Rawat Mobil Mewah Selama di Rumah, Ini yang Perlu Diperhatikan

JAKARTA, Carvaganza – PPKM Darurat yang berlangsugn di kawasan Jawa dan Bali seakan mengulangi masa tiga bulan pertama PSBB pada tahun 2020 lalu. Sebagian besar kegiatan masyarakat sangat dibatasi, yang harus dilakukan dari rumah masing-masing. Dengan berkurangnya aktivitas di luar rumah, maka berkurang juga kegiatan berkendara dengan mobil kesayangan.

Tidak berbeda dengan mobil biasa, mobil-mobil mewah atau premium juga patut diperhatikan kondisinya selama beristirahat di garasi. Apalagi dalam kondisi atau kebutuhan tertentu, mobil pribadi lebih menjamin keamanan untuk berkendara keluar rumah. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan kondisi mobil mewah kesayangan, baik dari sisi sanitasi maupun primanya performa.

Mobil mewah seperti keluaran Mercedes-Benz perlu diperhatikan kebersihan dan dijaga performa primanya. Ada sejumlah cara praktis yang bisa dilakukan untuk merawat kendaraan kesayangan di masa pandemi yang menuntut untuk lebih banyak di rumah sekarang ini.

mercedes cls

Yang paling praktis adalah dengan menjaga kebersihan mobil agar tidak menjadi sarang virus berbahaya. Area atau bagian mobil yang paling sering disentuh adalah yang paling perlu diprioitaskan kebersihannya. Kebersihan dan keamanan bis akita pastikan dengan membersihkan konsol tengah dan layar media di dalam kabin, begitu juga semua jok, sabuk pengaman, sandaran kepala (head rest), setir beserta tombol-tombolnya.

Untuk bagian interior, bisa dibersihkan bagian gagan pintu yang menjadi bagian paling sering disentuh oleh pengemudi dan penumpang mobil. Akan lebih baik kalau bisa membersihkan mobil secara rutin, agar kebersihan bisa lebih terjamin.

Selain kebersihan, performa mobil juga patut diperhatikan dengan berkurangnya frekuensi berkendara. Karena banyak ahli mengatakan, dengan membiarkan mobil terlalu lama akan berpotensi menyebabkan masalah perawatan pada kendaraan. Setidaknya ada beberapa langkah mudah dan praktis untuk memastikan mobil tetap prima.

Pertama, nyalakan mesin setidaknya dua kali seminggu selama 10 menit. Cara ini bertujuan untuk mengisi ulang daya baterai.

Kedua, cuci mobil secara teratur untuk menghilangkan debu dan menjaga kebersihan.

Ketiga, pindahkan mobil dari posisi parkir setidaknya seminggu sekali untuk mencegah terjadinya flat spot pada ban mobil.

mercedes s-class

Keempat atau terakhir, buatlah sirkulasi udara dengan membuka kaca jendela serta bersihkan interior mobil dengan menggunakan vacuum cleaner untuk menghilangkan debu atau kotoran yang ebrada di dalam seara berkala.

Untuk mencuci mobil, akan lebih baik dilakukan saat badan mobil sudah sejuk dan berada di tempat teduh. Hindari juga mencuci dengan menggunakan deterjen pencuci piring, yang bisa membuat cat memudar dan teroksidasi.
WAHYU HARIANTONO

Artikel yang direkomendasikan untuk anda