Subaru Impreza WRC Bekas Petter Solberg Ini Dilelang

SILVERSTONE, Carvaganza – Sebelum World Rally Championsip (WRC) didominasi oleh Sebastien Loeb yang memenangkan gelar juara dunia sembilan kali berturut-turut, nama Petter Solberg pernah bersinar menjadi juara. Kala itu, Solberg menjadi salah satu dari sedikit pereli dunia yang menjadi juara dunia dengan menggeber mobil Subaru. Bahkan Solberg dikenal sebagai pereli dengan karir terpanjang membela Subaru di WRC.

Sejumlah penampilan gemilang ditunjukkan Solberg bersama Subaru Impreza WRC, bahkan setelah dirinya merengkuh gelar juaranya pada tahun 2003. Bahkan Subaru Impreza di periode itu identik dengan Solberg di kalangan penggemar reli, selain generasi pertama yang populer karena juara bersama Colin McRae.

Nah, untuk para penggemar Solberg atau Impreza yang ingin mewujudkan mimpinya memiliki mobil balap impiannya, inilah saatnya. Karena sebuah Impreza WRC yang pernah dipakai Solberg berlaga saat ini tengah ditawarkan untuk dilelang. Unit yang dimaksud adalah Impreza WRC yang pernah dipakai oleh sang juara dunia pada tahun 2004.

Subaru Impreza WRC Solberg

Bukan hanya pernah dipakai oleh Solberg, mobil ini juga adalah unit yang berhasil menjadi pemenang di seri Reli Jepang 2004. Dalam kemenangan itu, Solberg menjadi yang tercepat di 11 stage, dan finish tercepat dengan jarak sampai lebih dari satu menit dari Sebastien Loeb di posisi kedua. Secara spesifik, unit ini memiliki kode PRO-WRC 04008, merupakan unit chassis kedelapan yang dibangun Prodrive untuk WRC 2004.

Chassis ini debut pada 5 September 2004, tepatnya untuk seri Reli Turki. Pada debutnya dengan mobil ini, Solberg langsung berhasil finish di posisi ketiga. Saat ini, mobil ini dilelang dan terdaftar di balai Silverstone Auctions yang berbasis di Inggris.

Bahkan setelah masa pakainya berakhir, mobil ini masih berpindah tangan ke sesame juara WRC lainnya, yaitu Colin McRae. Disebutkan, setelah menangkan reli di Jepang, mobil ini dibawa kembali ke Inggris untuk dibangun ulang jelang seri Australia, yang berakhir gagal finish. Setelahnya, mobil dibawa lagi ke Inggris dan kembali dibangun ulang untuk dipakai McRae megnikuti Bettega Memorial Rally Sprint di Monza.

Subaru Impreza WRC Solberg

Prodrive kemudian menangani mobil ini setelah dipensiunkan dari reli, pasca musim 2004. Setelah dibenahi dan dibangun ulang, mobil ini dijual ke tim reli pribadi, yang dipakai oleh sejumlah pereli dan pemilik sampai dengan 2019. Sejak saat itu, mobil ini ‘dilestarikan’ masuk ke katalog Legends Department oleh Prodrive. Kemudian Impreza WRC 2004 ini direstorasi kembali ke spesifikasi saat memenangkan Reli Jepang.

Secara spesifik, mobil ini menggunakan setelan suspensi yang dipakai Solberg pada reli tersebut, begitu juga dengan posisi jok dan pedal box pilihan sang legenda Norwegia. Tidak hanya itu, penyangga botol minum yang sama juga dipertahankan, yang semua restorasinya tercatat dalam buklet yang termasuk dalam penjualan mobil ini.
WAHYU HARIANTONO

Sumber: Carscoops

Artikel yang direkomendasikan untuk anda