10 Mobil Maserati Terbaik yang Pernah Ada

JAKARTA, Carvaganza - Maserati adalah brand otomotif ternama dunia yang punya sejarah panjang. Didirikan oleh Maserati bersaudara, brand berlogo trisula ini membangun reputasinya di ajang balap. Maserati ini yang sempat dimiliki oleh Citroen, De Tomaso hingga kini berada di bawah naungan Fiat Group.

Meski melewati beragam transformasi, Maserati selalu saja berhasil menciptakan mobil-mobil terbaik di dunia. Tak terkecuali beberapa supercar super kencang. Berikut ini kami pilihkan 10 mobil terbaik Maserati yang pernah mereka ciptakan.

Maserati MC`12

1. MC12

Maserati MC12 adalah mobil balap yang khusus diciptakan untuk ajang balap. Namun sebagai salah satu syarat ikut berkompetisi di FIA GT Championship, mobil tersebut wajib lulus homologasi untuk pemakaian di jalan umum. Makanya Maserati hanya membuat 50 unit saja versi jalan rayanya. Artinya, mobil ini sangat langka dan saat ini nilainya tak terhingga bagi para kolektor.

Mesin Ferrari V12 6,0 liter yang dipakai MC12 menjanjikan performa yang tak perlu diragukan. Walaupun berbasis mobil balap, MC12 punya interior yang mewah. Kabinnya banyak dilengkapi ornamen dari material serat karbon dan interiornya dibungkus jok kulit mewah berwarna biru yang serasi dengan cat di eksteriornya.

Maserati Tipo 60/61 Birdcage

2. Tipo 60/61 Birdcage

Mungkin inilah mobil balap terbaik Maserati yang pernah dibuat. Tipo 60/61 turun di hampir semua ajang balap bergengsi saat itu, termasuk Le Mans 24-Hours. Performanya waktu itu sangat ditakuti lawan karena mobil ini punya aerodinamika yang sangat baik. Sayangnya popularitas dan kencangnya mobil ini tak berhasil membawa dirinya menjuarai balap ketahanan Le Mans. Bukan karena pelan, tapi masalah ketahanan mobil ini yang kurang baik. Setiap balap mobil ini selalu saja mengalami kerusakan yang membuatnya gagal menyelesaikan lomba. Meski begitu, Maserati Tipo 60/61 hingga kini tetap digemari oleh banyak kolektor dan menjadi salah satu mobil balap tahun 1960-an paling ikonik yang diincar.

Maserati MC20

3. MC20

Inilah supercar terbaru Maserati, MC20. Sebetulnya mobil ini disiapkan agar sudah bisa diantar ke garasi konsumen pada awal 2021. Namun lantaran pandemi coronavirus, produksi terhambat dan distribusi pun tertunda. Mobil bermesin V6 3,0 liter bertenaga 621 hp ini disebut Maserati sebagai mobil super sports car pertama mereka. Meski begitu banyak yang beranggapan kalau mobil ini hanyalah penerus dari supercar terdahulunya, yakni MC12. Menariknya, Maserati berencana memproduksi MC20 bertenaga listrik juga dalam waktu dekat. Spesifikasi detail mengenai versi listrik dari mobil tercantik Maserati ini sayangnya belum dirilis Maserati hingga kini.

Maserati Quattroporte

4. Maserati Quattroporte

Maserati Quattroporte adalah produk tertua yang masih dipasarkan Maserati hingga kini. Nama Quattroporte pertama diperkenalkan pada 1963. Generasi demi generasi berganti, Maserati Quattroporte tetap menjadi saloon empat pintu pilihan kalangan bangsawan sampai sekarang. Versi barunya punya nama Quattroporte Trofeo yang lebih ganteng dan kencang. Mobil yang namanya punya arti empat pintu dalam bahasa Itaia ini sekarang sudah memasuki generasi keenamnya dan telah diproduksi sejak 2012. Mungkin tak lama lagi Quattroporte punya versi terbaru yang lebih canggih dan mewah.

Maserati Tipo 26

5. Tipo 26

Awalnya Maserati membuat mobil balap untuk brand mobil asal Italia, Diatto. Namun karena Diatto menunda produksi kendaraannya, Maserati akhirnya memilih untuk memproduksi sendiri hasil karya mereka. Produk pertama yang mereka hasilkan bernama Tipo 26 dan hanya 11 unit saja yang pernah diproduksi.

