Pernah Dipakai Tom Cruise, Porsche 928 Ini Sekarang Dilelang

  • Porsche 928
  • Porsche 928
  • Porsche 928

HOUSTON, Carvaganza – Porsche 928 adalah mobil buatan Porsche yang pernag diremehkan ketika pertama kali diluncurkan, karena dianggap tidak cocok diplot menjadi pengganti 911. Seiring waktu berjalan, kini 928 diburu dan melonjak harganya. Apalagi kalau melihat 928 satu ini, yang sedang dilelang oleh balai lelang Barrett-Jackson.

Balai lelang yang bermarkas di Houston, Amerika Serikat itu sedang mencari pemilik baru untuk sebuah Porsche 928 yang konon pernah dipakai oleh Tom Cruise. Mobil sport lansiran tahun 1979 itu pernah mendampingi Tom Cruise saat membintangi film berjudul Risky Business yang rilis tahun 1983 lalu. Mobil ini dijual dengan sistem lelang, sehingga siapapun yang berani bayar dengan tawaran tertinggi akan membawanya pulang.

Sepanjang hidupnya, 928 berwarna emas metalik ini pernah menghuni sejumlah museum dan tampil di beberapa film documenter karena status spesialnya. Bahkan lebih istimewa lagi, Tom Cruise pertama kali belajar menyetir mobil manual menggunakan Porsche bergaya grand tourer ini. Yang jelas, unit satu ini bukanlah yang diceburkan ke Lake Michigan pada salah satu adegan film bergenre action itu.

Porsche 928

Dengan warna cat eksterior yang sama, 928 satu ini adalah salah satu dari tiga unit yang dipakai pada produksi Risky Business. Dan juga merupakan salah satu dari dua unit yang dipakai untuk mengambil adegan kejar-kejaran dalam film. Mobil ini telah direstorasi, karena pada periode tertentu pernah diubah warna menjadi hijau, putih, sebeum dikembalikan lagi ke warna emas.

Baca Juga: Porsche 924, Bukan Asli Tapi Menentukan Nasib

Interiornya tampil dengan gaya elegan sporty khas masanya, yaitu menonjolkan lapisan kulit berwarna coklat untuk seluruh jok dan trim dashboard. Selain itu, pelapis interior lainnya juga menggunakan warna coklat, namun lebih terang. Dan seperti dikatakan di atas, 928 ini bertransmisi manual. Karena usianya yang sudah 42 tahun, ada beberapa lipatan minor di kulit joknya .

Yang akan membuat 928 ini menarik untuk dimiliki adalah karena ada tanda tangan dari beberapa pemain film, seperti Bronson Pinchot, Joe Pantoliani, Curtis Armstrong dan Francine Locke. Bahkan akan disertai juga foto-foto yang menunjukkan mobil ini saat berada di lokasi syuting.

Porsche 928

Seperti eksterior dan interiornya, 928 ini dipertahankan orisinalitasnya sampai ke bagian mesin. Tidak ada yang diubah dari ruang mesin yang menyimpan unit V8 4.5 liter, dengan output tenaga 219 hp dan torsi 344 Nm. Berpenggerak roda belakang dan transmisi manual 5-percepatan, akselerasi 0-100 km/jam mobil ini diklaim bisa dicapai dalam 6,8 detik.

Porsche 928 ini bukan mobil pertama yang Barrett-Jackson tawarkan untuk dilelang, yang pernah tampil di dalam film Hollywood. Beberapa bulan lalu, Barrett-Jackson pernah menawarkan sebuah Toyota Supra yang ikonik dan pernah tampil di The Fast and The Furuous, lengkap dengan moodifikasi body bawaannya.
WAHYU HARIANTONO

Baca Juga: Porsche Design Chronograph Sediakan Paket Personalisasi

Sumber: Carscoops

Mobil Porsche Pilihan

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya