Test Drive Si Mungil Proton Iriz

Test Drive Si Mungil Proton Iriz
SENTUL CITY, 09 Februari 2017 - Tim Carvaganza kembali mendapatkan kesempatan menjajal performa dari Proton Iriz yang akan segera meluncur di Indonesia. Namun bedanya kali ini kami mencobanya dengan jalur yang lebih panjang dan juga lebih berkelok kelok di kawasan Sentul City, Bogor, hari ini, Kamis (10/2).

PT. Proton Edar Indonesia (PEI) selaku Agen Pemegang Merek Proton di Indonesia menawarkan dua pilihan Proton Iriz yaitu 1.3 Standar transmisi Manual dan Proton Iriz 1.3 Standar transmisi CVT.

Pada sesi pertama, saya berkesempatan mencoba Proton Iriz 1.3 liter Standar bertransmisi CVT. Tendangan tenaganya serasa diredam dengan penggunaan transmisi CVT ini. Perpindahan giginya terasa begitu halus. Begitu juga ketika saya melibas jalanan menanjak di kawasan Sentul City. Pijakan gas pun harus lebih dalam agar mobil bisa melaju lebih cepat lagi di tanjakan.

Ketika mencobanya di jalanan lurus, masih sama, perpindahan giginya terasa begitu halus. Hanya saja kini bisa lebih cepat lagi dibandingkan ketika melibas tanjakan. Meski halus, untuk mencapai 80 kilometer perjam pun cukup cepat. Ketika meng-kick down pedal gas pun, tenaganya langsung tersalurkan dengan baik.

Baca juga: First Drive Eksklusif Proton Iriz
Baca juga: First Review Eksklusif Proton Iriz
Baca juga: Foto-Foto Eksklusif Proton Iriz di Indonesia


Namun, bukan berarti mobil bertransmisi CVT ini tak bisa diajak untuk berkendara agresif. Ada sebuah sensor yang bernama Transmission Control Unit (TCU) pada Proton Iriz bertransmisi CVT yang bertugas membaca karakteristik pengemudi.

TCU ini akan membaca seluruh karakteristik si pengemudi. Jika pengemudi tersebut cenderung gaya menyetirnya kalem, maka TCU ini akan meng-set gaya yang kalem juga. Begitupun sebaliknya.

Proton membekali Proton Iriz dengan segudang fitur-fitur unggulan yang bahkan tidak terdapat dikelasnya. Salah satu fitur yang diunggulkan oleh Proton Iriz adalah fitur keamanannya.

Di dalam mobil ini sudah disematkan Electronic Stability Control + Vehicle Stability Control, Traction Control, stuktur rangka HPF, ABS, Electronic Braking Distribution, hingga Hill Hold Assist. Selain itu Proton Iriz juga sudah mengantongi 5 bintang dari Asean NCAP.

TITO LISTYADI

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya