Sudah Mulai Produksi, Aston Martin Valkyrie Segera Tiba di Garasi Konsumen

Valkyrie

GAYDON, Carvaganza – Akhirnya setelah menunggu kurang lebih lima tahun, Aston Martin Valkyrie telah mulai diproduksi. Artinya, para konsumen yang telah memesan hypercar bermesin V12 ini tidak harus menunggu lebih lama lagi. Unit pertama Valkyrie untuk konsumen sudah selesai diproduksi, dan ratusan unit sisanya tinggal menunggu giliran setelahnya.

Telah dilangsungkannya rangkaian produksi untuk Valkyrie menjawab pernyataan dari CEO Aston Martin yaitu Tobias Moers yang tegaskan produksi akan dimulai pada semester kedua tahun ini. Setelah diproduksi, beberapa unit pertama dari total produksi 150 unit Valkyrie akan kemudian dikirim dalam hitungan pekan ke depan.

“Ini adalah momen yang sangat membanggakan bagi kami untuk menyelesaikan hypercar pertama kami. Program Aston Martin Valkyrie telah menguji semua orang yang telah mengerjakannya hingga batas maksimal, tetapi komitmen terhadap mimpi tersebut telah menghasilkan mobil yang benar-benar luar biasa, mobil F1 untuk jalan raya,” kata Moers dilansir Autocar.

Valkyrie

“Valkyrie lahir dari dedikasi yang teguh dari sekelompok besar insinyur dan teknisi yang sangat terampil yang telah bekerja tanpa lelah untuk membawa Valkyrie ke tahap produksi. Saya yakin pelanggan kami akan senang dengan apa yang telah mereka capai.”

Baca Juga: Toyota “Tacozilla”, Inspirasi Modifikasi Double Cabin untuk Camping Asik

Asal-usul Valkyrie yang Aston Martin ciptakan bersama dengan desainer mobil F1 legendaris Adrian Newey, diawali oleh model konsep yang bernama AMRB-001 pada 2016. Nama kode AMRB dipakai karena saat itu Aston Martin sedang menjadi partner dari tim Red Bull Racing di F1. Karena memang dari awal Valkyrie dikembangkan sebagai hypercar yang kecepatannya diklaim akan bisa menyamai performa mobil F1.

Versi prototipe Valkyrie kemudian untuk pertama kalinya dipamerkan saat Grand Prix Inggris 2019, di Silverstone. Itu adalah penampilan perdana Valkyrie di hadapan publik bukan hanya sebagai mobil display. Bentuk desain Valkyrie bahkan mendekati mobil balap prototipe LMP1 atau Le Mans Hypercar saking agresif dan dibuat sedekat mungkin dengan filosofi mobil F1.

Meski ingin menyamai performa F1, Aston Martin justru mempercayakan mesin V12 6.5 liter naturally aspirated buatan Cosworth untuk Valkyrie. Mesin besar ini diklaim bisa berteriak hingga 11.100 rpm, didukung dengan sistem hybrid. Bentuk eksteriornya yang didesain seaerodinamis mungkin ini konon bisa menghasilkan downforce sampai 1.816 kg saat menyentuh kecepatan tinggi.

Valkyrie

Jelang tahun 2020, Aston Martin sempat wacanakan Valkyrie untuk menjadi basis mobil balap LM Hypercar di WEC. Namun seiring terjadinya pergantian kepemilikan dan struktur manajemen, rencana itu batal karena Aston Martin fokuskan sumber daya untuk menjadi tim F1 sendiri.

Namun rencana membuat Valkyrie menjadi mobil balap tidak sepenuhnya dihapus, karena Aston Martin menawarkan Valkyrie AMR Pro dengan unit terbatas ke 40 konsumen terpilih. Di varian ini Valkyrie dibuat dengan spesifikasi track-only, yang semakin cocok digeber di sirkuit. Valkyrie AMR Pro baru akan dikirim mulai akhir tahun ini, sementara Valkyrie Roadster yang bisa dibuka atapnya akan meluncur tahun depan.
WAHYU HARIANTONO

Baca Juga: Mobil Hybrid BMW Jadi Kendaraan Resmi Sirkuit Mandalika

Sumber: Autocar

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Aston Martin Pilihan

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya