Porsche Macan EV Punya 2 Pilihan Varian, Ini Perbedaannya

Versi awal peluncuran, Porsche Macan EV terbagi menjadi dua varian untuk preferensi konsumen yang berbeda juga.

  • 2024/01/Porsche-Macan-EV-Varian-3.jpg
  • 2024/01/Porsche-Macan-EV-Varian-4.jpg
  • 2024/01/Porsche-Macan-EV-Varian.jpg
  • 2024/01/Porsche-Macan-EV-Varian-5.jpg
  • 2024/01/Porsche-Macan-EV-Varian-1.jpg
  • 2024/01/Porsche-Macan-EV-Varian-2.jpg

JAKARTA, Carvaganza - Era baru untuk model mainstream bagi Porsche telah dimulai dengan lahirnya generasi baru Macan sebagai full EV. Apalagi Macan adalah salah satu model terlaris dari keseluruhan line up pabrikan. Akan menjadi benchmark baru untuk SUV sporty bertenaga listrik, mari berkenalan lebih dalam dengan Porsche Macan EV.

Saat ini, Porsche hanya menawarkan dalam dua varian yakni Macan 4 dan Macan Turbo. Angka empat menunjukkan perubahan keempat pada model ini, sekaligus menandai era kendaraan listrik Porsche setelah memperkenalkan Taycan sebagai model EV pertama mereka.

Lantas apa saja perbedaan kedua varian SUV premium ini? Kita bahas satu per satu lewat impresi lebih dekat di world premiere Porsche Macan lalu.

Porsche Macan EV

Eksterior

Bicara eksterior, tentu bicara perubahan desain. Porsche bersikeras mempertahankan bentuk ikonik mereka pada model futuristis ini yang kini menjadi lebih tajam dan dinamis pada beberapa bagian. Semua orang yang melihat pasti langsung mengetahui bahwa produk baru ini merupakan sebuah Porsche meski tanpa raungan mesin konvensional.

Baca Juga: WORLD PREMIERE: Porche Macan Terbaru Kini Mengaum Pakai Listrik, Debut di Singapura

Di atas kertas, kedua varian menawarkan ukuran dimensi serupa yakni panjang 4.784 mm, lebar 1.938 mm dan tinggi 1.622 mm. Sumbu rodanya lebih panjang 86 mm dari model lawas, kini menjadi 2.893 mm. Ini tentu jadi modal bagus untuk sisi kenyamanan interior.

Porsche menyematkan pencahayaan yang terpisah pada Macan terbaru. Lampu utama kini ada di bumper bagian bawah dengan teknologi matrix LED. Bagian atas, tepatnya di area kap mesin, terdapat DRL yang kini menggunakan empat strip LED. Lampu DRL ini mengingatkan pada bentuk Taycan dan kemungkinan akan digunakan pada model-model Porsche terbaru lainnya.

Beranjak ke belakang, Porsche menyertakan emblem huruf diletakkan di atas LED strip stop lamp tiga dimensi yang memanjang di bagian pintu belakang. Sisi sampingnya terlihat lengkungan desain serupa coupe di mana sepertiga bagian belakang melandai membentuk sisi sporty. Area samping ini juga jadi tempat velg 22 inci digunakan pada kaki-kaki dengan wheel arch dan body cladding menegaskan sisi SUV.

Perbedaan pada kedua varian terdapat pada detail ornamen. Misal Macan Turbo, menyertakan emblem Turbo di bagian belakang, varian standar menggunakan emblem Macan 4. Kemudian jika diperhatikan, model Turbo menggunakan body kit aero yang lebih detail di area depan dan belakang untuk kemampuan aerodinamika yang lebih baik. Ini terlihat pada air splitter di depan dan kehadiran lubang udara di bumper belakang.

Porsche Macan EV

Model velg juga berbeda, Macan standar menggunakan model bilah berukuran lebar, sedangkan Turbo menggunakan model palang two tone yang lebih sporty. Varian Turbo juga menggunakan body cladding berwarna glossy yang di cat sedangkan varian standar menggunakan warna hitam plastik.

Logo kedua varian juga berbeda. Pada Macan standar, logo Porsche menggunakan pewarnaan standar kuning hitam. Varian Turbo, logonya berwarna silver dan ini menjadi ciri khas untuk varian performa Porsche di semua model.

Interior

Masuk ke bagian dalam Macan terbaru, penggemar Porsche masih menemui kesan serupa dari generasi sebelumnya. Namun kini hadir dua layar berukuran masing-masing 10,9 inci sebagai hiburan dan akses untuk penumpang depan. Ini membuat dashboard Macan terbaru penuh layar, belum termasuk meter cluster curve 12,6 inci yang membuatnya terasa futuristis.

Soal layar hiburan ini, Porsche juga menyertakan sistem operasi terbaru lewat Porsche Communication Management (PCM) yang support perangkat Android dan iOS. Termasuk kehadiran perintah suara untuk mencari navigasi dan tempat pengisian daya terdekat. Sisi pengemudi juga menghadirkan head up display yang dilengkapi dengan augmented visual untuk memudahkan selama berkendara.

