Begini Ragam Kelebihan Fitur WISE di Wuling Almaz RS

JAKARTA, Carvaganza – Wuling Almaz sekarang punya varian baru, Almaz RS. Sudah dikenalkan beberapa hari yang lalu di Jakarta. Almaz RS ini memiliki ragam kecanggihan teknologi teranyar yang disematkan ke dalamnya. Terangkum dalam fitur bernama Wuling Interconnected Smart Ecosystem (WISE).

Dengan ragam fitur canggih yang disematkan, harga untuk mobil Wuling Almaz RS cukup terjangkau di kelasnya. Ia memiliki ragam kelebihan sebagai mobil SUV di kelasnya.  Di mulai dari harga Rp 369,8 juta untuk varian terendah Wuling Almaz RS 1.5 EX (5 kursi) sampai Wuling Almaz RS 1.5 T Pro Ring 18 Inci dengan harga Rp 399,8 juta.

RS sendiri kepanjangan dari Rising Star dan varian ini merupakan flagship model pabrikan asal Cina tersebut. Seperti diketahui, sebelum mengadopsi WISE, Wuling juga menyematkan fitur canggih Wuling Indonesian Command (WIND), yakni fitur voice command yang dapat diinstruksikan dalam bahasa Indonesia, sehingga konsumen berbahasa ibu Bahasa Indonesia lebih mudah dalam mengoperasikan voice command model ini.

WISE ini adalah sebuah ekosistem yang saling berkaitan untuk meningkatkan keselamatan dan menambah kenyamanan pengemudi maupun penumpang di dalam kendaraan. Menjadi alat bantu mengemudi yang canggih dan kekinian yang dibutuhkan dalam pengendaraan mobil di masa kini.

Wuling Almaz RS

1. Advanced Driving Assistant System (ADAS)

Sistem ini memberikan keseimbangan harmonIs antara keselamatan, kenyamanan dan efisiensi konsumsi bahan bakar. Ketiga hal ini menjadi pilar yang sangat penting dalam pengendaraan mobil. Dalam oerasionalnya, pola pendetakan teknologi ini adalah pada dinamika kendaraan yang didasarkan pada simulasi.

Simulasi yang masuk dalam bahan pertimbangan adalah kondisi traffic, dinamika berkendara, sensor vehicle-to-vehicle (V2V), vehicle-to-everything (V2X), model sensor dan lain-lain. ADAS sendiri merupakan payung bagi WISE yang diadopsi Wuling.

2. Internet of Vehicle

Bagian lain yang menjadi menarik WISE ini adalah Internet of Vehicle system (IoV). Yakni fitur-fitur yang memungkinkan pengendara mengoperasikan kendaraan melalui smartphone. Bagi pemilik Wuling Almaz RS dibekali dengan aplikasi Wuling di smartphone dan harus dikoneksikan dengan layanan IoV di layar sentuh 12,3 inci.

Melalui IoV pengendara secara otomatis dapat mengoperasikan seluruh fitur-fitur di Wuling Almaz RS mulai dari Vehicle Remote Control yang memungkinkan anda menyalakan mesin kendaraan dari smartphone. Kalau Anda sedang diluar negeri, Anda bisa memanaskan mobil Wuling Almaz RS dari luar negeri dan mematikannya.

Anda juga bisa mengatur timing memanaskan mobil dan menyalakan AC mobil ketika akan digunakan. Misal, 10 menit sebelum Anda pergi ke kantor, Anda bisa menyalakan mobil dan mengaktifkan ACnya cukup dari handphone, sehingga pada saat digunakan kabin sudah terasa sejuk.

Wuling Almaz RS

2. Adaptive Cruise Control

Pada mobil-mobil modern kekinian, fitur ini pasti ada. Terutama fitur ini dibutuhkan pada saat mobil sedang melakukan cruising (jelajah) di jalan tol. Dengan bertambahnya konektivitas jalan tol di Indonesia, terutama yang menghubungkan jarak jauh, fitur ini akan cukup dapat membantu pengemudi.

Sistem ini membantu kendaraan menjaga jarak yang aman dengan kendaraan di depannya dan menjaga kecepatan mobil pada batas yang tetap sesuai speed limit. Mobil itu sendirilah yang akan menyesuaikan kecepatan laju secara otomatis, bukan pengemudinya.

3. Bend Cruise Assistance

Ini juga teknologi canggih dan tergolong anyar dalam dunia otomotif. Dengan fitur ini, kendaraan akan secara otomatis mengurangi kecepatan mobil pada saat menikung. Besaran kecepatan itu akan berkurang sesuai dengan radius tikungan dan kecepatan mobil pada saat itu.

Fitur ini cukup menarik dan sangat pintar. Akan sangat membantu pengemudi dalam mengarahkan mobil dalam mengarungi sudut menikung. Juga akan membantu mengurangi konsumsi BBM.

Wuling Almaz RS

4. Lane Keeping Assist & Lane Departure Warning

Fitur Lane Keeping Assist (LKA) ini akan membantu mengoreksi arah kemudi untuk kembali ke lajur yang aman. Fitur ini bekerja pada kecepatan 10 – 180 km/jam. Dipadukan dengan Lane Departure Warning (LDW) yang fungsinya memberikan peringatan kepada ketika mobil keluar lajur tanpa dikehendaki. Fitur ini bekerja pada kecepatan 60 – 180 km/jam.

LDW akan sangat membantu jika mobil tiba-tiba keluar lajur, baik karena mengantuk atau factor penyebab lainnya. Mobil akan memberikan tanda khusus baik berupa getaran pada setir atau bunyi beep yang cukup keras. Sehingga pengemudi tetap waspada.

5. Traffic Jam Assistance

Fitur yang tersemat di Almaz RS ini terdapat juga di BMW X7, VW Tiguan dan sejumlah mobil Eropa kelas atas. Dan yang mengejutkan juga tersemat di Almaz yang harganya di bawah Rp 400 juta.

Diintegrasikan dengan fitur-fitur yang terdapat pada WISE, sehingga pengemudi dengan mudah mengoperasikan kendaraan pada kondisi traffic padat. Pengemudi dapat melepaskan kendali atas mobil, sehingga mobil dapat melaju tanpa arahan dari pengemudi. Atau tangan lepas dari kemudi.

Wuling Almaz RS

6. Harga

Setelah tahu ragam kelebihan tenta Wuling Almaz RS, maka tak salahnya Anda mengetahui berapa sih harga yang disematkan pada varian terbaru ini. 

  • Wuling Almaz RS 1.5 T EX (5 seats): Rp 369,8 juta
  • Wuling Almaz RS 1.5 T EX + (5 seats): Rp 377,8 juta
  • Wuling Almaz RS 1.5 T EX (7 seats): Rp 379,8 juta
  • Wuling Almaz RS 1.5 T EX + (7 seats): Rp 387,8 juta
  • Wuling Almaz RS 1.5 T Pro Ring 17 inci: Rp 397,8 juta
  • Wuling Almaz RS 1.5 T Pro Ring 18 inci: Rp 399,8 juta

EKA ZULKARNAIN

Artikel yang direkomendasikan untuk anda