-tiap pabrikan. Bahkan menurut catatan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO), pada 2021 MPV masih menjadi model yang paling diminati oleh konsumen dengan pangsa pasar yang mencapai 40 persen.

    Hyundai Stargazer sendiri didesain sebagai MPV yang dirancang khusus untuk konsumen Indonesia. Tampilan eksterior dari mobil tersebut memiliki kesan yang dinamis dan modern berkat sejumlah penyematan lampu utama dengan LED dan lampu siang hari yang membentang dibawah kap mesin. Sementara itu, Hyundai Stargazer juga memiliki konsep tipologi Sleek One Box dengan desain one curve pada interiornya sehingga menghasilkan ruang kabin yang lega.

    Hyundai Stargazer

    Selain itu, Hyundai Stargazer merupakan LMPV pertama yang diproduksi oleh HMID setelah resmi beroperasi pada 2020 lalu. Hingga saat ini HMID memiliki sejumlah model seperti Hyundai Kona Electric, Santa Fe, Ioniq 5 dan Staria yang mengisi segmen MPV premium. Meski demikian, Hyundai Stargazer tetap menawarkan sejumlah fitur-fitur canggih seperti SmartSense dan Bluelink.

    2. Didesain sebagai MPV Canggih

    Hyundai Stargazer menawarkan konsep MPV yang didukung dengan sejumlah peranti canggih seperti Hyundai Smartsense dan Bluelink yang merupakan konsep Connected Car Service. Melalui fitur Smartsense, pengendara akan dimanjakan oleh sejumlah menu keselamatan menarik seperti Forward Collision-avoidance Assist (FCA), Lane Following Assist (LFA), Lane Keeping Assist (LKA), Blind-spot Collision-avoidance Assist (BCA), Rear Cross-traffic Collision-avoidance Assist (RCCA), Rear View Monitor (RVM), Driver Attention Warning (DAW), dan Hill-start Assist Control (HCA).

    Sementara fitur Bluelink yang disematkan pada Hyundai Stargazer terdiri dari sejumlah peranti keamanan dan kenyaman yang dapat diatur melalui smarpthone pengendara. Salah satunya ialah Auto Collision Notification (ACN), berfungsi memberitahu lokasi kendaraan pada Pusat Bantuan Hyundai ketika terjadi kecelakaan. Tersedia pula menu Stolen Vehicle Notification & Stolen Vehicle Tracking yang dapat mendeteksi upaya pencurian pada kendaraan.

    Baca juga: 8 Hal Menarik Hyundai Stargazer Yang Bikin Orang Penasaran

    Konsumen juga akan dimanjakan dengan fitur Manual/Automatic Diagnostic Report yang menampilkan status serta kondisi kendaraan hingga waktu perawatan berkala. Dukungan lainnya tersedia Remote Engine Start/Stop yang berfungsi untuk menyalakan mobil dan AC dari luar kendaraan, Remote Doorlock/Unlock, Remote Horn & Light Control hingga mengetahui lokasi kendaraan saat diparkir melalui fitur Find My Car.

    Interior Hyundai Stargazer

    3. Kompetitor Hyundai Stargazer

    Setelah mengumumkan harga resminya, Hyundai Stargazer langsung beradu gengsi dengan sejumlah LMPV yang telah eksis sebelumnya. Di levelnya Stargazer harus bersaing bersama Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Mitsubishi Xpander, Suzuki Ertiga hingga Nissan Livina yang berada di rentang harga yang mirip-mirip.

    PT HMID secara resmi telah merilis harga resmi Hyundai Stargazer dengan empat pilihan varian yakni mulai dari Rp 243,3 Juta – 307,1 Juta. Bahkan sejumlah dealer telah memulai untuk membuka pemesanan unit Hyundai Stargazer tanpa spesifikasi resmi dari HMID. Namun sejumlah prediksi menyatakan Stargazer akan menggunakan mesin yang sama dengan Creta yakni 4-silinder 1.5-liter yang dikawinkan dengan transmisi otomatis dan manual.

    Kehadiran Hyundai Stargazer ke Indonesia ini juga merupakan respon dari HMID untuk memenuhi kebutuhan dan gaya hidup konsumen di Indonesia. Stargazer menawarkan sebuah konsep kendaraan yang lebih modern dan dibekali oleh fitur canggih serta keamanan tingkat tinggi di dalam sebuah MPV.

    "Produk terbaru yang akan dipasarkan di Tanah Air ini merupakan respon Hyundai dalam memenuhi kebutuhan dan gaya hidup modern konsumen Indonesia. Hadir dengan teknologi yang inovatif serta fitur keamanan terkini, Stargazer dapat menjadi kendaraan pilihan keluarga yang nyaman dan praktis untuk kebutuhan mobilitas sehari-hari hingga perjalanan jauh," kata President Director PT HMID, Woojune Cha. (ALVANDO NOYA/EK)

    Baca juga:  Sudah Resmi Diungkap Penuh, Harga Hyundai Stargazer Mulai Rp 243 jutaan

    Pelajari lebih lanjut tentang Hyundai Stargazer

    • Tampak Depan Bawah Hyundai Stargazer
    • Tampak belakang tengah Stargazer
    • Tampak depan Stargazer, tilted
    Hyundai Stargazer
    Rp 243,3 - 307.1 Juta Cicilan mulai dari : Rp 5,55 Juta

    Mobil Hyundai Lainnya

    • Hyundai Santa Fe
      Hyundai Santa Fe
    • Hyundai Stargazer
      Hyundai Stargazer
    • Hyundai Creta
      Hyundai Creta
    • Hyundai Ioniq 5
      Hyundai Ioniq 5
    • Hyundai Palisade
      Hyundai Palisade
    • Hyundai Ioniq
      Hyundai Ioniq
    • Hyundai Staria
      Hyundai Staria
    • Hyundai i20
      Hyundai i20
    • Hyundai Kona
      Hyundai Kona

    Don't Miss

    Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

    Mobil Hyundai Pilihan

    • Upcoming

    Pilihan mobil untuk Anda

    Updates

    Artikel lainnya

    New cars

    Artikel lainnya

    Drives

    Artikel lainnya

    Review

    Artikel lainnya

    Video

    Artikel lainnya

    Hot Topics

    Artikel lainnya

    Interview

    Artikel lainnya

    Modification

    Artikel lainnya

    Features

    Artikel lainnya

    Community

    Artikel lainnya

    Gear Up

    Artikel lainnya

    Artikel Mobil dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Road Test

    Artikel Mobil dari Zigwheels

    • Motovaganza
    • Review
    • Artikel Feature