Rio SB Jadi Juara Musim Perdana Porsche Sprint Challenge Indonesia

Musim perdana Porsche Sprint Challenge Indonesia usai sudah, dengan Rio SB menjadi juara.

Rio SB

LOMBOK, Carvaganza – Porsche Sprint Challenge Indonesia putaran ketiga telah memasuki babak final dan mempertemukan dua juara perdananya, yakni Rio Saputra Budiraharjo dan Achmad Aldio Oekon. Keduanya berhasil memberikan penampilan yang memukau baik pada balapan Sprint maupun Endurance. Rio yang mewakili Rizqy Motorsport meraih gelar juara Sprint dan Aldio Oekon dari Citadel Racing memenangkan kejuaraan Endurance di musim pertama Porsche One-Make Series.

Lewat tunggangan Porsche 911 GT3 Cup, keduanya telah memberikan penampilan yang maksimal sejak sesi latihan pada Jumat 26 Januari 2024. Sementara pada kualifikasi Sprint Race yang menggunakan ban slick Michelin, Rio Saputra berhasil meraih posisi grid pertama dengan catatan waktu 1:34.513. Sedangkan Ahmad Fadillah Alam dari Apriwa Motorsport berada di P2 hanya 0,249 detik di belakang. Aldio Oekon lolos ke posisi ketiga.

Porsche Sprint Challenge Indonesia Seri 3

Pada Endurance Qualifying, Rio SB dan Ahmad Fadil Alam tidak berhasil mencatatkan waktu 3 besar dan masing-masing berada di P6 dan P7. Sementara Aldio Oekon memanfaatkan kesempatannya dan kembali meraih pole position pada balapan akhir pekan, dengan Merah Putih Racing di P2 dan pembalap PRO-AM Luckas Dwinanda (Engine Plus) di posisi ketiga.

Baca Juga: Porsche Macan EV Punya 2 Pilihan Varian, Ini Perbedaannya

Sprint Race yang diadakan selama 25 menit plus 1 lap menjadi momen perebutan yang sengit bagi Rio SB (Rizqy Motorsport) dan Ahmad F. Alam (Apriwa Motorsport). Sementara Aldio Oekon menetap di posisi ketiga, diikuti oleh Luckas Dwinanda (Engine Plus) dan Hendrik Jaya Soewatdy (Merah Putih Racing) yang berebut posisi keempat. Budiyanto S (JVS MS Glow Racing) mendekati pasangan tersebut jelang akhir balapan. Turut pula politikus Ahmad Sahroni dalam balapan ini yang harus puas finish di posisi tujuh di akhir balapan.

Porsche Sprint Challenge Indonesia Seri 3

Kemenangan Rio SB juga disebabkan Ahmad F. Alam yang menghadapi masalah pada tikungan 17 dan membuat dirinya tidak bisa menyelesaikan balap. Rio memanfaatkan momentum itu dengan melintasi garis finish dan menempatkan dirinya sebagai juara Porsche Sprint Challenge Indonesia. Di samping itu, pembalap PRO-AM terbaik diraih Luckas Dwinanda, sedangkan Hendrik Jaya Soewatdy meraih P1 di kelas AM.

“Balapan yang sulit karena saya terus-menerus mendapat tekanan dari Ahmad Fadil Alam. Pada akhirnya, saya bisa mempertahankan posisi terdepan, sementara Fadil sayangnya tidak bisa finis. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada keluarga dan sponsor saya yang telah mewujudkan kejuaraan ini dan saya menantikan balapan musim depan bersama Porsche Sprint Challenge Indonesia lagi,” kata Rio SB, usai memenangkan balap Porsche One Make Series 2024.

Hasil musim perdana, Rio SB menjadi juara umum dengan total 68 poin, unggul 20 poin dari Aldio Oekon. Lalu Achmad Fadil Alam menempati posisi ketiga klasemen, terpaut 25 poin dari Rio.
(ALVANDO NOYA / WH)

Baca Juga: Toyota Terseret Skandal Manipulasi Data Mesin Diesel, Bagaimana Nasib Fortuner?

Featured Articles

Read All

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Porsche Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Artikel Feature