SPYSHOT: Wajah BMW Seri 3 G20 Facelift Mulai Terlihat

MUNICH, Carvaganza – Sebagai salah satu model tulang punggung, BMW Seri 3 dituntut untuk terus memberikan keunggulan yang diinginkan konsumen. Generasi terkini berkode G20 telah beredar sejak akhir 2018. Dan tampaknya tidak lama lagi BMW akan memberikan penyegaran kepada Seri 3 yang segera disusul kehadiran generasi baru Mercedes-Benz C-Class.

Sebuah spyshot yang menunjukkan sebuah Seri 3 sedang dirombak beredar di media sosial. Diyakini bahwa BMW tengah mengembangkan calon desain baru untuk Seri 3 versi facelift. Sejumlah ubahan penampilan bahkan sudah bisa ditemui dari foto yang diunggah oleh akun Instagram @wilcoblok ini. Tapi tenang, sejauh ini sepertinya desain grille raksasa seperti M3 dan M4 tidak akan dibawa ke Seri 3 versi LCI (life cycle impulse).

Foto diunggah oleh @wilcoblok pada tanggal 3 Juli 2021 lalu, yang langsung diketahui oleh laman BMW Blog. Awalnya memang foto tersebut diunggah oleh sebuah tuning house di Vietnam, dengan latar belakang foto di dalam sebuah bengkel. Tapi kemudian diasadari bahwa ada beberapa komponen yang berubah pada Seri 3 tersebut.

Seri 3 G20

Tentunya fascia depan yang paling menarik perhatian. Pada bagian grille tampak tidak terpasang, namun melihat dimensinya yang tidak berubah kemungkinan tidak akan terjadi perubahan desain signifikan juga. Justru dari lampu utama yang mencuri perhatian, karena bentuk DRL yang berbeda dari edisi saat ini. Grafis LED berbentuk L berpindah ke sisi atas lampu proyektor ganda, bak alis mata. Ceruk di tengah sisi bawah lampu utama terlihat menghilang.

Selain grille dan bentuk DRL, tampilan bumper depan juga tampak berbeda. Sepertinya unit pada foto adalah Seri 3 varian M Sport atau sudah dipasang body kit M Performance kit. Intake depan lebih lebar daripada varian M Sport versi sekarang, diikuti dua ventilasi di samping yang lebih sederhana desainnya. Beberapa ornamen M Performance lainnya terlihat pada spion karbon bertanduk, striping di pintu dan ducktail spoiler di bagasi.

Seri 3 G20

Dari sumber lain, perubahan Seri 3 untuk versi facelift diperkirakan akan memiliki layout baru pada dashboard. BMW sepertinya akan menerapkan sistem infotainment dengan layar melengkung, seperti yang telah dipakai oleh i4 dan iX. Layar 12,3 inci untuk panel instrumen, sementara layar 14,9 inci akan berada di tengah untuk infotainment dengan BMW Operating System 8.

Selebihnya, kemungkinan besar BMW akan memberikan ubahan yang sifatnya minimalis pada bagian lain eksterior. Setidaknya itu yang pernah BMW lakukan untuk versi facelift Seri 5 G30, X1, X3 dan X4. Tapi mungkin juga BMW akan berikan kejutan tak terduga untuk sedan terlarisnya ini. Kemungkinan Seri 3 LCI akan meluncur secepatnya pada awal tahun depan.
WAHYU HARIANTONO

Sumber: Carscoops, Wilcoblok

Artikel yang direkomendasikan untuk anda