Renault Juga Ikutan Ganti Logo Baru, Makin Silau!

PARIS, CARVAGANZA - Setelah beberapa pabrikan seperti Nissan, Peugeot, BMW, KIA dan VW mengumumkan logo baru perusahaannya, kini giliran Renault yang secara resmi mengenalkan logo barunya untuk mobil-mobilnya di masa depan. Hal tersebut disampaikan oleh bos desain Renault Gilles Vidal yang sejalan dengan strategi baru pabrikan, yakni Renaulution.

Renault 5 didaulat menjadi mobil pertama yang menggunakan logo baru Renault dan akan mulai digunakan di semua mobil yang diproduksi mulai 2024 mendatang. Logo tersebut memang sudah digunakan oleh Renault 5 versi prototipe dan memiliki feedback yang kuat sehingga mendorong pabrikan untuk menggunakannya sebagai logo baru perusahaan.

Renault

Sedangkan Renault 5 merupakan kendaraan terbaru yang ditenagai oleh motor listrik namun terinspirasi dari guratan desain original Renaul 5 di masa lampau. Renault 5 EV 2023 akan diproduksi pada 2022 mendatang dengan logo baru, kehadirannya sekaligus menggeser eksitensi dari Zoe EV sebagai hatchback listrik. Renault juga merencanakan akan merilis varian lain di keluarga Renault 5 seperti R5 Turbo dalam waktu dekat. R5 Turbo sendiri merupakan hatchback yang didesain dengan akselerasi maksimal.

Sentuhan orisinil dari Bahasa desain Renault 5 lama tetap dipertahankan pada R5 baru salah satunya adalah desain pada fascia depan yang kota dan headlight yang sudah modern dengan LED. Sementara grille nya juga akan tampak seperti model lamanya dengan tampahan charging port untuk pengisian daya baterai. Selain Renault 5, pabrikan juga dikabarkan segera merilis Megane eVision yang merupakan SUV listrik pertama yang menggunakan platform CMF-EV.

“Kami ingin logo baru ini menjadi lebih ikonik, sederhana dan bermakna, lambang abadi yang sejati, tanpa efek atau warna yang berlebihan, dengan pengambilalihan garis kontemporer, bagian penting dari warisan grafis kami,” kata Gilles Vidal, Director Design Renault.

Renault

Vidal juga menyampaikan bahwa tampilan logo Renault yang kini lebih modern tidak hanya akan ditempel pada setiap model Renault. Berkat desainnya yang kekinian, logonya juga terlihat cantik di setiap hal yang berkaitan dengan pabrikan misalnya cluster meter di dashboard, aplikasi smartphone hingga pada obyek marketing yang akan digunakan oleh Renault di masa depan.

Logo Renault dengan bentuk berlian ini sudah mengalami evolusi sejak pertama kali digunakan pada 1952. Hingga akhirnya pada 1992 logo Renault dibuat dengan sentuhan 3D dan digunakan sebagai identitas pabrikan hingga saat ini. Kini logo tersebut tampak lebih berkilau dengan sentuhan lampu di seluruh bagiannya. ALVANDO NOYA / RS

Artikel yang direkomendasikan untuk anda