Porsche 911 GT3 Touring Tawarkan Opsi Lebih Flamboyan, Tapi Tetap Buas

STUTTGART, Carvaganza – Generasi paling gres Porsche 911 kembali mendapat tambahan varian kencang, yang merupakan derivatif untuk 911 GT3. Varian dengan inspirasi spesifikasi dari mobil balap GT3 itu telah meluncur sejak beberapa waktu lalu. Dan kini, Porsche kembali hadirkan 911 GT3 yang lebih ‘beradab’ di jalan raya, yaitu sebagai 911 GT3 Touring.

Porsche mengulangi caranya menawarkan sportscar berperforma ganas layaknya mobil balap sirkuit, namun dengan tampilan yang lebih tidak menarik perhatian. Dari 911 generasi 991, kini 911 GT3 Touring ditawarkan juga pada generasi 992. Segala keganasan ala GT3 tetap ditawarkan oleh Porsche, kecuali tidak dipasangnya sayap belakang yang besar.

Tidak seperti pabrikan lain yang membuang sayap belakang hanya sebagai opsi personalisasi, Porsche menganggap konfigurasi ini pantas mendapatkan penamaannya sendiri. Maka jadilah 911 GT3 Touring sebagai alternatif dan model terpisah dari 911 GT3. Memang tampangnya cenderung ‘introvert’ untuk mobil dengan spesifikasi mendekati mobil balap GT3, namun performa yang bisa dinikmati diklaim tetap sama.

Porsche 911 GT3 Touring

Secara visual, memang terlihat pabrikan yang bermarkas di Stuttgart ini hanya melepas GT wing alias sayap gawang di bagian buritan. Tapi, downforce yang hilang karena absennya sayap belakang dikompensasi oleh spoiler yang lebih besar, sehingga kerugian downforce tidak terlalu besar. Tidak hanya itu, Porsche juga memberikan sejumlah pembeda pada trim untuk menegaskan perbedaannya dengan GT3 biasa.

Bersifat minor, 911 GT3 Touring mengalami perbedaan trim berupa bingkai aluminium pada kaca samping bagian luar, emblem Touring di sejumlah bagian, dan spoiler depan yang sewarna body. Biasanya bagian ini dibuat hitam oleh Porsche, demi tonjolkan kesan balap.

Sementara untuk interior, trim 911 GT3 Touring mendapat lapisan material kulit lebih ekstensif, demi sesuaikan tema touring. Lalu pada dashboard dan sisi atas trim panel pintu, terdapat embos khusus untuk menandakan varian baru ini. Bisa dibilang, itu saja pembeda antara 911 GT3 reguler dengan versi Touring.

Porsche 911 GT3 Touring

Porsche tidak menyentuh mesin flat-six 4.0 liter naturally aspirated bawaan GT3. Tetap dengan kombinasi output tenaga 503 hp dan torsi 470 Nm. Bahkan Porsche menawarkan opsi transmisi manual 6-percepatan di samping otomatis PDK 7-percepatan sebagai standarnya. Pun soal performanya, akselerasi 0-100 km/jam sama-sama dalam 3,7 detik untuk versi manual dan 3,2 detik dengan PDK, sebelum menyentuh top speed 317 km/jam.

Secara bobot, 911 GT3 Touring versi PDK terhitung 1.418 kg, dan 1.435 kg untuk versi manual. Kabarnya Porsche telah membuka keran pemesanan untuk mobil ini, dengan banderol mulai $161,100 alias setara sekitar Rp 2,295 miliar. Tentunya angka tersebut di luar pajak, opsi personalisasi, dan biaya pengiriman. Beberapa kawasan seperti California, tidak bisa menikmati varian transmisi manual karena adanya aturan terkait suara mesin yang dibatasi.
WAHYU HARIANTONO

Sumber: Carscoops

Artikel yang direkomendasikan untuk anda