Wuling Almaz RS Diluncurkan Sore Ini, Harga Resmi Diumumkan

JAKARTA, Carvaganza – SUV Wuling Almaz RS bakal diluncurkan pada Senin sore ini (29/3) baik secara offline maupun virtual. Kalangan media mendapat undangan peluncuran offline secara terbatas dengan protokol Kesehatan yang cukup ketat. Event offline tersebut dilaksanakan di Hall 5 International Covention Centre (ICE) BSD dan hadirin yang datang wajib menalani swab Antigen. 

SUV tersebut sebenarnya sudah diperkenalkan kepada media beberapa waktu lalu dan bahkan sudah menjalani test drive. Carvaganza sendiri sudah menurunkan sejumlah artikel tentang SUV Almaz RS ini, termasuk artikel kelebihan dan test drivenya. Nah pada peluncurannya resminya sekarang, pabrikan akan mengumumkan secara resmi harga kendaraan anyar Wuling tersebut
.
Kehadiran Almaz RS sangat menarik perhatian karena dibekali oleh ragam kelebihan fitur canggih yang tak dimiliki oleh kompetitor di kelasnya. Kendaraan ini menyandang teknologi mutakhir yang diberi nama WISE (Wuling Interconnected Smart Ecosystem). Nah payung yang membawahi teknologi WISE ini adalah Advanced Driver Assistance System (ADAS). Kehadiran WISE tersebut melengkapi fitur ikonik yang diadopsi Wuling Almaz sebelumnya yakni fitur voice command WIND (Wuling Indonesian Command).

Wuling Almaz RS

ADAS sendiri terbagi dalam empat kategori yaitu Pertama, Adaptive Cruise dengan isian: Adaptive Cruise Control (ACC), Bend Cruise Assistance (BCA), Traffic Jam Assistance (TJA) dan Intelligent Cruise Assistance (ICA). Lalu kategori selanjutnya berupa Lane Recognition yang didukung Lane Departure Warning (LDW) dan Lane Keeping Assistance (LKA).

Ketiga yaitu Safe Distance & Braking Assistance. Di dalamnya terkandung Safe Distance Warning (SDW), Forward Collision Warning (FCW), Automatic Emergency Braking (AEB). Tak ketinggalan imbuhan Intelligent Hydraulic Braking Assistance (IHBA), Collision Mitigation System (CMS). Sedangkan bagian terakhir yakni Automatic Light, diakomodasi melalui Intelligent Head Beam Assistance (IHMA).

Untuk bagian mesin, Wuling Almaz RS masih tetap mesin lama yakni 4 silinder segaris DOHC turbocharge 1.5 liter. Menghasilkan tenaga 141 PS pada tarikan 3.500 rpm dan torsi puncak 250 Nm di rentang 1600 – 3600 rp. Disalurkan oleh transmisi CVT 8-speed atau manual 6 percepatan ke roda depan.

Wuling Almaz RS

Bagian interior

Bagian interior Almaz RS mirip dengan kabin model sebelumnya. Namun, terdapat penambahan fitur modern berupa wireless charging pad dan built in air ionizer. Kemudian, pabrikan juga melakukan pembaruan di tampilan head unit.

Almaz RS juga dilengkapi oleh panoramic sunroof, start-stop button, 360 Camera, Electric Parking Brake (EPB) dan Auto Vehicle Holding (AVH). Lalu terdapat tambahan berupa Traction Control System (TCS), Hill Hold Control (HHC), Anti-lock Braking System (ABS) dan Electronic Brake force Distribution (EBD). Ada juga Electronic Stability Control (ESC), Tire Pressure Monitoring System (TPMS), Front & Side Airbag hingga Emergency Stop Signal (ESS). Ini mobil sangat lengkap dan mengadopsi fitur-fitur canggih yang biasanya diadopsi oleh mobil yang ada di segmen atasnya.

Soal harga, Carvaganza memang pernah menyematkan harga untuk kendaraan ini, namun itu baru kabar yang beredar di kalangan komunitas. Pabrikan Wuling Indonesia sendiri, belum secara resmi merilis harga, mungkin baru akan diumumkan pada sore ini.  (EKA ZULKARNAIN)

Artikel yang direkomendasikan untuk anda