Baca Juga: Muscle Car “Bekas” Madonna Dilelang, Kenang-Kenangan Spesial di Dalamnya

Duduk di balik kemudi Macan terbaru, sensasi sport sudah terasa meski kendaraan diam. Porsche menyertakan jok semi bucket yang sporty. Bahan kulit yang disertakan terasa nyaman. Perbedaan kedua varian ada pada warna dimana varian standar hadir dengan warna hitam, sedangkan varian turbo menggunakan warna putih premium. Porsche menyediakan pilihan warna tersendiri bagi konsumen yang ingin mendapatkan sentuhan personal pada Macan terbaru. Posisi duduk Macan terbaru juga diklaim lebih rendah hingga 28 mm, membuat kesan sport makin terasa dan meningkatkan ruang kaki bagi pengemudi maupun penumpang.

Porsche Macan EV

Selain itu, tidak ada perbedaan berarti pada kedua varian. Pada versi pre-launch yang ditemui, varian standar tidak menyertakan jam di dashboard tengah sebagai ciri khas Porsche. Macan terbaru masih menyertakan tombol fisik yang memudahkan pengoperasian, berbeda dengan produk elektrifikasi sejenis yang menghadirkan layar utama. Area konsol tengah kini kosong, hanya tombol pengoperasian AC dan volume audio.

Tuas transmisi, atau mode berkendara karena ini mobil listrik, pindah lebih dekat dengan meter cluster. Letaknya bisa terbilang cukup tersembunyi, namun Porsche menyertakan tuas kecil untuk memindahkan ke mode D, R, atau N. Mode P atau parking hadir berupa tombol yang memudahkan perpindahan saat kendaraan berhenti.

Hadir juga LED strip untuk ambient light. Tidak sekedar lampu penghias, LED ini mampu mengkomunikasikan beberapa hal kepada pengemudi seperti greeting, proses pengisian daya atau sistem peringatan yang berfungsi bersama dengan sistem ADAS kendaraan.

Porsche Macan EV

Performa

Bagian ini yang menjadi pembeda antara kedua varian. Di atas kertas, Macan 4 menawarkan tenaga 402 hp dan torsi 650 Nm, sedangkan Turbo menawarkan tenaga 630 hp dan torsi 1.130 Nm. Tenaga ini disalurkan pada dua motor PSM di as roda depan dan belakang, dimana pembagian tenaganya didominasi motor belakang.

Baterainya memiliki kapasitas 100 kWh, atau sekitar 95 kWh perhitungan daya yang digunakan, yang digunakan di kedua varian. Namun karena perbedaan tenaga, jarak yang ditawarkan berbeda. Berdasarkan perhitungan WLTP, varian Macan 4 bisa bepergian dengan jarak tempuh 516 - 613 kilometer rute kombinasi sedangkan dalam kota sekitar 665 sampai 784 kilometer. Varian Turbo, rute kombinasinya menghasilkan jarak 518 - 591 kilometer sedangkan rute dalam kota di angka 670 sampai 765 kilometer.

Soal performa akselerasi, Macan 4 menawarkan waktu 5,2 detik dari diam hingga 100 km/jam dengan kecepatan maksimal 220 km/jam. Varian Turbo membutuhkan waktu 3,3 detik dengan kecepatan maksimal 260 km/jam.

Pengisian daya cepatnya alias DC bisa mencapai 270 kW. Pengisian dari 10 hingga 80 persen hanya membutuhkan waktu 21 menit. Pengisian dengan arus AC lewat listrik rumahan dan wallbox juga bisa dilakukan.
(SETYO ADI / WH)

Baca Juga: MG 4 EV Punya Teknologi Baterai Rubik's Cube, Apa Kelebihannya?

Pelajari lebih lanjut tentang Porsche Macan

  • Tampak Depan Bawah Porsche Macan
  • Tampak samping Macan
  • Tampak Depan Porsche Macan
  • Tampak belakang Macan
  • Tampak atas Macan
  • Tampak Grille Macan
  • Lampu depan Macan
  • lampu belakang Macan
  • Porsche Macan Drivers Side Mirror Front Angle
  • handle pintu Macan
  • Pelek Macan
  • Knalpot Macan
  • Tampak belakang Macan
Porsche Macan
Rp 2,1 - 2,7 Milyar

Mobil Porsche Lainnya

  • Porsche 911
    Porsche 911
  • Porsche Panamera
    Porsche Panamera
  • Porsche 718
    Porsche 718
  • Porsche Taycan
    Porsche Taycan
  • Porsche Macan
    Porsche Macan
  • Porsche Cayenne
    Porsche Cayenne

Featured Articles

Read All

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Porsche Pilihan

  • Upcoming

Pilihan mobil untuk Anda

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Artikel Feature