Porsche Klasik Karya Builder Belgia Diprediksi Tembus 500 Ribu Dollar

ARIZONA, Carvaganza - Porsche 356B Roadster buatan tahun 1962 untuk versi standarnya saja sudah keren. Model ini merupakan kelanjutan dari Porsche 356 sebagai sports car pertama karya Porsche Konstruktionen GesmbH asal Austria. Kemudian dilanjutkan oleh perusahaan Dr. Ing. H.c.f Porsche GmbH. Dan merupakan mobil pertama yang diproduksi oleh Porsche.

Porsche 356 memiliki layout sebagai mobil sport dua pintu dengan varian coupe hard top dan cabriolet bermesin belakang, penggerak roda belakang. Memiliki bobot yang ringan pada jamannya dan pengendaraan yang stabil. Mulai diproduksi tahun 1948 di Gmund, Austria dengan jumlah produksi kisaran 50 unit. Pada tahun 1950, lokasi pabrik di pindah ke Zuffenhausen, Jerman dan produksi 356 dilanjutkan sampai April 1965. Dari 76.000 unit mobil yang diproduksi, sekitar setengahnya masih ada di seluruh dunia.

Dulu pada tahun 1948, versi pertama 356 coupe dijual dengan harga US$ 3.750 sedangkan untuk cabriolet US$ 4.250.

Porsche 356B Roadster

Dari situ lahirlah versi kelanjutannya yakni Porsche 356A dan 356B. Porsche 356B dirilis pada akhir 1956 dengan penyempurnaan tampilan bodywork dan teknologi. Waktu itu masih memakai tipe bodi T5. Pada pertengahan 1962, model 356 B baru memakai tipe bodi T6. Ditandai dengan twin grille di kap mesin, fuell filler di wing/fender depan kanan dan jendela belakang lebih besar pada model coupenya.

Porsche 356B Roadster produksi tahun 1962 inilah yang dibenahi oleh custom builder asal Belgia, D’leteren Freres dan bakal dilelang oleh rumah lelang Barret-Jackson pada akhir Januari nanti. Freres membuatnya menjadi lebih keren. Builder tersebut selama ini telah membangun 473 unit 356 dengan chassis T5 dan 248 unit Porsche 356 dengan basis chassis T6. Nah 356B yang bakal dilelang adalah berbasis body type T6.

Spesifikasi Porsche 356B Roadster

Barret-Jackson sendiri sudah menampilkan Porsche 356B cabriolet yang bakal dilelang itu di situsnya. Lengkap dengan deskripsi mobil dan sebagian kecil data spesifikasi.

Memang listing yang disediakan Barret-Jakcson tidak menjelaskan secara detail tentang histori mobil, termasuk histori pemilik mobil, kebanyakan hanya berupa foto. Mobil berpulas hitam dengan bumper depan dan belakang dipulas dengan warna krom. Senada dengan warna velg krom yang merupakan warna orisinalnya. Aksen krom juga terdapat pada lampu utama depan, lampu belakang, lampu sein dan fog lamp.

Baca juga:  Video: Ini Porsche Type 64, Mobil Klasik Seharga Rp 250 Milyar

Porsche 356B Roadster

Pada bagian interior, jok 356B dibalut oleh kulit berwarna coklat yang dipasang pada pertengahan tahun 2000-an dan masih dalam kondisi bagus. Karpet-karpet berwarna coklat, setirnya palang tiga dengan lingkar kemudi terbuat dari kayu.

Untuk jantung pacu masih mengandalkan mesin flat-four 1.6 liter dengan tenaga yang dihasilkan menjadi 75 hp. Builder memang menambahkan tenaga mobil yang yang dihasilkan karena versi orisinalnya hanya 60 hp.

Meskipun tak dicantumkan histori, mobil tersebut sudah dilengkapi dengan Sertifikat Keaslian (Certificate of Authenticity). Kilometer juga tidak disebutkan, begitu juga harga estimasi sports car klasik itu. Kalangan otomotif memprediksi, kemungkinan harganya bisa tembus US$ 500 ribu karena custom builder D’leteren Freres pada tahun 2019 lalu pernah menjual Porsche 356B tahun 1962 di rumah lelang RM Sotheby dengan harga US$ 467.000. (EKA ZULKARNAIN)

Sumber: carscoop.com & ragam sumber

Baca juga:  Butuh Waktu Lebih 3 Tahun Merestorasi Porsche Targa Klasik Ini

Mobil Porsche Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya