Porsche Indonesia Luncurkan E-Hybrid Untuk Panamera dan Cayenne, Adopsi Teknologi Hypercar 918 Spyder

  • Porsche E-Hybrid
  • Porsche Panamera E-Hybrid
  • Interior Porsche Cayenne E-Hybrid
  • Porsche Cayenne E-Hybrid
  • Tampak belakang Porsche Cayenne E-Hybrid

JAKARTA, Carvaganza – Lini kendaraan elektrifikasi dari Porsche untuk pasar Indonesia kini kembali hadir, dengan meluncurnya dua model sekaligus yaitu Porsche Panamera E-Hybrid dan Cayenne E-Hybrid. Hadirnya dua model ini menyusul kiprah model listrik yang diwakili oleh Taycan sejak tahun 2021. Keduanya meluncur resmi di Jakarta pada hari Kamis (19/5/2022).

Baik Panamera maupun Cayenne varian E-Hybrid ini mengadopsi keunggulan teknologi dua jenis powertrain yang dipelopori Porsche melalui hypercar 918 Spyder. Keunggulan teknologi ini kini tersedia untuk dua segmen yang berbeda, yaitu sport sedan dan SUV. Trim E-Hybrid sudah tersedia untuk semua body styling Panamera dan Cayenne di Indonesia.

“Sejalan dengan inisiatif pemerintah Indonesia baru-baru ini untuk mempromosikan mobilitas yang lebih berkelanjutan, model Cayenne dan Panamera E-Hybrid melengkapi Taycan serba listrik sebagai komponen utama dari strategi E-Performance Porsche Indonesia,” kata Michael Vetter, Managing Director Porsche Indonesia.

Porsche E-Hybrid

“Dengan keseimbangan sempurna antara dinamisme dan efisiensi, kami dengan senang hati menawarkan kepada pelanggan kami pilihan elektromobilitas yang menarik dengan manfaat pajak barang mewah,” lanjutnya.

Baca Juga: Demi Supercar Listrik, Porsche Akuisisi Perusahaan Baterai Amerika

E-Hybrid merupakan label untuk varian Porsche yang diberikan teknologi plug-in hybrid (PHEV), yang diklaim menawarkan solusi terbaik dari dua dunia; bensin dan listrik. Selain keramahan lingkungan, Panamera dan Cayenne E-Hybrid kini juga bisa menawarkan performa yang lebih tinggi bagi para pecinta kecepatan.

Panamera 4 E-Hybrid menjadi varian dasar dari versi hybrid, yang mengusung motor listrik 100 kW dengan dukungan baterai berkapasitas 17,9 kWh ke mesin V6 2.9 liter bi-turbo yang sudah menghasilkan 330 hp. Secara total, Panamera 4 E-Hybrid memiliki tenaga 462 hp dan torsi 700 Nm, untuk berikan akselerasi 0-100 km/jam dalam 4,4 detik. Motor listriknya bisa dipakai untuk berkendara hanya dengan tenaga listrik sampai sejauh 64 km.

Porsche Panamera E-Hybrid

Ingin lebih kencang? Tersedia varian Panamera Turbo S E-Hybrid yang punya total output 700 hp dan 870 Nm dari mesin V8 4.0 liter dan motor listrik, untuk kemampuan akselerasi 0-100 km/jam dalam 3,2 detik. Panamera E-Hybrid ditawarkan untuk ketiga jenis body styling sekaligus, yaitu Panamera Saloon, Panamera Executive, dan Panamera Sport Turismo.

Baca Juga: Jajaran SUV Supermewah Ini Statusnya Lebih Dipandang Daripada Performa

Sementara untuk kemampuan jelajah yang lebih fleksibel, hadir melalui Cayenne E-Hybrid. Sama-sama menggendong baterai 17,9 kWh, Cayenne E-Hybrid varian dasar menggabungkan performa dari mesin V6 3.0 liter turbo untuk menghasilkan total output 462 hp dan 700 Nm. Akselerasi 0-100 km/jam dapat dicapai dalam 5,0 detik. Sedangkan elektrifikasinya bisa dipakai berkendara dengan hanya motor listrik sejauh 48 km, yang sudah 30 persen lebih jauh dari pendahulunya, dengan kecepatan maksimal 135 km/jam.

Sedangkan yang terbuas, Cayenne Turbo S E-Hybrid, mengandalkan mesin V8 4.0 liter twin-turbo. Total output yang dihasilkannya mencapai 680 hp dan 900 Nm, untuk berikan akselerasi 0-100 km/jam dalam 3,8 detik. Untuk Cayenne juga, varian E-Hybrid diluncurkan untuk versi standar dan Cayenne Coupe.

Perbedaan Panamera E-Hybrid dan Cayenne E-Hybrid dari varian model Porsche lainnya bisa ditandai lewat aksen lime green pada emblem E-Hybrid dan kaliper rem. Selain itu, tidak seperti Taycan yang EV murni, kedua E-Hybrid ini tidak bisa diisi ulang daya baterainya dengan metode fast charging. Jadi hanya ada satu saluran charging yang tersedia.

Porsche Cayenne E-Hybrid

“Dengan berbagai pilihan yang tersedia di Porsche Indonesia, baik mobil sport all-electric atau plug-in hybrid, pelanggan kami dapat memiliki keyakinan bahwa ada Porsche yang sesuai dengan gaya hidup mereka,” tambah Vetter.

Porsche Indonesia meluncurkan Panamera E-Hybrid dan Cayenne E-Hybrid dengan harga mulai Rp 3,64 miliar untuk Panamera E-Hybrid dan Rp 3,12 miliar untuk Cayenne E-Hybrid. Untuk tampilan yang lebih eksklusif, Porsche masih menawarkan Platinum Edition yang memberikan sentuhan opsi khusus baik pada eksterior maupun interior.
(WAHYU HARIANTONO)

Baca Juga: Rolls Royce Phantom Luncurkan Model Facelift, Ini Detailnya

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Porsche Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Artikel Feature