Begini Paketan Lengkap Yang Terdapat Di All-New Mazda CX-9 AWD

JAKARTA, Carvaganza – All-New Mazda CX-9 sebenarnya bukan barang baru buat konsumen di Indonesia. Pasalnya SUV dengan konfigurasi 9 penumpang ini telah eksis lebih dari 10 tahun dan saat ini sudah beredar melalui generasi kedua.

PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) selaku agen pemegang merek Mazda di Indonesia sudah memboyong SUV mewah generasi kedua ini ke Indonesia sejak 2018 dan diklaim mendapatkan respons yang positif. Pada 2020 lalu, EMI meluncurkan varian tertingginya yang dilengkapi dengan penggerak all-wheel drive (AWD) dengan berbagai fitur menarik di dalamnya.

Secara urutan segmen, Mazda CX-9 adalah jajaran tertinggi di antara seluruh SUV yang dijual oleh Mazda Indonesia. Di antaranya adalah Mazda CX-3, Mazda CX-5, Mazda CX-30 dan Mazda CX-8 yang merupakan kembaran dari Mazda CX-9.

Mazda CX-9 AWD

Performa

Semua keluarga All-New Mazda CX-9 di Indonesia menggunakan mesin yang sama yakni mesin 4 silinder SKYACTIV-G 2.5-liter TURBO, yang dikawinkan dengan transmisi otomatis 6-percepatan SKYACTIV-DRIVE. Pada model dengan penggerak AWD, pabrikan mengklaim bahwa bekal mesin dan penggeraknya tersebut mampu mengakomodasi All-New Mazda CX-9 ke medan light off-road.

Tenaga yang dihasilkan oleh mesin tersebut mencapai 250 hp dan torsi hingga 420 Nm pada putaran 2.000 rpm. Pada kondisi normal, secara otomatis 100% tenaganya dialirkan ke roda depan melalui transmisi SKYACTIV-D. Namun saat kendaraan kehilangan traksi di di rodanya, sistem akan membagi tenaga pada seluruh roda yang kekurangan traksi atau saat roda belakang membutuhkan tambahan tenaga.

Selain itu, pada kondisi tertentu fitur-fitur dinamis yang tertanam pada Mazda CX-9 juga bekerja secara aktif. Di antaranya adalah Dynamic Stability Control (DSC) dan Traction Control System (TCS) yang menjaga kendaraan tetap stabil di berbagai medan jalan. Selain itu, CX-9 juga dilengkapi dengan fitur Hill Launch Assist yang menjaga kendaraan agar tidak meluncur mundur berhenti sesaat ditanjakan.

All-New Mazda CX-9 adalah SUV tiga baris yang mampu menampung tujuh orang penumpang. Di dalamnya, seluruh joknya dibungkus dengan material kulit Nappa dan aksen kayu pada beberapa sudut di kabinnya. Fitur hiburan dilengkapi dengan MZD Connect System dengan layar berukuran 9-inci di tengah dashboard. Fitur hiburannya juga didukung dengan kooneksi nirkabel (wireless) untuk smartphone dan dilengkapi dengan sistem audio lansiran BOSE. Selain itu Mazda CX-9 juga sudah dilengkapi dengan kamera 360 derajat, yang memungkinkan pengendara untuk memantau kondisi sekeliling kendaraanya.

Selain fitur-fitur hiburan, Mazda CX-9 juga dibekali dengan fitur i-Activesense dengan Smart City Brake Support. Fitur tersebut memungkinkan kendaraan mengerem secara otomatis ketika sistem membaca terdapat obyek di depannya. Fitur-fitur yang terkandung di dalam i-Activesense di antaranya adalah Blind Spot Monitoring (BSM) dan Rear Cross Traffic Alert (RCTA) yang memberi peringatan soal kondisi di sekitar kendaraan.

Terdapat pula Lane Departure Warning System (LDWS) dan Lane Keep Assist System yang menjaga kendaraan pada lajurnya. Seketika sistem membaca mobil keluar lajur, kemudi akan secara otomatis dikoreksi melalui getaran dan sensor pada layar cluster akan menyala.

Mazda CX-9 AWD

Eksterior

Mengusung bahasa desain KODO: Soul of Motion pada desain eksteriornya, membuat model-model kendaraan Mazda terlihat mencolok dan kekar termasuk Mazda CX-9. Berdiri di atas struktur SKYACTIV-CHASIS, bodinya dilabur dengan garis-garis yang mendukung aerodinamika dan didesain agar mampu menahan benturan keras. Sehingga dengan struktur tersebut dapat tetap menjaga keselamatan seluruh penghuni kabin.

All-New Mazda CX-9 memiliki dimensi yang lebih pendek dibandingkan generasi sebelumnya. Namun memiliki wheelbase yang lebih panjang yakni 2.885 mm sehingga menghasilkan volume kabin yang lebih luas.

All-New Mazda CX-9 memiliki dua tipe varian dengan penggerak depan dan penggerak empat roda. Melalui PT Eurokars Motor Indonesia Mazda CX-9 dibanderol dengan kisaran harga Rp 849 – 954 Jutaan. Harga tersebut tergantung dari pilihan varian dan sistem penggeraknya. (ALVANDO NOYA/EZ)

Artikel yang direkomendasikan untuk anda