Para Pembalap Peugeot Jadi yang Pertama Dapat Sedan Sport 508 PSE

PARIS, Carvaganza – Peugeot kini tengah dalam masa persiapan untuk kembali menjadi peserta di ajang World Endurance Championsip (WEC), pada tahun depan. Bahkan susunan pembalap pilihan Peugeot telah diumumkan, yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Agar menjaga kepercayaan diri para pembalapnya, Peugeot memberi perlakuan istimewa.

Para pembalap yang akan membela Peugeot di WEC saat kembali di tahun 2022 adalah Loic Duval, Kevin Magnussen, Paul di Resta, Mikkel Jensen, Gustavo Menezes dan James Rossiter. Komitmen keenam pembalap tersebut diapresiasi oleh Peugeot dengan diberikan masing-masing mobil Peugeot 508 PSE. Hal ini agar para pembalap semakin memiliki keterikatan dengan pabrikan Perancis ini, sebelum menggeber mobil balap Peugeot Hybrid4 500KW.

Peugeot 508 PSE adalah sedan dengan penampilan dan performa sporty, hasil pengembangan divisi tim Peugeot Sport. Ini adalah produk mobil jalan raya dengan performa paling kencang yang pernah dibuat oleh Peugeot. Mobil ini juga sudah mulai didistribusikan kepada para konsumen Peugeot di dunia.

Peugeot 508 PSE

Performa buas 508 PSE diwakili oleh mesin bertenaga 360 hp, dan tersedia dalam dua versi yaitu sedan dan estate alias touring wagon. Selain tenaga 360 hp, mesin 1,6 liter turbocharged yang dimilikinya juga menyimpan torsi 300 Nm. Itu belum dengan dukungan sistem plug-in hybrid (PHEV), yang mendongkrak performanya dengan total torsi sampai 520 Nm, dari motor listrik yang didukung baterai 11,5 kWh.

Kenikmatan berkendara telah menjadi DNA brand Peugeot. Berdasarkan hal tersebut, para mekanik Peugeot Sport telah memodifikasi chassis 508 PSE untuk mencapai tingkat kenyamanan tinggi dan cengkeraman jalan yang baik untuk mengimbangi mesin yang sangat bertenaga.

Klaimnya, 508 PSE dapat melesat dari posisi 0 ke 100 km/jam dalam 5,2 detik. Kecepatan dibatasi secara elektronik di 250 km/jam. Motor listrik saat bekerja sendiri dapat memacu mobil hingga 135 km/jam. Menjadikannya model Peugeot paling bertenaga, mengalahkan RCZ R dan 3008 GT Hybrid4 300.

Peugeot 508 PSE

508 PSE diseting sasisnya oleh tim Peugeot Sport agar dapat melibas jalan dengan mantap. Posisi mengemudi direndahkan dari 508 standar. Tentunya akan mempengaruhi kemampuan manuver. Sektor pengereman mengandalkan cakram depan 380 mm yang dijepit kaliper empat piston tetap. Sejumlah fitur pembantu pengendalian dibenamkan, yaitu Night Vision, Adaptive Cruise Control with Stop & Go function, Lane Departure Warning System dan Automatic Emergency Braking.

“Saya sangat menikmati Peugeot 508 Peugeot Sport Engineered. Mobil yang sangat pas untuk keluarga juga memberi impressi bahwa mobil ini dibuat dengan sangat baik bagi pembalap seperti saya.” ucap Paul Di Resta, Pembalap WEC Tim Peugeot yang pernah rasakan F1 dan menjuarai DTM.

Berdomisili di Perancis, Paul Di Resta, James Rossiter, dan Gustavo Menezes mendapatkan Peugeot 508 PSE lebih dahulu dibandingkan Kevin Magnussen, Loic Duval, dan Mikkel Jeksen yang beradai di Denmark, Swiss, dan Austria. Namun ketiga pembalap tersebut juga akan segera mendapatkan unit 508 PSE mereka baik yang model sedan maupun station wagon.
WAHYU HARIANTONO

Artikel yang direkomendasikan untuk anda