Tanpa Rival Utama, BMW dan MINI Tembus Target di GIIAS 2021

BMW Group Pavilion di GIIAS 2021

JAKARTA, Carvaganza – Selain memamerkan beragam teknologi dan model-model terbarunya sejumlah pabrikan juga turut menghadirkan beragam program penjualan di ajang GIIAS 2021. Salah satunya ialah BMW Group Indonesia yang menampilkan 20 kendaraan terbaru baik dari jajaran BMW maupun MINI. Selama 11 hari digelarnya pameran, BMW Group berhasil membukukan 673 pemesanan unit kendaraan yang terdiri dari 544 unit model BMW dan 129 unit model MINI. 

Penjualan BMW di ajang GIIAS 2021 ini didominasi oleh model 320i Dynamic dan diikuti oleh model BMW X1 yang merupakan salah satu jajaran crossover entry level dan disusul oleh BMW X7 yang mengalami peningkatan sejak diperkenalkan pada 2019 silam. Meski tidak mengumumkan secara rinci namun BMW tetap percaya diri atas pencapaiannya tersebut, bahkan beberapa kendaraan dari keluarga M juga dinyatakan sebagai salah satu model yang paling diminati konsumen di ajang GIIAS 2021. 

Kehadiran BMW Group Indonesia di GIIAS 2021 sendiri cukup terbilang “aman” pasalnya rival sekelasnya, Mercedes-Benz, tidak ikut dalam pameran tersebut. Meski demikian brand premium seperti Audi, Volkswagen dan Lexus tetap hadir dengan meluncurkan model-model terbarunya di ajang GIIAS 2021.

BMW M4 KITH

Selain itu, BMW Group Pavilion yang merupakan tema booth saat gelaran GIIAS 2021 menghadirkan suasana elegan dengan lounge customer serta BMW M Performance Corner dan BMW Lifestyle Collection. Selain menghadirkan kendaraan terbarunya, BMW Group Indonesia juga melakukan debut ASEAN untuk M4 Competition x KITH dan kabarnya sudah ditebus oleh konsumen beruntung yang merupakan warga Indonesia.

Baca Juga: Hyundai Bawa KONA, IONIQ 5 dan E-GMP Ramaikan Pameran Elektrifikasi IEMS 2021

“Setelah menutup tahun 2020 dengan hasil yang luar biasa dan mempertahankan posisi BMW Group sebagai produsen otomotif premium nomor satu di Indonesia, kami kembali melihat hasil yang sangat baik pada Oktober 2021 – melampaui hasil tahun 2020. Kedua brand BMW Group yang beroperasi di Indonesia tunjukkan kinerja yang sangat kuat sepanjang tahun ini, dengan BMW dan MINI bukukan penjualan masing-masing sebesar +16% dan +36% dibandingkan periode yang sama di tahun 2020,” kata Ramesh Divyanathan, Presiden Direktur BMW Group Indonesia.

“Selanjutnya, penjualan M dan M-Performance Automobiles pecahkan rekor penjualan baru sebesar 100 unit setelah 10 bulan sejak awal tahun, melebihi catatan tertinggi sebelumnya 89 unit pada tahun 2015," 

Dari pameran ini, nilai transaksi yang dibukukan oleh BMW mencapai Rp 1 Triliun dengan penjualan model-model terbarunya sepanjang tahun 2021. BMW mengklaim faktor utama di balik hasil yang mengesankan ini tidak lepas dari dukungan jajaran dealer BMW Group Indonesia, Business Consultants BMW dan MINI di GIIAS 2021. Dengan pencapaian tersebut penjualan BMW Group di Indonesia berhasil tumbuh 16 – 36% jika dibandingkan dengan tahun 2020. 

Pada ajang GIIAS 2021 tersebut pula BMW Indonesia menampilkan Asean premiere dari MINI Anniversary Edition yang hadir di hari pembukaan BMW Group Pavilion pada tanggal 11 November 2021. Seluruh kendaraan unit terbatas ini habis terjual hanya beberapa hari setelah GIIAS 2021 dibuka secara resmi.

MINI Anniversary Edition

Kehadiran BMW Group Indonesia di GIIAS 2021 juga diklaim tidak hanya berkaitan dengan penjualan kendaraan tetapi juga sustainability kendaraan di masa depan. Pada kesempatan yang sama BMW Group juga mengumumkan program Hutan Harapan bersama Birdlife International yang merupakan strategi Sustainability telah dijalankan BMW Group di Indonesia, langkah ini tentu sejalan dengan visi BMW Group untuk menjadi the World’s Most Sustainable Automaker. Sebagai pionir digitalisasi di industri otomotif Indonesia, BMW tawarkan pengalaman online yang tidak hanya menjual kendaraan. Ini juga tentang menyediakan layanan dan perawatan premium kepada pelanggan. 

Selain itu, BMW Indonesia juga berkomitmen untuk menghadirkan solusi digital yang siap digunakan pelanggan di bawah payung Contactless Service. Dengan layanan ini konsumen dapat mengakses berbagai fasilitas perbaikan dan perawatan secara online di bengkel resmi BMW yang tersebar di seluruh Indonesia.  Konsumen BMW juga akan menerima update dan informasi rinci tentang kondisi kendaraan mereka melalui video informatif yang dikirim oleh tim servis yang mengerjakan kendaraan BMW mereka.
ALVANDO NOYA / WH

Baca Juga: Siap Comeback, Pabrikan asal Cina Chery Janji Bawa 8 Model ke Indonesia

Mobil BMW Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya