Suzuki Luncurkan 7 SUV Baru di Indonesia Sampai 2025, Grand Vitara Salah Satunya?

Suzuki Grand Vitara

JAKARTA, Carvaganza - Dalam waktu empat tahun ke depan, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengungkap akan meluncurkan sampai 7 model baru untuk pasar Indonesia. Ketujuh model baru tersebut dikatakan akan berjenis SUV (sport utility vehicle). Bahkan rencana ini sudah diawali di GIIAS 2022 lalu, dengan peluncuran Suzuki S-Presso.

Head of 4W Brand Dev. & Marketing Research & IT Network PT SIS, Harold Donnel menjelaskan, Suzuki Indonesia dalam strategi bisnisnya 4 tahun ke depan akan fokus pada segmen SUV. Hal ini berangkat dari permintaan dan tren konsumen yang memang membutuhkan mobil serba bisa.

"Sedikit clue bahwa salah satu strategi Suzuki di pasar Indonesia adalah SUV. Jadi SUV ini hingga 2025 kami akan menelurkan sekitar 7 produk baru dan semuanya bernuansa SUV. Maka dari itu,  S-Presso jadi step awal untuk SUV segmen yang akan kita deploy," kata Harold, beberapa waktu yang lalu. 

Suzuki S-Presso

Mobil SUV, lanjut Harold, menawarkan banyak keunggulan utamanya pada sisi ground clearance yang tinggi. Dengan rancang tersebut membuat mobil SUV bisa digunakan di berbagai medan jalan, baik perkotaan maupun daerah dengan kondisi jalan yang belum seluruh baik.

Baca Juga: 15 Catatan Menarik Sepanjang GIIAS 2022, Tak Ada Lagi El Clasico

"Mudah-mudahan dengan SUV DNA ini bisa masuk ke market Indonesia. Itu (SUV) sangat masuk sekali ke wilayah Jabodetabek ataupun di wilayah Sulawesi, Sumatera yang kita mendapatkan feedback cukup banyak dari konsumen. Mereka membutuhkan kendaraan yang tinggi karena jalannya tidak terlalu baik," pungkasnya.

Belum ada informasi produk SUV apa yang akan dijual nanti. Harold hanya mengungkapkan bahwa hingga saat ini pihaknya masih melakukan riset dan studi terkait model yang sesuai dengan konsumen, khususnya dari segi fitur, mesin, dan posisi harga.

Suzuki S-Cross Suzuki SX4 S-Cross

Di kesempatan berbeda, 4W Marketing Director PT SIS, Donny Saputra juga mengatakan bila saatnya sudah tepat Suzuki Indonesia akan meluncurkan sebuah produk baru lagi yang sesuai dengan permintaan market itu sendiri. 

"Produk yang kami perkenalkan di Indonesia urutannya sesuai dengan strategi yang kami jalankan di Indonesia. Apakah nanti kita akan memperkenalkan medium SUV tentunya kita sudah memiliki rencana besar dan game plan yang sudah ditetapkan, katanya saat disinggung terkait SUV Suzuki.

Momentum Bangkitnya Grand Vitara

Suzuki punya beberapa produk SUV di pasar global, sebagai contoh adalah Brezza yang ditetaskan di India atau all new Grand Vitara yang belum lama ini meluncur. 

Baca Juga: Limbah Baterai Mobil Listrik Bisa Jadi Bahan Bangunan

Nama yang terakhir tentu punya sejarah manis dengan pasar Indonesia, Grand Vitara pernah dijual untuk market domestik dan memiliki respons yang positif. Kini, Vitara menyandang status flagship berbekal teknologi, fitur, dan desain yang menarik. 

Suzuki Grand Vitara

Suzuki Grand Vitara generasi paling baru itu sangat berbeda dengan yang sebelumnya. Sebab model generasi kelima tersebut adalah produk kolaborasi bersama Toyota Hyryder, di mana kedua merek saling berbagi platform dan mesin yang serupa. Lahirnya Grand Vitara terbaru tentu saja dinantikan pelanggan Indonesia. Apalagi mobil tersebut punya sejarah apik yang cukup beken di kalangan loyalis SUV. 

Dia tampil dengan sentuhan yang sangat berbeda, desainnya modern dan kami rasa sesuai dengan selera konsumen Indonesia. Bagian fascia-nya tampil tangguh dengan sentuhan grilel piano black berpadu aksen chrome. 

Kemudian seperti paten SUV lainnya, Grand Vitara menggunakan desain floating roof dengan pilar jendela berkelir hitam. Guratan dan tarikan garis di bodinya juga fleksibel jauh dari kesan memaksa. 

Suzuki Grand Vitara

Suzuki all new Grand Vitara hadir dengan 2 pilihan mesin, pertama berkubikasi 1.500 cc yang punya tenaga maksimal 92 hp dan torsi 122 Nm. Mesin itu kemudian dipadu dengan motor listrik yang memiliki tenaga 79 hp dan torsi 141 mm.

Opsi mesin kedua dibekali dengan kubikasi 1.5L K15C Mild Hybrid yang identik seperti jantung pacu Ertiga di pasar India. Rancang itu mampu memproduksi tenaga maksimal hingga 104 hp  dan torsi puncak menyentuh 117 Nm. Apakah kalian salah satu yang menantikan mobil ini?
(BANGKIT JAYA / WH)

Baca Juga: Modifikasi Ala 7 Wonders Ini Bisa Jadi Inspirasi Modifikasi Daihatsu Terios

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Suzuki Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Review
  • Artikel Feature