Suzuki Carry Pick Up Makin Aman, Kini Dilengkapi Alat Pemadam Api Ringan

JAKATA, Carvaganza – Fitur keamanan kini menjadi perhatian penting bagi konsumen. Mereka mejadikan perangkat keselamatan sebagai salah satu alasan untuk membeli kendaraan. Hal ini disadari betul oleh Suzuki. Mulai Januari 2021 lalu, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) telah melengkapi semua model kendaraan yang dipasarkan ke konsumen dengan Alat Pemadam Api Ringan (APAR). Termasuk Suzuki Carry Pick Up.

Malahan inilah model pertama yang diumumkan Suzuki telah menggunakan APAR secara resmi. Hal ini dilakukan saat perkenalan Suzuki Carry facelift Januari kemarin. Pabrikan berlambang S itu mengatakan pengadaan APAR tersebut merupakan upaya perusahaan mendukung pemerintah, dalam hal ini Dirjen Perhubungan Darat, untuk memastikan faktor keamanan di dalam kendaraan.

"Kami selalu berupaya meningkatkan kualitas setiap kendaraan yang diproduksi. Selain menerapkan peraturan pemerintah, adanya APAR pada setiap unit mobil Suzuki dengan VIN 2021 tentu juga sebagai upaya untuk menekan angka kasus mobil terbakar ketika berkendara yang membahayakan," kata Head of 4W Product Development, Yulius Purwanto.

Sebagai informasi, APAR yang digunakan Suzuki Carry sudah mengantongi sertifikat SNI. Ia ditempatkan di bawah dashboard sebelah kiri atau dekat kaki penumpang depan. APAR ini berisikan dry chemical powder yang berfungsi menutup permukaan kebakaran/api dari kontak dengan oksigen sehingga api bisa dipadamkan dengan cepat.

Suzuki Carry APAR

Penggunaan Dry chemical powder juga tidak menimbulkan dampak terhadap sistem kelistrikan di sekitarnya. Model APAR yang digunakan ini dapat mengatasi tiga tipe kebakaran pada kendaraan, yaitu kebakaran pada benda padat non logam seperti kertas, kain, plastik, dan kayu; kebakaran pada benda gas/uap/cairan seperti metana, amoniak, dan solar; serta kebakaran listrik yang mungkin terjadi pada mobil. Selain itu, APAR yang digunakan dalam produk Suzuki juga memiliki masa berlaku atau jangka waktu pakai sampai dengan 8 tahun sebelum dibuka.

"Keselamatan dan keamanan konsumen adalah prioritas Suzuki. Kami harap dengan memfasilitasi APAR pada setiap unit mobil Suzuki dapat menambah rasa aman dan nyaman ketika konsumen berkendara. Dengan adanya tambahan fitur keamanan ini konsumen sudah tidak perlu lagi membayar biaya APAR karena sudah termasuk di dalam harga kendaraan," kata Yulius.

Ia mengatakan selain Suzuki Carry Pick Up, APAR juga akan ditermukan di semua model mobil Suzuki dengan VIN 2021 sudah dilengkapi APAR, seperti S-Cross, Jimny, Karimun Wagon R, New Baleno, New Ignis, APV, All New Ertiga dan XL7.

Suzuki Carry Flat Deck

Kontribusi Suzuki Carry

Pengumuman penggunaan APAR di Suzuki Carry ini menunjukkan jika pick up tersebut punya arti penting bagi Suzuki. Maklum, ia menjadi kontributor penjualan utama sang pabrikan sepanjang tahun lalu ketika otomotif Tanah Air terdampak pandemi Covid-19.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia atau Gaikindo, kendaraan produksi lokal yang berkontribusi paling tinggi pada penjualan tahun lalu adalah New Carry Pick Up dan XL7. Sepanjang 2020, wholesales New Carry Pick Up berkontribusi sebesar 57,6 persen sementara retail sales-nya berkontribusi 57,9 persen terhadap penjualan nasional Suzuki.

Untuk kendaraan penumpang, Extraordinary SUV Suzuki, yaitu XL7, menjadi kontributor terbesar dengan raihan 14,9 persen untuk wholesales dan 11,8 perse untuk retail sales. XL7 menjadi salah satu backbone penjualan Suzuki beriringan dengan All New Ertiga yang berkontribusi 11,4 persen pada wholesales dan 13,3 persen pada retail sales.

Tak hanya konsumen dalam negeri, produk Indonesia ini juga dikirim dalam kondisi utuh atau completely built up (CBU) ke puluhan negara dengan jumlah ribuan unit per tahun. Wilayah yang menjadi negara tujuan tersebar di berbagai benua, misalnya di Asia ada Brunei, Kamboja, Myanmar, Filipina, Taiwan, Thailand, dan Vietnam. Unit juga dikapalkan ke negara Bahrain, Qatar, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Oman, serta beberapa wilayah di Amerika Selatan, seperti Bolivia, Curacao, dan El Savador.

All New Carry buatan Indonesia juga ada di beberapa negara di Amerika Tengah, yakni Guatemala dan Honduras. Sedangkan untuk wilayah Kepulauan Karibia, Suzuki Indonesia mengirim unit ke Jamaika, St Kitts dan Tortola.

“Suzuki tengah memfokuskan diri pada produk-produk lokal, baik untuk pasar domestik maupun pasar mancanegara, seperti di kawasan Asia Tenggara, Amerika Latin, hingga Oseania. Upaya ini diharapkan mampu mendorong pemulihan berbagai industri pendukung, sehingga dapat membantu pemerintah dalam memulihkan perekonomian saat ini," kata Assistant Department Head Production Planning Control PT Suzuki Indomobil Motor, Aris Yuliantoro. (RAJU FEBRIAN)

Artikel yang direkomendasikan untuk anda