Debut perdana mobil ini di ajang balap Targa Florio tahun 1926 yang dikemudikan Maserati bersaudara, Alfieri. Mobil ini sukses dan berhasil menjadi juara di kelas Grand Prix. Tak salah kalau kemudian Maserati bersaudara membawa mobil ini berkompetisi di ajang yang lebih prestisius, Mille Miglia.

Maserati 3500 GT

6. 3500 GT

Dikenal juga dengan sebutan Tipo 101, Maserati 3500 GT adalah produk perdananya masuk ke segmen grand tourer. Inilah mobil yang membesarkan nama Maserati hingga kini dikenal sebagai pembuat saloon mewah yang nyaman. Mobil ini diproduksi mulai tahun 1957 sampai 1964. Mesin yang digunakan mesin 6-silinder segaris.

Mobil ini sangat sukses dan terjual lebih dari 2.000 unit sepanjang usia produksinya. Bagi perusahaan kecil seperti Maserati saat itu, kesuksesan ini sangat penting. Mobil ini menjadi pembuka jalan bagi Maserati untuk kemudian mengembangkan model Grand Tourer lainnya yang menjadi arah perusahaan saat ini.

Maserati Alfieri

7. Alfieri

Satu lagi mobil yang tertunda peluncurannya karena pandemi coronavirus. Maserati menunda peluncuran produk pengganti dari Maserati GranTurismo dan GranCabrio ini. Awalnya ditujukan dirilis pada 2020, Produksi Maserati Alfieri sampai kini masih belum mendapat penjelasan pasti dari produsen mobil yang bermarkas di Modena, Italia itu.

Karena Alfieri bukan produk sembarangan untuk Maserati. Mengemban nama sang pendiri perusahaan, mobil ini akan menjadi mobil listrik produksi masal pertama mereka. Mobil ini diharapkan dapat menjadi monumen kebangkitan yang akan mengembalikan popularitas dan kesuksesan Maserati di masa depan.

Maserati 8CTF

8. 8CTF

Inilah mobil balap yang sukses mempopulerkan Maserati di awal usia berdirinya. Maserati 8CTF membawa brand Maserati ke kancah dunia dengan memenangi balapan Indianapolis 500 di Amerika Serikat tahun 1939 dengan catatan waktu 4 jam 20 menit. Tahun depannya, mobil ini kembali memenangi ajang balap yang sama. Maserati 8CTF yang disopiri Wilbur Shaw berhasil memenangkan Indy 500 tahun 1940. Kesuksesan ini mengantarkan mobil ini menghasilkan banyak kemenangan di ajang balap golbal lainnya. Mobil ini berhenti diproduksi pada 1950.

Maserati Birdcage 75th

9. Birdcage 75th

Maserati menciptakan mobil ini untuk merayakan ulang tahun rumah desain Pininfarina ke-75 tahun yang menjadi rekan mereka selama ini. Pininfarina kebetulan adalah perancang desain dari mobil balap legendari tahun 1960-an, Maserati Birdcage. Mobil ini dibuat juga sebagai bagian kolaborasi Maserati dengan Motorola. Penampilan perdananya terjadi di 2005 Geneva Motor Show.

Meski tidak dijual dan ditampilkan hanya dalam wujud purwarupa, namun mobil ini sepenuhnya berfungsi normal. Ia dibekali mesin Ferrari V12 6,0 liter yang bertenaga 700 hp. Desainnya unik karena ia tak memiliki pintu. Bagian depan mobil ini bisa diangkat terbuka untuk akses keluar-masuk kabin.

Maserati A6 1500

10. A6 1500

Melakukan debut perdananya di 1947, A6 1500 adalah mobil produksi jalan raya pertama Maserati. Di balik moncongnya yang panjang terdapat mesin 1,6 iiter 6-silinder segaris yang menyalurkan tenaga sebesar 65 hp ke roda melalui transmisi manual 4-speed. Kecepatan maksimum mobil ini adalah 155 km/jam saja.

Walaupun bukan mobil yang kencang tetapi A6 1500 punya desain yang sangat indah. Ini karena desain bodinya dirancang oleh rumah desain Pininfarina. Sementara itu versi atap terbukanya juga ada. Malah desainnya lebih keren lagi karena dirancang oleh rumah desain Zagato. Hanya 61 unit Maserati A6 1500 yang diproduksi membuatnya menjadi salah satu mobil langka yang diincar kolektor saat ini. (RIZKI SATRIA)

Sumber: Maserati

Artikel yang direkomendasikan untuk anda