Sudah Dirilis, Begini Kelebihan Teknologi Yang Diadopsi Mazda CX-5 GT 2021

JAKARTA, Carvaganza – Mazda Indonesia hari ini Selasa (9/3) meluncurkan CX-5 GT 2021 dengan segala sejumlah penyempurnaan yang signifikan. Penyempurnaan itu meliputi sentuhan ubahan di bagian bodi dan penambahan teknologi pada mesin agar tak kalah bersaing dengan rivalnya sesama pabrikan Jepang.

Dengan adanya penyempurnaan di beberapa sektor itu, kendaraan mengalami kenaikan sekitar Rp 6 juta menjadi Rp 555,8 juta. Dari sebelumnya Rp 549,8 juta. Tapi memang kalau dilihat sekilas dari sisi fisik, masih sama denan model lama.

Untuk mengingatkan kembali, Mazda CX-5 model sebelumnya mengadopsi mesin bensin berkonfigurasi 4-silinder 2.488 cc Skyactiv-G. Ukuran bore 89 mm dan stroke 100 mm dengan rasio kompresi 13:1. Olah pembakaran memberi daya maksimal 190 PS di 6.000 rpm dan torsi puncak 251 Nm pada 3.250 rpm. Kemudian disalurkan melalui transmisi otomatis 6-speed ke roda depan (FWD).

Namun unit sekarang pakai kubikasi sama, 2.488 cc in-line four cylinder DOHC 16 valve. Tapi mesin mendapatkan teknologi cylinder deactivation. Ini yang memungkinkan enjin tetap bekerja dengan hanya mengaktifkan dua silinder dari mesin empat piston tersedia. Mode itu bekerja secara otomatis melalui sensor sesuai beban kerja mesin. Sehingga diklaim mampu menyuguhkan efisiensi bahan bakar lebih baik. Hasil racikan anyar itu, bikin tenaga naik 4 PS menjadi 194 PS. Kemudian torsi puncak terkerek 6 Nm menjadi 257 Nm. Tidak ketinggalan peranti i-Stop, fitur canggih untuk menghentikan fungsi kerja mesin pada saat kendaraan berhenti. Pastinya sesuai beban kerja mesin agar kian irit bensin.

Mazda CX-5 GT 2021

SUV terlaris Mazda di Indonesia ini tersedia dengan tiga pilihan varian yaitu: Touring, GT dan ELITE. “Penyegaran pada SUV terlaris kami ini sanggup menyuguhkan keunggulan efisiensi yang menguntungkan bagi konsumen. Selain itu, khusus varian GT, kami juga memberikan fitur baru yang bisa memberi kesenangan berkendara lebih sporty,” ujar Ricky Thio, Managing Director PT Eurokars Motor Indonesia (9/3).

Tak hanya mesin saja yang diubah. Khusus New Mazda CX-5 varian GT juga mendapatkan beberapa penyegaran. Antara lain penggunaan paddle shift di balik lingkar kemudi guna meningkatkan kesenangan berkendara. Selain itu, masih ada penggunaan smartphone integration. Seperti Wireless Apple Carplay dan Andoid Auto. Kemudian Active Driving Display (head-up display) guna menyampaikan informasi kecepatan dan lainnya. Lalu Blind Spot Monitoring (BSM), Rear Cross Traffic Alert (RCTA), serta layar information meter cluster (speedometer) lebih besar dari sebelumnya. Kini menjadi tujuh inci.

Sistem infotainment

CX-5 juga mendapatkan layar sistem infotainment lebih besar. Dari sebelumnya tujuh inci menjadi delapan inci. Layar infotainment ini menjadi pusat pengaturan MZD Connect termasuk sistem audio premium BOSE 10 buah speaker. Lengkap dengan surround sound system Centerpoint dan ambient noise compensation AudioPilot. Mereka dapat terintegrasi dengan smartphone. Agar menunjang kenyamanan konsumen. Ia menggunakan material baru pada bagian plafon. Kesenyapan di kabin, menurut Mazda tambah senyap. Lalu tampilan lebih segar di kabin berkat penggunaan aksen metal woods di beberapa panel.

Di bagian luar, ubahan paling jelas terlihat tampil dari penggunaan warna pelek silver mengkilat 19 inci. Terakhir, jika Anda membeli unit ini. Maka mendapat remote terbaru dari Mazda yang disebut sebagai 7-G Models Key-fob. Model anak kunci terbaru ini lebih kompak dan nyaman digenggam, sekaligus tampil lebih premium. Mazda CX-5 – GT juga tersedia dengan warna baru nan elegan yaitu Titanium Flash.

Bila dipandang secara umum. Hingga sekarang tubuhnya elok. Tak hanya desain runcing semata, fitur keselamatannya pun tergolong lengkap. Tersedia beberapa airbags (front, side & curtain), rem ABS, EBD dan BA, dynamic stability control plus traction control dan hill start assist. Diimbuhi pula dengan emergency stop signal, kursi ISOFIX juga sensor dan kamera parkir. Keamanan kendaraan dijamin oleh kunci pintar yang didukung immobilizer dan alarm.

Mazda CX-5 GT 2021

Lalu di kasta tertinggi, diberi suguhan i-Activsense. Konsumen bakal mendapat manfaat dari Blind Spot Monitoring (BSM) and Rear Cross Traffic Alert (RCTA). Fungsinya mendeteksi keberadaan kendaraan lain saat berpindah jalur atau keluar dari parkir. Driver Attention Alert (DAA) berguna memantau kondisi pengemudi. Lantas Smart City Brake Support (SCBS) Forward & Reverse, mencegah risiko tabrakan dengan mengaplikasikan rem otomatis.

Rasa berkendara premium juga diberikan dari sektor pengendaraan dan pengendalian. Mazda CX-5 punya fitur andalan, G-Vectoring Control. Sistem sigap bekerja, saat mobil masuk dan keluar belokan. Ia mendistribusikan torsi untuk menyeimbangkan bobot melawan gaya gravitasi. Sehingga menghasilkan performa belok dan kedinamisan yang lebih responsif dan stabil bak mobil sport. (ANJAR LEKSANA/EZ)

Artikel yang direkomendasikan untuk anda