Mazda CX-5 GT dan CX-9 Edisi 2021 Meluncur, Semakin Kaya Fitur dan Premium

JAKARTA, Carvaganza – Line up produk Mazda di Indonesia semakin diperkuat di kuartal pertama tahun 2021 ini. Setelah melakukan penyegaran untuk Mazda6 Elite yang semakin kaya fitur, ini PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) merilis langsung dua produk SUV. Oleh EMI, Mazda CX-5 dan CX-9 diberikan upgrade lagi untuk memperkuat posisinya di kelas SUV.

Masing-masing produk yang diluncurkan adalah New Mazda CX-5 GT dan New Mazda CX-9 AWD. Penguatan spesifikasi dihadirkan untuk masing-masing model tersebut, demi mempertahankan ekssitensinya di pasar yang semakin banyak kedatangan rival baru. Kini biak CX-5 maupun CX-9 semakin kaya akan fitur kekinian dan teknologi canggih yang akan memanjakan para konsumen.

“Meski pandemi COVID-19 belum usai, kami tetap berkomitmen untuk terus memberikan produk terbaik bagi konsumen Mazda di Indonesia. Setelah diluncurkan di tahun 2018 dan mendapatkan tambahan varian pada tahun 2020 lalu, New Mazda CX-9 terus mendapatkan sambutan luar biasa dari konsumen otomotif Indonesia. Untuk itu kami kembali melakukan penyegaran dan menambahkan fitur terkini pada New Mazda CX-9 AWD sebagai SUV termewah Mazda di Indonesia,” ujar  Ricky Thio, Managing Director PT EMI.

Mazda CX-5 GT

New Mazda CX-5 GT

Sebagai backbone alias model dengan penjualan terlaris dari seluruh line up Mazda, CX-5 merespons pergerakan pasar dengan mengadopsi tampilan baru dan fitur baru juga. Mazda melakukan refreshment pada tampilan luar SUV bergaya premium ini. CX-5 GT hadir sebagai opsi varian tengah dari keluarga CX-5, selain Touring dan Elite sebagai yang tertinggi.

Seluruh varian CX-5 kini mengandalkan mesin 4 silinder SkyActiv-G 2,5 liter dengan tenaga 190 ps (187 hp) dan torsi 251 Nm. Mesin ini sekarang sudah dilengkapi mode Cylinder Deactivation, yang diadopsi dari Mazda6 sebelumnya. Fitur yang pertama ada di CX-5 ini akan secara otomatis mematikan dua silinder pada mesin saat mobil melaju konstan, agar konsumsi bahan bakar bisa lebih ekonomis. Selain bisa lebih irit, mesin juga mendapatkan ekstra tenaga 3,9 hp dan torsi 6 Nm dari versi sebelumnya.

Transmisi otomatis SkyActiv-Drive 6-percepatan masih dipercaya, yang kini bisa dioperasikan perpindahan manualnya oleh pengemudi dengan paddle-shifter di setir. Akses informasi untuk pengemudi semakin lenglap dengan hadirnya meter cluster (speedometer) lebih besar dari sebelumnya yang kini menjadi 7 inci. Begitu pun dengan Active Driving Display yang menajdi standar.

Dan untuk semakin membuat perjalanan semakin enjoyable, sistem inftainment MZD Connect kini sudah dilengkapi Apple CarPlay dan Android Auto bahkan tanpa perlu kabel alias wireless. Sistem infotainment semakin jelas bisa diakses karena kini punya layar yang lebih besar, dari 7-inci menjadi 8-inci. Bahkan kualitas hiburan semakin premium dengan terhubung ke 10 buah speaker dari Bose.

Soal tampilan, kesan premium eksterior diwakili oleh desain baru velg dengan warna silver yang semakin menyolok dari luar. Eksterior ikut tersedia dalam opsi warna baru, yaitu Titanium Flash. Remote keyless entry ikut berubah, dengan bentuk menyesuaikan desain 7-G Models layaknya Mazda3, CX-30, dan Mazda6 facelift. Sementara interior, selain kekedapannya ditingkatkan, kini hadir aksen metal woods sebagai penegas kesan premium.

Seluruh pembaruan pada mesin, fitur dan kemewahan pada CX-5 GT edisi 2021 ini ditawarkan dengan harga on the road untuk wilayah Jakarta yaitu Rp 555,8 juta.

Mazda CX-9 2021

New Mazda CX-9 2021

Pada model SUV termahal dari Mazda ini, peneygaran yang terjadi kurang lebih sama seperti diterapkan untuk CX-5 GT. Sejak tahun 2020 lalu, CX-9 di Indonesia tersedia dalam dua opsi varian, yaitu 2-wheel drive dan (2WD) all-wheel drive (AWD). Pembaruan yang diterapkan pun berbeda untuk setiap varian ini.

Yang seragam, ubahan eksterior yang minimalis dihadirkan lewat velg dengan desain dan warna baru menjadi lebih cerah. Di fascia depan, grille sedikit berubah untuk menampilkan kesan lebih besar dan mewah. Dan saat menilik fascia belakang, karakter sedikit lebih sporty berkat tailpipe yang diameternya semakin besar.

Bagian interior mendapat pembaruan berupa lapisan Nappa Leather berwarna coklat untuk seluruh joknya. Lalu pada beberapa bagian kabin, kini diberikan aksen Real Wood Panel yang meningkatkan kesan mewah CX-9.

Mazda CX-9 2021

Kenikmatan berkendara untuk pengemudi kini sudah dilengkapi juga oleh paddle-shifter di setir, untuk memainkan perpindahan transmisi SkyActiv-Drive 6-percepatan secara manual. Sistem infotainment juga sudah mendukung wireless untuk Apple CarPlay dan Android Auto. Selain itu, fasiltias wireless juga tersedia untuk charging smartphone Anda di bagian konsol tengah.

Mesin tetap mengandalkan SkyActiv-G 2,5 liter 4 silinder, yang kini pada drivetrain terintegrasi dengan fitur G-Vectoring Control Plus (GVC+) untuk memberikan pengendalian yang lebih stabil dan nyaman. Rangkaian fitur keselamtan aktif juga hadir lengkap dikemas dalam Mazda Proactive Safety dan i-Activsense. Semuanya pada CX-9 baru ini bisa didapatkan dengan harga (OTR Jakarta) Rp 869,9 juta untuk varian 2WD dan Rp 998,8 juta untuk varian AWD.
WAHYU HARIANTONO

Artikel yang direkomendasikan untuk anda